Kreator Stardew Valley Memutuskan Berpisah dari Chucklefish, Akan Distribusi Sendiri Game Keduanya


Follow Us

Stardew Valley merupakan game pertama dari ConcernedApe, studio yang hingga kini hanya berisikan satu orang yaitu Eric Barone. 2 tahun setelah perilisan game tersebut, Barone memutuskan untuk berpisah dengan publisher yang telah membantunya selama 5 tahun terakhir – Chucklefish. Versi Switch dan Mobile masih akan dikerjakan dan diterbitkan oleh publisher tersebut tetapi untuk selanjutnya Barone akan distribusi gamenya seorang diri tanpa bantuan mereka.

Nulis artikel dibayar

Lewat blognya, Barone menuliskan sebagai berikut:

“Ketika saya pertama kali merilis Stardew Valley, saya benar-benar pemula akan industri video game. Chucklefish, sebagai publisher saya, mengatur distribusi, port console, dan translasi game. Mereka juga yang membuka halaman wiki resmi dan desain ulang website tersebut, serta mereka juga yang membuat multiplayer menjadi kenyataan. Tetapi saya kini telah mencapai titik dimana saya siap untuk lanjutkan perjalanan saya seorang diri. Saya rasa¬†self-publishing merupakan titik puncak kebanyakan developer indie saat ini, dan saya bangga telah berada di posisi dimana hal tersebut memungkinkan.”

Setelah pengumuman perpisahan dari Barone, Chucklefish berikan komentar mereka (via Comicbook):

“Kami merasa bangga telah menjadi bagian dari perjalanan Stardew Valley dan berharap ConcernedApe sukses untuk perjuangan self-publishing nanti. Kami akan tetap berkerja bersama dan sangat semangat untuk terus terbitkan versi Nintendo Switch dan mobile dari Stardew Valley, termasuk update multiplayer untuk Switch nanti serta versi Android yang tentunya banyak dari kalian yang telah menunggu.”

Tidak ada drama apapun atas keputusan Eric Barone ini. Dirinya umumkan keputusan ini dengan damai dan hanya atas dasar keinginannya untuk mandiri atas proyek kedepannya. Eric Barone tengah kerjakan game keduannya yang saat ini masih dirahasiakan seperti apa. Melihat dia kerjakan seluruh aspek game seorang diri, maka fans mungkin tidak akan mendengar kabar dari game kedua tersebut dalam waktu dekat.


Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+