Kumpulan Easter Eggs dan Rahasia Tersembunyi di Resident Evil 4

in ,
easter eggs

Keunikan suatu game bukan hanya dilihat dari aspek gameplay atau grafisnya saja. Beberapa developer juga menyisipkan beberapa easter eggs dan sejumlah rahasia atau detail kecil untuk menunjukan keunikan dari suatu game. Meskipun memang tidak terlalu berpengaruh besar, namun nyatanya hal tersebut dapat menjadi daya tarik tersendiri terhadap gamenya.

Salah satu contoh game yang banyak menyembunyikan “kejutan” di dalamnya adalah Resident Evil 4. Game karya Capcom tersebut memang seringkali dinobatkan sebagai seri Resident Evil terbaik. Bahkan tak jarang yang menganggapnya salah satu game terbaik yang pernah ada. Hal tersebut karena Resident Evil 4 mampu menyajikan gameplay yang inovatif pada zamannya. Bahkan banyak game-game modern yang masih mengambil insipirasi dari game tersebut, hingga dalam seri terbarunya yaitu Resident Evil: Village masih mengadaptasi beberapa aspek dari game Resident Evil 4.

Selain dari gameplaynya yang inovatif, Resident Evil 4 juga menyimpan banyak easter eggs dan sejumlah rahasia yang sampai saat ini masih menjadi perbincangan hangat dalam komunitasnya. Uniknya lagi, hingga kini para fans pun terus menemukan hal-hal baru yang belum pernah diketahui sebelumnya.

Untuk itu, penulis akan mencoba memaparkan sejumlah easter eggs dan rahasia yang tersembunyi dalam game Resident Evil 4.

Selamatkan Serigala

Easter egg yang satu ini mungkin sudah cukup umum apabila kalian pernah memainkan Resident Evil 4. Dimana pada awal game, pemain akan dipertemukan dengan tangisan serigala yang terjepit terangkap. Nantinya, pemain dapat memilih untuk menyelamatkan serigala tersebut atau tidak. Namun, apabila diselamatkan, maka sang serigala nantinya akan membantu Leon saat melawan boss El Gigante.

 

Referensi Film Dirty Harry

6 Shooter

Broken Butterfly merupakan salah satu senjata yang terbilang cukup kuat di RE4. Pistol jenis revolver tersebut memang memiliki damage yang cukup besar sehingga cocok untuk digunakan saat melawan boss.

Namun, yang unik dari pistol yang satu ini yaitu berupa referensi tersembunyi yang mungkin mudah diketahui bagi para pecinta film. Apabila pemain memilih opsi examine, maka akan muncul deskripsi “A very powerful .45 magnum revolver, this will make anyone’s day“. Deskripsi tersebut merupakan referensi film Sudden Impact yang dibintangi oleh aktor Clint Eastwood. Dimana sang tokoh Dirty Harry memiliki senjata berupa revolver dengan dialognya yang ikonis yaitu “Go ahead, make my day

Referensi Game Killer7

K2

Selain Broken Butterfly, Killer7 Juga termasuk dalam salah satu senjata terkuat dalam RE4. Sama halnya dengan Broken Butterfly, Killer7 menggunakan peluru .45 magnum. Yang membedakan adalah Killer7 memiliki waktu reload yang lebih cepat, kapasitas peluru lebih banyak dan juga lebih akurat.

Senjata Killer7 sendiri merupakan referensi game lainnya dengan nama yang sama. Game tersebut juga dipublish oleh Capcom dan dikembangkan oleh Shinji Mikami yang merupakan otak dibalik kesuksesan Resident Evil 4.

 

Singgasana Saddler

Salah satu easter eggs unik ada pada Chapter 5-3. Setelah mengalahkan Krauser pertama kali, pemain kemudian akan masuk kedalam ruangan Saddler’s Throne Room dimana di tengah ruangan terdapat sebuah singgasana berwarna merah.

Ketika Leon berdiri di dekat singgasana, akan muncul button prompt tanpa penjelasan apapun selain lambang tanda tanya “?”. Apabila menekan tombol “action” maka Leon nantinya akan duduk di singgasana tersebut selama sejenak untuk beristirahat.

 

Bergerak Lebih Cepat (Ditman Glitch)

Easter eggs yang satu ini sebenarnya lebih merujuk ke bug atau glitch yang ada pada game. Dimana nantinya Leon dapat bergerak 1.5 kali lebih cepat. Glitch ini tidak sengaja ditemukan oleh seorang pemain bernama Ditman yang kemudian ia bagikan melalui situs gamefaqs.com.

