Kreator Super Smash Bros Masahiro Sakurai Ungkap Dia Ingin Jadi Direktur Game yang Berkelana

Kreator Super Smash Bros Masahiro Sakurai

Kreator Super Smash Bros Masahiro Sakurai – Setelah menyelesaikan tugasnya dalam memberikan update konten terbaru game Super Smash Bros Ultimate, sang kreator game Masahiro Sakurai ingin berisirahat sejenak dari aktifitas di industri video game. Hal ini dia ungkap sebagai bentuk semi-retired.

Meskipun dia ingin istirahat dulu dalam pengembangan video game setelah menyelesaikan tugasnya dalam game Super Smash Bros, banyak gamer menantikan game terbaru dari Sakurai. Meskipun sedang liburan, Sakurai tetap memberikan kabar terkini dari aktifitas terbarunya melalui channel Youtube bernama Masahiro Sakurai on Creating Games.

Dan pada video terbarunya, Sakurai menjelaskan perusahaan yang telah lama dia bentuk sejak tahun 2005, yaitu Sora Ltd. Seperti apa perusahaan yang telah lama dibentuk Sakurai ini? Yuk, kita cari tahu bersama!

Perkenalkan Perusahaan Sora Ltd, Masahiro Sakurai Ingin Menjadi Direktur Game yang Berkelana

Sakurai ungkap bagaimana dia ingin menjadi Direktur Game yang berkelana

Pada video terbaru di channel Youtube Masahiro Sakurai on Creating Games, Sakurai menjelaskan sedikit mengenai perusahaan yang telah lama dia bentuk bernama Sora Ltd. Perusahaan tersebut dia bentuk bertujuan untuk mempermudah dirinya menjalin kontrak dengan perusahaan lain.

Meskipun perusahaan tersebut sudah lama dibentuk, namun Sakurai menjelaskan saat ini dia hampir tidak memiliki staf produksi game ataupun sedang membuka lowongan kerja bagi yang ingin bergabung. Dia ingin perusahaan tersebut bisa berjalan secara independen.

Pada umumnya kreator game yang bekerja secara independen, mereka akan membentuk perusahaan, merekrut beberapa staf, membentuk tim dan memulai membuat game. Tapi biasanya kreator sering terjebak dalam management agar perusahaannya tetap bekerja dan para staf bisa dibayar membuat mereka kehilangan fokus ketika sedang mengembangkan game.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Masahiro Sakurai membentuk perusahaan tersebut berharap dia bisa menjadi Wandering Director alias Direktur Game yang mengembara.

Ada Resiko yang Besar Juga Bagi Masahiro Sakurai

N I C E

Dengan dibentuknya perusahaan Sora ini, dia dapat bekerja membuat game dengan keterlibatan perusahaan lain. Itu artinya dia bekerja sesuai jadwal dan bekerja di sana seakan-akan dia adalah staf di perusahaan tersebut. Ketika dia bertugas menjadi Direktur, melakukan standar prosedur pekerjaan berfokus pada proyek yang sedang dikerjakan.

Ketika membicarakan mengenai pendapatannya, Sakurai menjelaskan bahwa dia tidak mendapatkan pendapatan ketika sedang mengembangkan game. Hal ini sesuai dengan kontrak yang telah ditetapkan ketika kerja sama dengan perusahaan lain. Bahkan dia juga tidak mendapatkan kompensasi sampai game tersebut selesai lalu diperjualbelikan dan mendapat revenue dari penjualannya. Nah dari situ, dia mendapatkan pendapatan berdasarkan hasil penjualan game.

Jadi jika development gamenya dibatalkan, maka dia tidak akan mendapatkan pendapatan sedikit pun selama dia bekerja. Walaupun hal tersebut bukan salah dia jika gamenya dibatalkan.

“Saya hampir tidak memiliki staf produksi game dan saya pun sedang tidak mencarinya. Pada umumnya, kreator game yang independen akan membentuk perusahaan dan merekrut beberapa staf, kemudian membentuk tim dan mulai mengembangkan game. Tapi kreator sering terjebak dalam management perusahaan yang diperlukan agar karyawannya tetap bisa dibayar, tidak menyisakan waktu agar bisa fokus ke hal lebih penting, yaitu membuat game. Saya pikir akan menyenangkan jika menjadi Direktur Game pengembara, jadi itulah yang saya lakukan.”

Masahiro Sakurai

Itulah informasi mengenai kreator game Super Smash Bros, yaitu Masahiro Sakurai memperkenalkan perusahaan yang telah lama dia bentuk bernama Sora Ltd. Kira-kira game baru seperti apa yang nantinya akan dibuat oleh Sakurai? Mari kita tunggu saja kabar terbarunya!


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Masahiro Sakurai, Super Smash Bros atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version