Kumpulan Ending Rahasia yang Paling Menarik di STANLEY PARABLE

Kumpulan Ending Stanley Parable

Hampir setiap video game memiliki lebih dari satu ending, tidak terkecuali ending game Stanley Parable. Diketahui ada lebih dari 10 ending yang dikembangkan oleh game yang satu ini. Sebelum kita masuk ke dalam daftar, ada baiknya kita berkenalan dulu dengan Stanley Parable ini.

Stanley Parable adalah sebuah video game unik dimana kamu akan mengalami apa yang para game developer kenal sebagai ilusi pilihan. Dengan kata lain, pemain akan diberikan banyak sekali pilihan di dalam permainan yang pada akhirnya mengantarkan pada ending yang berbeda – beda. Kamu pun bisa dapatkan game ini di Steam.

Game Stanley Parable menceritakan tentang seorang karyawan bernama Stanley yang hidup serta pekerjaannya sangatlah membosankan. Ia hanya terus menerima perintah dari atasannya yang tertulis pada sebuah kertas di atas meja kerjanya. Namun, di suatu hari, ia tidak menemukan kertas perintah apapun di atas mejanya. Itulah mengapa Stanley harus mencari tahu.

Sebagai pemain, kamu akan menentukan keputusan yang dibuat Stanley yang ditemani oleh sebuah suara laki-laki yang disebut “Narator”. Dia lah yang mengarahkan kemana Stanley harus melangkah. Hal inilah yang disebut ilusi pilihan, dimana kamu sebagai pemain bebas menentukan pintu mana yang kamu masuki, tombol mana yang kamu pilih, atau kemana kamu akan pergi.

Berikut adalah 7 Secret Ending di Game Stanley Parable yang paling menarik dan memorable. Check this out!

1. Whiteboard Ending

“Selamat datang di… Whiteboard Ending!”

Whiteboard Ending bisa dikatakan sebagai Ending Stanley Parable yang sederhana namun menjadi favorit semua orang. Ending ini murni berdasarkan keberuntungan. Meskipun banyak yang mengatakan bahwa Whiteboard Ending termasuk ke dalam Easter Egg, tetap saja hal ini menjadi memorable untuk beberapa pemain.

Whiteboard Ending tidak begitu saja bisa didapatkan. Namun, apabila setelah me-restart game dan layarmu menjadi kebiruann, inilah saatnya kamu untuk masuk ke dalam ruangan bernomor 426. Di sana, kamu akan menemukan sebuah papan tulis putih dengan tulisan “Welcome to… WHITEBOARD ENDING”.

Tak hanya itu, kamu akan diberikan sebuah cheat “console>bark” di pojok kanan yang apabila kamu masukkan, kamu akan mendengar suara anjing menggonggong.

2. Window Ending

“… Kemudian dia memuji game ini karena penuh wawasan dan dibumbui oleh komentator jenaka.” – Narator yang ‘breaking the 4th wall‘.

Window Ending atau yang bisa disebut sebagai Out Of Map Ending merupakan sebuah ending yang bisa dikatakan lucu dan mengesalkan. Ending Stanley Parable yang satu ini bisa didapatkan apabila pemain melompat keluar jendela dari meja bernomor 434.

Ketika pemain melakukan hal tersebut, Narator akan memarahi Stanley meskipun secara tidak langsung Narator telah melakukan ‘breaking the 4th wall‘. Kemudian, ia akan memberikan sebuah pertanyaan seperti pada gambar.

Apabila pemain menjawab “YES”, maka Narator akan memainkan gitar dan membacakan puisi tentang diri Stanley. Awalnya, ending ini terasa lucu karena Narator memarahi Stanley. Namun, pemain tidak bisa melakukan apapun selama lebih dari 5 menit hanya untuk mendengarkan petikan gitar dari Narator.

3. Broom Closet Ending

“‘Eh? Kamu udah dapat Broom Closet Ending? Ending ini favorite-ku banget lohhh~XD‘… Kuharap teman – temanmu cukup waras untuk mengatakan bahwa hal tersebut tidak penting.” – Narator meledek Stanley

Broom Closet Ending adalah ending Stanley Parable yang dibilang lucu oleh para pemain. Ending ini bisa didapatkan apabila pemain berada terlalu lama Broom Closet. Meskipun terlepas dari namanya, ini secara teknis bukanlah akhir. Narator akan menjadi sangat frustrasi dan berkomentar lucu di sini.

Saat permainan di-restart, jika pemain kembali ke Broom Closet, Narator akan semakin frustrasi dan menyerah sepenuhnya, tetap diam tidak peduli berapa lama pemain berada di sana. Hal ini dinilai lucu karena komentar Narator yang mengatakan penuh sarkas : “OH! DID YOU GET THE BROOM CLOSET ENDING? IT WAS MY FAVORITE! XD”

Jika pemain mencoba memasuki ruangan tersebut untuk ketiga kalinya, ruangan tersebut telah ditutup dengan beberapa kayu, pertanda bahwa pemain tidak boleh masuk kembali ke dalam sana. Dan tentu saja tidak ada jalan lain untuk memasukinya.