Untuk mengaktifkan glitch ini, pemain harus memiliki granat dan senjata Striker shotgun yang dapat dibeli melalui merchant seharga 43,000 Pts. Apabila sudah punya, equip senjatanya dan tekan tombol “aim” lalu dengan cepat segera masuk ke menu inventory sebelum laser pada senjata muncul, kemudian langsung equip granat. Apabila berhasil, maka Leon akan bergerak lebih cepat dari normalnya.

Glitch ini sering kali dimanfaatkan oleh para speedrunner agar dapat mempersingkat waktu penyelesaian game. Namun, apabila kalian memang ingin mencobanya perlu diingat bahwa glitch ini dapat menimbulkan beberapa bug pada game sehingga lebih baik untuk save game terlebih dahulu sebelum mencobanya.

 

Cutscene Rahasia Luis

Rahasia yang satu ini mungkin pernah kalian temukan secara tidak sengaja. Easter eggs ini berupa cutscene tersembunyi yang dapat ditemukan dalam Chapter 2-2, tepatnya saat berada di dalam sebuah rumah yang dikelilingi oleh musuh. Pada Chapter tersebut, pemain diharuskan bekerja sama dengan Luis demi menahan serangan para Ganados.

Apabila pemain secara tidak sengaja menembak Luis secara terus-menerus, maka akan muncul cutscene rahasia dimana Luis akan menembak Leon diikuti dengan layar Game Over. Tetapi, kekalahan tersebut dapat dihindari dengan menolong Luis saat dirinya disergap oleh musuh sehingga nantinya pemain akan dimaafkan.

 

Animasi Ashley’s Armored Outfit

Easter eggs ini dapat dilihat apabila pemain memilih kostum Armored pada Ashley. Untuk mendapatkanya, pemain harus menyelesaikan misi tambahan Ada Wong yaitu Seperate Ways. Setelah misi selesai, pemain akan dihadiahi outift “Special 2” yang berisi kostum mafia untuk Leon dan baju zirah untuk Ashley.

Baju zirah pada Ashley mampu membuatnya rentan terhadap segala serangan musuh maupun serangan Leon sendiri. Namun, terdapat sedikit detail kecil berupa animasi tambahan jika Ashley mengenakan baju zirah tersebut. Apabila Leon mengarahkan senjatanya ke Ashley maka dirinya akan menutup faceshield pada helm. Animasi lainnya yaitu ketika Leon menangkap Ashley saat ingin turun dari tempat tinggi, dimana Leon akan terlihat seperti tersentak karena keberatan.

 

Fixed Camera

Salah satu ciri khas dari seri Resident Evil lawas adalah sistem “Fixed Camera”. Dimana nantinya prespektif kamera akan ditempatkan secara tetap dan akan berpindah-pindah sesuai posisi karakter. Sistem Fixed Camera ini digunakan pada 5 seri utamanya yakni Resident Evil 1, Resident Evil 2, Resident Evil 3: Nemesis, Resident Evil – Code: Veronica dan Resident Evil Zero.

Dalam Resdient Evil 4, Capcom sepertinya ingin mencoba inovasi baru dengan mengganti sistem kameranya menjadi Over The Shoulder yang hingga kini masih menjadi inspirasi bagi sejumlah game Third-Person Shooter lainnya. Namun, hal tersebut bukan berarti Capcom melupakan sistem Fixed Camera karena dalam RE4 di region Jepang tepatnya pada level Ashley, kalian akan bermain dengan prespektif Fixed Camera layaknya seri RE terdahulu.

 

Dynamic Difficulty

Ss 254ff088257d644c493be6735bc75caf0f8930c7.1920x1080

Rahasia yang satu ini sebenarnya merupakan suatu sistem gameplay yang cukup inovatif namun sepertinya tidak banyak pemain yang tahu. Resident Evil 4 memanfaatkan fitur Dynamic Difficulty dimana tingkat kesulitan akan disesuaikan dengan kemampuan pemain.

Misalkan, apabila pemain kalah secara terus-menerus, maka game secara otomatis akan menjadi lebih mudah sehingga membuat musuh lebih mudah mati dan juga tingkat damage yang diterima pemain akan berkurang. Begitu pula sebaliknya, apabila pemain bermain secara hebat, maka nantinya musuh akan semakin banyak dan sulit untuk dibunuh. Fitur ini juga sering digunakan oleh para speedrunner dengan secara sengaja menerima serangan musuh agar game dapat diselesaikan lebih mudah dan cepat.

 

Berpose Seperti Gangster

Sama halnya dengan Armored Outfit milik Ashley, Leon juga miliki easter eggs unik pada Alternate Outfit miliknya yang berupa kostum gangster. Easter eggs ini merupakan animasi reload khusus pada senjata Chicago Typewritter yang bisa didapatkan setelah menyelesaikan misi Seperate Ways. Chicago Typewritter adalah senjata unik dengan peluru tak terbatas yang bisa dibeli melalui Merchant seharga 1,000,000 Pts.

