Kronologi Lengkap dan 4 Fakta Calon Sarjana Yang Perlu Kamu Ketahui

in

Calon sarjana hingga saat ini masih menjadi salah satu topik yang cukup banyak diperbincangkan oleh Netizen. Mereka memperbincangkan hal tersebut karena salah youtuber yang memiliki subscriber diatas 12 juta tersebut akhirnya dibanned oleh pihak Youtube karena kasus pencurian konten yang mereka lakukan dari chanel youtuber lain.

Tentu saja hal ini menjadi menarik untuk diulik, karena dengan dibannednya akun dari Calon Sarjana ini membuktikan jika Youtube(untungnya)masih tegas terkait peraturan yang mereka buat. Dimana mereka akan menindak tegas kepada para conten creator yang terbukti melakukan pelanggaran terkait paten dari creator lain.

Namun, mungkin ada beberapa diantara kalian yang kurang tahu mengenai kronologi awal bagaimana Channel youtube Calon Sarjana akhirnya dibanned oleh pihak Youtube. Jadi berikut akan kami paparkan kronologinya secara lengkap  mengenai Calon Sarjana.

Kronologi

– 6 November 2019, JT mengunggah sebuah video berjudul “YouTuber with 12 MILLION subs STEALS my video…” dalam video tersebut disebutkan jika dirinya mengaku geram karena konten-konten miliknya secara sengaja diambil tanpa memberikan sedikitpun credit kepada JT.

– 7 November 2019, JT kini melalui akun twitter miliknya, mengunggah sebuah cuitan yang berisi tangkapan layar mengenai calon sarjana yang mengirim private message kepada JT. Dalam postingan tersebut, mereka (calon sarjana) meminta maaf kepada JT.

Calon sarjana meminta maaf atas pencurian konten yang dilakukanya, dan minta untuk menyelesaikan masalah secara damai. Disini JT menolak, bahkan dirinya juga membuat sebuah cuitan yang berkata “Jika mereka akan mengambil langkah hukum kepadaku, aku yakin akan menang, kemenangan mudah“.

– 5 Desember 2019, JT kembali membuat sebuah cuitan mengenai calon sarjana. Kali ini, dirinya membuat sebuah cuitan yang menyebutkan jika channel Calon Sarjana sudah tak pernah mengunggah video apapun lagi pasca diketahui mencuri konten dari JT. Merka tak pernah mengunggah lagi video rutin yang biasanya mereka unggah setiap minggunya sebanyak 3-5 kali.

– 23 Januari 2020, Setelah mereka tak pernah mengunggah lagi video harian. Pada 23 Januari lalu, diketahui jika channel youtube milik calon sarjana ternyata telah terbanned oleh pihak Youtube. Menurut informasi yang kami peroleh, channel youtube mereka diketahui terkena pelanggaran hak paten secara bertubi-tubi hingga akhirnya youtube membanned channel tersebut.

4 Fakta Calon Sarjana Yang Perlu Kamu Ketahui
1. Pencurian konten yang tidak sekali terjadi

Calon sarjana diketahui sangat ramai diperbincangkan oleh banyak warganet karena terbukti telah melakukan pencurian konten oleh salah satu youtuber yang menjadi korban dari kelakuanya. Ternyata, sebelum terkena kasus itu, calon sarjana diketahui pernah mencuri konten lainya dari berbagai channel youtube lain. Bahkan, mereka tak mengganti thumnail yang mereka gunakan.


2. Pernah masuk nominasi PGA 2019

Calon sarjana ternyata pernah masuk dalam salah satu ajang nominasi penghargaan yang sangat bergengsi di Indonesia, yaitu Panasonic Gobel Award 2019. Mereka masuk dalam kategori Kreator konten digital terfavorit 2019 bersama dengan Atta Halilintar, Gen Halilintar, Rans Entertaiment dan Ricis Official.

Tentu saja ini menjadi sebuah fakta yang cukup mengejutkan, bagaimana sebuah channel youtube yang terbukti mencuri konten milik youtuber lain dan menggunakanya tanpa memberikan credit apapun kepada pencipta aslinya.


3. Trending topik Indonesia 2x

Karena kasus pencurian konten tersebut, diketahui jika calon sarjana menjadi salah satu topik yang paling dibicarakan oleh warganet, terutama warganet di Indonesia. Hal ini terbukti setelah mereka masuk dalam trending topik di Twitter, pada 7 November 2019 dan 23 Januari 2020.


4. Youtuber Indonesia pertama dengan 12 juta subscribers  yang terbanned

Calon sarjana adalah channel youtube dengan subscriber diatas 12 juta yang pertama kali dibanned di Indonesia. Channel youtube ini diketahui dibanned setelah terkena kasus pencurian konten dari banyak creator lain di dunia. Walaupun kini telah dibanned, mereka telah membuat sebuah channel calon sarjana baru. Diketahui jika channel baru miliknya tersebut adalah hasil mengubah nama saluran dari channel youtube mereka yang lain, yaitu Calon Ilmuwan. Saat ini channel youtube mereka yang baru telah memiliki 2,5 jt subscribers.


Jadi itulah kronologi bagaimana calon sarjana dari awal hingga akhirnya terbanned oleh pihak Youtube. Dengan adanya kasus ini semoga membuat kita sadar bagaimana buruknya perilaku mencuri dan tidak dibenarkan oleh siapapun.

 

Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

Rizki Arif Priyanto Nugroho

Written by Rizki Arif Priyanto Nugroho

Seseorang yang mencoba untuk mengamati tentang perkembangan teknologi dan pecinta ponsel pintar berbasis Android, for more information contact : [email protected]