Timeline Kejadian Fallout dari Game Pertama Hingga Serial TV-nya

Timeline Cerita Fallout

Penggemar waralaba video game Fallout bisa dibilang sukses dibuat jatuh cinta dengan kehadiran adaptasi serial TV-nya. Walau sudah hampir dua minggu berlalu semenjak penayangannya, tidak sedikit fans yang masih antusias melakukan pembahasan dan berdiskusi kembali akan lore baru maupun dari game-gamenya pendahulunya.

Salah satunya yang terbilang paling menonjol dan sering jadi topik pembahasannya adalah terkait timeline kejadian ceritanya. Bethesda selaku pengembang gamenya sendiri telah mengkonfirmasikan bahwa cerita dalam serial TV-nya ini terjadi setelah game-gamenya dengan alasan agar tetap konsisten.

Namun jika berbicara soal tahun spesifik akan tiap game beserta serial TV-nya, maka timeline-nya adalah sebagai berikut (tahun cerita dimulai):

Great War di tahun 2077 (via Bethesda)

Perlu diingat juga tentunya bahwa Great War atau momen di mana dijatuhkannya bom nuklir di tahun 2077 menjadi salah satu momen penting dalam penceritaan Fallout. Tiap gamenya secara sekilas memperlihatkan dan mendeskripsikan momen-momen di saat bom meledak, bahkan serial TV-nya menyelami sedikit lebih dalam akan hal-hal yang terjadi sebelum Great War, terutama eksistensi Vault-Tec dan keterlibatannya dalam kehancuran dunia.

Terlepas respon terhadap serial TV-nya sendiri secara umum terbilang positif, ada satu hal yang nampaknya membuat para fans tidak menyukai serial TV-nya, yakni timeline kehancuran Shady Sands sebagai ibu kota New California Republic. Hal tersebut dianggap berkontradiski dengan lore yang telah ada sebelumnya, bahkan menuduh Bethesda melakukan retcon (perubahan cerita) terhadap New Vegas.

Secara spesifik, ketika diperlihatkan sebuah adegan dimana Lucy sang sedang berada di Vault 4, kemudian ia memasuki sebuah kelas belajar dan mendapati sebuah papan tulis berisikan timeline sejarah berdirinya Shady Sands dan “kejatuhannya” di tahun 2277, diikuti dengan gambar ledakan besar sebagai penanda kehancuran kotanya.

Namun tidak lama ini Todd Howard selaku sutradara game-game Fallout modern buka suara menjawab tuduhan para fans tersebut. Ia menjelaskan bahwa bom yang menghancurkan Shandy Sands terjadi tidak lama setelah kejadian di New Vegas, yang mana berarti terjadi di tahun 2281 atau 2282.

Hal ini tentunya mengimplikasikan bahwa kata “kejatuhan” bisa saja mengacu awal mula runtuhnya masyarakat Shady Sands. Hal signifkan apa yang terjadi di tahun 2277 mungkin baru akan diungkap pada season kedua serial TV-nya yang nampaknya akan membawa pemain kembali ke New Vegas.

Nah, kira-kira bagaimana tanggapanmu brott mengenai hal ini? Yuk, share aja langsung pendapatmu di kolom komentar ya!


Baca juga informasi menarik atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version