Animasi akan muncul ketika pemain mencoba me-reload senjata saat menggunkan kostum gangster. Melainkan animasi reload, Leon nantinya akan terlihat meluruskan topinya sejenak. Dan apabila dilakukan berkali-kali (3-4 kali), maka akan mulai animasi yang lebih unik lagi dimana Leon akan melempar topinya dengan gaya layaknya anggota gang mafia.

 

“Mengintip” Ashley

Para pemain “nakal” mungkin sudah tahu dengan easter eggs yang satu ini. Tetapi, perlu diingat juga bahwa game RE4 merupakan game yang cukup detail sehingga developer pastinya sudah memperkirakan akan ada pemain yang mencoba “mengintip” ashley.

Apabila Ashley berada di tempat yang lebih tinggi, kalian bisa coba arahkan senjata ke rok Ashley. Maka nantinya Ashley akan marah dan berkata “you pervert!” atau “Hey, what are you looking at” sembari menutupi roknya. Namun, easter eggs ini hanya bisa terjadi saat Ashley mengenakan kostum default. Karena Ashley tidak menggunakan rok pada kostum lainnya melainkan memakai celana biasa.

 

Jangan Tembak Danaunya!

Salah satu boss terkuat dalam game RE4 bernama Del Lago. Pertama kali muncul pada Chapter 1-3, Del Lago merupakan sosok monster berbentuk salamander yang tinggal di sebuah danau. Nantinya pemain diharuskan melawan Del Lago agar bisa menyebrangi danau.

Sebelum menyebrang, pemain akan melewati sebuah dermaga di pinggir danau yang didalamnya terlihat banyak ikan. Pemain dapat menembak beberapa ikan tersebut yang nantinya bisa digunakan untuk menambah Health. Namun, pemain harus tetap hati-hati saat menangkap ikan karena apabla terlalu sering menembaki danau, maka Del Lago akan muncul dan menerkam Leon sehingga membuat pemain terpaksa harus mengulang dari save terakhir.

 

Sosok Misterius

Tahun 2017, sempat viral adanya berita mengenai easter eggs dalam RE4 yang ditemukan setelah tersembunyi selama 17 tahun. Easter eggs ini pertama kali ditemukan oleh seorang Youtuber bernama SR212787 saat sedang bermain RE4 dengan Unlocked Camera. Dirinya tidak sengaja menemukan model 2D berbentuk seseorang yang mengenakan jaket berwarna hijau.

Hingga kini, tidak ada yang mengetahui siapa sebenarnya sosok tersebut dan pihak Capcom juga belum memberikan penjelasan apapun mengenai penemuan ini. Kalian bisa melihatnya secara langsung pada Chapter 5-4. Meskipun memang bisa dilihat langsung menggunakan scope dari senjata rifle, kalian perlu mengakses Unlocked Camera agar dapat terlihat secara jelas.

 

Letter Tersembunyi

Easter eggs yang satu ini juga baru ditemukan belakangan ini, tepatnya di tahun 2020 lalu. Channel Youtube HorrorScoped tak sengaja menemukan sebuah Letter yang tersembunyi saat mengakses kamera no-clip.

Letter tersebut dapat ditemukan di awal game, tepatnya pada area kedua di sebuah peternakan. Hingga kini, isi letter tersebut masih menjadi misteri karena belum ada yang mampu untuk mengaksesnya. Beberapa orang berteori bahwa letter tersebut mungkin memang bukan untuk diakses oleh pemain melainkan hanya sebuah asset yang tertinggal saat pengembangan game. Namun hingga kini pihak Capcom belum menjelaskan apapun mengenai penemuan tersebut.


Itulah beberapa easter eggs dan rahasia tersembunyi dalam game RE4. Kemungkinan masih banyak hal-hal lainnya yang hingga masih tersembunyi dan menunggu untuk ditemukan. Namun, apabila beberapa dari kalian mungkin pernah menemukan sesuatu yang aneh atau janggal dalam game Resident Evil 4, mungkin bisa kalian diskusikan di kolom komentar.

Ingin mengingatkan juga bahwa kini Resident Evil: Village telah dirilis secara internasional. Seri yang ke-8 ini akan melanjutkan petualangan Ethan Winters, bersamaan dengan kembalinya karakter lama yaitu Chris Redfield. Kini game sudah tersedia di platform PC, Xbox dan PlayStation.


Baca juga artikel-artikel lainnya terkait Resident Evil serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Written by Lauda Ifram

Enjoy gaming but suck at it.

Leave a Reply

Your email address will not be published.