Cara Memperbaiki Error Windows 10 yang Alami Bluescreen, Ternyata Mudah!

Error Windows 10

Error Windows 10 – Windows 10 adalah salah satu dari sekian sistem operasi yang diciptakan oleh raksasa Microsoft untuk meningkatkan produktivitas baik itu individu maupun perusahaan. Masalahnya, tidak seratus persen jaminan sebuah sistem akan terbebas dari masalah, termasuk yang akan kita fokuskan kali ini, yaitu bluescreen.

Julukan kerennya adalah BSOD alias bluescreen of death, di mana sistem operasi berhenti sepenuhnya dikarenakan layar biru, atau error Windows 10 bluescreen. Pertanyaannya, apakah ada cara memperbaiki error Windows 10 yang cukup menyebalkan ini?

Lalui artikel kali ini, kami akan coba beberkan cara memperbaiki permasalahan Windows 10 bluescreen yang tentunya mudah untuk kalian coba.

Kenali Apa Sebab Masalah atau Error Windows 10

Untuk mengetahui kendala yang sampai membuat komputer atau laptop yang kita pakai menjadi bluescreen tentu membutuhkan diagnosa tersendiri. Hal ini amat penting untuk dilakukan, karena dengan mengetahui sebab masalah, kita bisa antisipasi dan memperbaiki hal tersebut supaya tak terjadi di kemudian hari.

Secara umum, masalah yang kerap tejadi adalah bluescreen dikarenakan adanya masalah pada hardware, biasanya pada memori, atau penyimpanan. Namun, dikarenakan sumber masalah tersebut terlalu banyak, kami akan deretkan masalah bluescreen pada Windows 10 yang umum terjadi untuk kalian ketahui guna antisipasi masalah.

Daftar Masalah dan Cara Memperbaiki Error pada Windows 10

Inilah daftar masalah yang umum terjadi sistem operasi Windows, termasuk cara mudah untuk memperbaikinya!

1. Ada Masalah pada Hardware

VGA KW bisa jadi sumber masalah juga loh, brott!

Faktor utama yang mempengaruhi dan membuat kita mumet karena komputer yang kita pakai menampilkan bluescreen salah satunya dikarenakan adanya masalah pada hardware. Contoh mudahnya adalah di saat kita lakukan upgrade VGA, namun kita sama sekali belum melakukan proses instalasi yang tentunya baik dan benar.

Meski hal ini tampak remeh, namun masalah ini benar-benar umum terjadi dan kerap diabaikan karena kita terlalu senang dan tak sabaran untuk menjajal kemampuan VGA baru setelah sebelumnya dipaksa untuk menahan diri karena harga VGA terlalu mahal tahun lalu.

Jadi, solusinya antara lain dengan melakukan uninstall driver, dan kembali install dengan versi yang cocok untuk VGA milikmu. Kalian bisa juga melakukan hal ini dengan dibantu aplikasi semacam Display Driver Uninstaller alias DDU.

2. Masalah Driver

Kendala kedua yang berkontribusi menambah masalah error Windows adalah driver. Di mana sesuai yang kami jelaskan pada poin sebelumnya, terdapat kendala pada driver yang kamu gunakan, atau bahkan kurang kompatibel.

Solusinya adalah dengan mendownload driver yang lebih lama (setidaknya satu atau dua driver) namun lebih stabil, sembari menanti driver baru yang sudah bebas masalah.

3. Page Fault In Nonpaged Area

Ini adalah salah satu ‘penyumbang’ masalah terbesar pada sistem operasi berbasis Windows. Umumnya, penyebabnya lebih luas, mulai dari hardware, masalah kompatibilitas driver, sampai masalah file sistem operasi.

Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membersihkan kepingan memori, memperbaiki driver, sampai seekstrim install ulang Windows, meski kami kurang merekomendasikannya karena biasanya terdapat kode error yang bisa kalian baca terlebih dahulu.

4. Inaccessible Boot Device

Masalah lain yang menyebabkan error Windows 10 bluescreen ialah adanya masalah pada boot device yang kamu gunakan dan menampilkan layar bluescreen of death. Biasanya, ini erat kaitannya dengan hardisk.

Kalian bisa memperbaiki error ini dengan memastikan tombol AHCI Mode Value pada BIOS dalam posisi enabled. Bila aman, kembali pastikan kabel penyimpanan tidak kendur atau bermasalah.

5. Unexpected Kernel Mode Trap

Ini adalah salah satu penyebab bluescreen yang umum terjadi karena pemilik komputer atau laptop telah mengutak-atik BIOS, atau tidak merawat perangkatnya dengan baik. Umumnya, masalah ini dikarenakan overheat, salah konfigurasi saat melakukan overclock, sampai separah BIOS atau prosesor yang kebetulan alami masalah.

Menurut kami, cara efektif yang bisa kalian lakukan adalah dengan mendinginkan perangkat terlebih dahulu sebelum kembali digunakan. Selain itu, ingat-ingat kapan terakhir kalian melakukan maintenance komputer yang kalian gunakan, karena bisa saja thermal paste-nya sudah terlanjur kering.

Untuk masalah overclocking, kami menyarankanmu untuk melakukan factory reset pada BIOS demi memastikan semua perangkat akan berjalan pada pengaturan awal. Bisa saja kecepatan RAM atau voltase yang tidak sesuai adalah akar dari semua masalah.

6. Kernel Mode Exception Not Handled

Masalah berikutnya yang menyebabkan bluescreen adalah adanya permasalahan pada kernel sistem operasi Windows. Umumnya, hal ini disebabkan oleh kompatibilias hardware karena kurang, atau bahkan tidak sesuai dengan standar yang seharusnya dipakai.

Kami contohkan, prosesor AMD Ryzen 5600G memang bisa dipasangkan pada motherboard entry-level A320M. Namun, tidak semua motherboard bakal langsung mendukung prosesor generasi baru secara out of the box. Nah, ketimbang harus alami bluescreen, kami sarankanmu untuk update BIOS supaya prosesor tersebut bisa kamu gunakan tanpa masalah.

7. System Thread Exception Not Handled

Masalah umum penyebab bluescreen di Windows 10 lainnya terletak pada kompleksitas dari perangkat itu sendiri, mulai dari hardware, system service, sampai adanya masalah pada aplikasi yang telah dipasang sebelumnya.

Cara untuk menemukan akar masalahnya adalah dengan memanfaatkan Event Viewer, dan memastikan apa sebab masalah tersebut. Bisa saja hardware yang baru kamu tambahkan adalah sumber masalahnya.

Masih Banyak Faktor Penyebabnya

Selain tujuh masalah di atas termasuk bagaimana cara mengatasinya, masih ada banyak sekali faktor yang menyebabkan bluescreen terjadi pada perangkat yang kita gunakan sehari-hari. Akan lebih baik kalian dapat mengantisipasi masalah tersebut sebelum masalah yang lebih serius mampir dan menghalangi produktivitas kalian.

Jadi, saran lainnya dari kami adalah dengan melakukan scan pada kode QR bila ada masalah yang timbul dan sebabkan bluescreen. Nantinya, kalian bisa mencoba langkah-langkah yang diminta oleh kode error tersebut supaya dapat kalian atasi secara mandiri dengan mengecek laman resminya di bawah.

Ada ratusan kode error bluescreen yang bisa kalian cek selengkapnya di sini

Itulah dia cara memperbaiki error Windows 10 yang alami bluescreen plus cara untuk memperbaikinya. Semoga artikel ini bermanfaaat yah, brott!


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version