7 Cara Memperbaiki PC Tidak Mau Menyala agar Bisa Hidup Kembali

Pc Tidak Mau Menyala

Di antara semua masalah yang ada di dunia komputer, yang paling fatal tentunya ialah PC tidak mau menyala. Tentunya hal ini cukup menyebalkan. Terlebih bila saat itu kita harus gerak cepat mengerjakan sesuatu untuk dikumpulkan keesokan harinya, tentunya masalah ini akan cukup mengusik.

Mungkin di antara kalian ada yang langsung mencari video tutorial yang ada di YouTube. Namun, untuk dapat benar-benar mengatasi masalah yang ada, mau tidak mau kalian harus membongkar komputer kalian untuk mengerucutkan potensi masalah yang ada.

Gak usah pake lama, yuk kita ulik bersama!

Penyebab PC Tidak Mau Menyala, Banyak!

Sebelum kami beberkan cara memperbaiki PC yang tidak mau menyala, tentunya kita harus mengetahui apa-apa saja penyebab atau dalang di balik masalah yang menghampiri komputer kita.

Masalah yang umum menghantui komputer di antaranya adalah salah colok kabel, terlalu kotor, komponen yang bermasalah, dan tidak menutup kemungkinan kabel putus dikarenakan satu dan lain hal, yang akan kami bahas di artikel selanjutnya.

Kumpulan Cara Memperbaiki PC yang Tidak Mau Menyala

Inilah dia kumpulan cara untuk mengatasi masalah PC tidak menyala yang mungkin kalian alami.

1. Pastikan Tombol di PSU Sudah dalam Kondisi On

Kendala utama yang mungkin tidak kalian sadari adalah tombol on dan off di power supply. Hal ini mungkin terdengar remeh, namun bila kalian diburu waktu, bisa saja kalian kebingungan mengapa PC kalian tidak mau menyala walau tombol power di terminal sudah kalian nyalakan.

Jadi, tetap tenang, dan pastikan tombol di PSU sudah dalam kondisi on, karena hampir semua PSU menyertakan fitur ini untuk memudahkan kalian untuk menghemat daya di saat kalian tak memakai komputer.

2. Jangan Salah Mencolokkan Kabel

Kami paham betul ada banyak sekali jenis kabel yang harus kalian ketahui pada komputer. Mulai dari EPS (4+4Pin) untuk mentenagai motherboard, dan kabel power VGA (6+2Pin) yang mana kegunaannya pun sesuai penamaannya. Intinya, jangan salah karena voltasenya akan lain pula.

Hal ini pernah dialami oleh teman penulis yang entah bagaimana salah mencolokkan kabel VGA ke motherboard. Tentu saja hasilnya sudah dapat kalian tebak. Komputer tidak mau menyala sama sekali, dan untungnya hal ini tidak menyebabkan konslet yang tentunya bakalan merembet ke komponen lain.

3. Kabel Harus Terpasang dengan Semestinya

Salah satu faktor kenapa PC tidak mau menyala adalah kabel yang los, atau tidak terpasang baik. Alih-alih dapat memasok daya, kabel tersebut justru tak mampu menyalurkan listrik ke komponen yang ada dikarenakan tak terpasang dengan baik.

Teman penulis mungkin saja ‘hoki’ karena kabel tersebut tak terpasang dengan baik dan tidak sampai konslet atau short. Artinya, kalian harus bisa membedakan mana yang kabel power untuk motherboard, dan mana kabel untuk VGA.

4. Ganti Kabel Power di PSU

Bila PC komputer tidak mau menyala, ada kemungkinan kabel power untuk PSU sudah saatnya untuk kamu ganti. Hal ini sangatlah wajar, mengingat kabel memiliki umur tergantung kualitas kabel yang kalian beli.

Jangan sekali-kali mencoba kabel ‘alternatif’ yang mungkin colokannya cocok dengan PSU yah, brott! Lebih baik kembali pastikan kabel tersebut benar dibuat khusus untuk power supply komputer.

5. Sesuaikan Kabel Front Panel Sesuai Buku Panduan

Di antara penyebab PC tidak mau menyala adalah kesalahan saat proses merakit komputer. Di mana kita terburu-buru saat proses perakitan, yang menyebabkan adanya kesalahan kecil saat memasang kabel front panel yang tidak sesuai buku panduan.

Walau hal ini terdengar remeh karena hanya masalah kecil, namun penulis pernah mendapati seorang kenalan, di mana motherboard yang ia pakai alami masalah pada USB 3.0, menyebabkan ia tak bisa memanfaatkan USB 3.0 khusus di front panel.

6. Hindari Kabel Konverter

Menghindari kabel konverter adalah hal yang wajib untuk kalian lakukan, karena hal ini berarti PSU kalian memang tidak dirancang untuk sesuatu yang tidak mungkin. Salah satu contohnya adalah kabel konverter dari Molex ke SATA, atau bahkan seekstrim Molex ke 8 (6+2) Pin untuk VGA.

Untuk pemakaian standar semacam menambah HDD atau SSD mungkin masih dirasa aman walau tidak direkomendasikan. Apalagi kalau PSU merk random dipaksa untuk mengangkat VGA GTX 1660 Ti saat full-load? Gak kebayang aja sih.

7. Pastikan Kabel Power Motherboard Sudah Terpasang

Langkah terakhir untuk memperbaiki PC tidak mau menyala adalah memastikan kabel power motherboard benar-benar sudah terpasang dengan baik dan benar. Mungkin saja kalian kelupaan untuk memasang kabel ini, karena mungkin kabel motherboard baru dipasang saat kalian telah menyelesaikan proses perakitan.

Hal yang mungkin masuk akal lainnya adalah komputer kalian sempat terjatuh dari ketinggian saat kalian memindahkannya. Imbasnya bisa saja kabel tersebut justru akan sedikit los.

Bonus: Debu Bisa Jadi Sumber Masalah!

Walau ketujuh cara di atas terbukti mampu mengatasi masalah PC yang sama sekali tidak mau menyala, kalian harus memahami bahwa debu pun bisa jadi sumber masalah. Komponen yang kotor bisa menghambat kinerja komponen yang ada di dalam komputer, sampai menimbulkan panas berlebih yang tentunya harus kita hindari.

Bisa diantisipasi dengan membersihkan PC secar berkala

Faktanya, bila debu tidak dibersihkan, akan dapat membuat komponen di dalamnya kepanasan, dan membuat sistem terpaksa mematikan dirinya untuk mendinginkan panas yang dihasilkan.

Kalian bisa mencopot satu per satu komponen di dalamnya, untuk kemudian dapat kalian bersihkan dengan kuas secara perlahan. Kalau dirasa merepotkan dan memakan waktu terlalu lama, kalian bisa banget kok pake blower untuk meniup debu di dalamnya.

Ga ada blower, kompresor pun jadi karena dirasa lebih ‘mudah’

Malahan, kalau warnet malah dibersihkan dengan disemprot kompresor yang ada di bengkel motor supaya dapat digunakan kembali dalam waktu cepat.

Akhir Kata

Nah, itulah dia cara memperbaiki PC yang tidak mau menyala supaya bisa hidup kembali seperti sediakala. Mungkin saja cara di atas akan dapat mengatasi masalah yang kamu alami, karena bisa saja kombinasi dari cara yang kami suguhkan di atas baru akan memberikan hasil karena masalah yang bisa saja sedikit berbeda di lapangan.

Semoga artikel ini dapat membantu atasi masalah komputermu yah!


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version