Kreator The Witcher, Andrzej Sapkowski Awalnya Tidak Menyangka akan Kesuksesan CD Projekt Red

maxresdefault3
Kreator The Witcher menceritakan bagaimana ia dan CD Projekt RED bekerjasama dulu.

Awal dirilis tahun 2007, hingga kesuksesan seri terbarunya The Witcher 3: Wild Hunt menjadi best RPG tahun 2015 lalu sebenarnya bukan hanya kesuksesan CD Projekt RED saja, namun juga kesuksesan dari kreator aslinya Andrzej Sapkowski, penulis novel seri The Witcher yang memiliki hubungan yang cukup rumit dengan video game yang mengadaptasi kisah dari novel buatannya.

Dilansir dari Eurogamer, Sapkowski memberikan gambaran sejarah bagaimana ia membuat novel seri The Witcher dan game populer yang “cukup jauh” mengadaptasi kisahnya. Namun terdapat hal yang sangat menarik dari bagian interviewnya, dimana Sapkowski cukup sakit hati dengan seri gamenya, misalnya dari segi finansial.

Andrzej Sapkowski, kreator The Witcher

Hubungan Sapkowski dengan seri video game The Witcher cukup rumit karena hak cipta bukunya dengan CD Projekt RED yang dibayar dengan sejumlah uang, dibanding harus menunggu royalti dari penjualan gamenya yang tentunya lebih besar dibanding pembayaran hak cipta bukunya. Berikut pernyataan Sapkowski saat diwawancarai:

Saya cukup bodoh menjual hak cipta semua buku saya dengan sejumlah uang. Awalnya mereka menawari saya beberapa persen keuntungan penjualan gamenya, namun saya katakan pada mereka “Tidak, tidak akan ada keuntungan penjualan, berikan uangku sekarang! Semuanya!”. Saya sangat bodoh untuk tidak percaya akan kesuksesan mereka. Tapi, siapa yang bisa memprediksi kesuksesan mereka? Tidak ada.

Meskipun masalah finansial menjadi salah satu hal pahit yang dialami Sapkowski, ia mengakui bahwa game buatan CD Projekt RED dibuat dengan sangat baik dan mereka pantas mendapatkan semua keuntungan darinya. Sapkowski sendiri bukan seorang gamer, namun ia mengatakan bahwa ia tidak memiliki masalah apapun terhadap gamer atau game The Witcher sendiri, dan sepertinya “mungkin” ia sendiri akan terbuka untuk melanjutkan kisah dari novel The Witcher selanjutnya.

Source: Eurogamer

Exit mobile version