4. Serious Ending

“Ini adalah mejaku yang paling serius.” – Narator

Serious Ending tidak diartikan sebagai Ending Stanley Parable yang paling real. Melainkan, ia merujuk pada sebuah ruangan gelap dengan hanya satu meja yang mana Narator menyebutnya dengan : “Ini adalah serious room-ku.”

Ending ini bisa didapat dengan sebuah cara yang diluar dugaan. Di Steam, pemain memasukkan kode ‘-console’ pada launch option. Ketika game dijalankan, pemain mengetik ‘sv_cheats 1’ pada konsol. Sesaat setelahnya, kamu akan dibawa ke serious room ini oleh narator.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Kamu akan mendengar narator mengatakan : “Stanley, aku sedang serius. Ini adalah serious room-ku, sebuah tempat di mana aku akan menjadi sangat serius. Meja itu adalah meja paling serius yang bisa aku temukan. Aku sudah mencari ratusan hingga ribuan meja, dan yang satu ini adalah yang paling… paling serius.”

Selanjutnya, narator akan memarahi Stanley karena Stanley melakukan kecurangan dengan memasukkan cheat code. Dan narator akan meninggalkan Stanley di sana sendirian tanpa melakukan apapun. Tuh, brott! Jangan curang, ya~ Hihi!

5. Confusion Ending

“Aku tidak mau restart gamenya!” – Narator

Sesuai namanya, Ending Stanley Parable ini adalah ending yang paling membingungkan. Baik untuk kita para pemain, Stanley bahkan Narator-nya sendiri. Sampai Narator sendiri berpikir bahwa game ini telah disabotase untuk membingungkan kita semua.

Confusion Ending dapat diperoleh dengan melalui pintu kanan, memasuki ruang maintenance, tetapi menuruni lift di dalam ruangan itu daripada masuk ke meeting room. Ending ini memiliki 5 sub ending yang membuatnya menjadi ending terpanjang dan ending yang paling melelahkan.

Setiap sub ending menyajikan kebingungan yang berbeda. Seperti menghilangnya dua pintu krusial, tidak ada jalan keluar, sebuah garis kuning yang harus ditelusuri, dan lain – lain. Sampai pada sub ending yang terakhir, dimana Stanley serta narator diantar ke sebuah ruangan gelap berisi monitor yang menjelaskan bahwa mereka harus melakukan restart game sebanyak 8 kali.

Narator yang sudah marah dan kesal, tentu menolak untuk mengikuti intruksi tersebut. Faktanya, ia telah melakukan restart game otomatis sebanyak 5 kali. Dan ia tidak mau percaya lagi. Di tengah dirinya yang sedang mengamuk, game di-restart otomatis dan semua berjalan normal kembali.

6. Mariella Ending

“Sudah sangat jelas bahwa ia gila. Semua orang tahu bagaimana perilaku orang gila.” – Narator

Mariella Ending (juga dikenal sebagai Insane Ending) adalah ending Stanley Parable yang terjadi ketika pemain melakukan semua yang diperintahkan Narator, tetapi pemain malah menuruni tangga di meeting room daripada menuruti perintah Narator untuk menaiki tangga.

Segera setelah pintu tertutup di belakang Stanley, Narator akan berusaha mengajaknya untuk kembali ke track awal permainan. Jika Stanley tidak menurut, maka Narator akan marah padanya dan mengantarkannya pada situasi looping yang membuat kepala pening. Stanley percaya bahwa dia benar-benar tidur. Dalam upaya untuk menenangkan dirinya, Stanley menutup matanya dan membayangkan dirinya kembali ke rumah, namun ia gagal.

Akhirnya, ia menjadi gila dan berteriak minta tolong, seketika itu pula layar berubah warna menjadi merah. Layar terpotong menjadi hitam sebelum memperlihatkan mayat Stanley di tengah jalan dengan seorang wanita bernama Mariella sedang menatapnya. Dikatakan oleh fans bahwa Mariella adalah pengganti Stanley selanjutnya.

7. Not Stanley Ending

“Stanley? Kamu gapapa…?” – Narator

Ending Stanley Parable yang terakhir adalah Not Stanley Ending atau bisa disebut Real Person Ending. Ending ini adalah ending yang paling menyedihkan dari semua ending di game Stanley Parable. Menjadikannya untuk selalu masuk ke dalam daftar ending terfavorit bersama dengan Broom Closet Ending.

Di ending ini, karakter Stanley hanya diam mematung di antara dua pintu yang menjadi ikonik di game ini. Sementara kita hanya bisa menyakisakannya dari atas langit – langit. Yang membuatnya menjadi sedih adalah suara Narator yang bergetar, mengindikasikan kesedihan dan kecemasan mendalam pada Stanley.

Bayangankan saja, Narator yang selalu memarahi kita karena tidak mau mendengarkan instruksinya mengatakan hal seperti :

“Stanley, apapun pilihanmu, semuanya benar. Kamu tidak salah di sini. Kita akan bekerja sama, dan aku akan menerimamu apa adanya.”
“Stanley, apa kau disana? Apa kau bisa mendengarku?”
“Tak apa, Stanley. Aku akan menunggumu. Kau butuh waktu untuk menentukan pilihanmu, aku akan selalu berada di sini bersamamu.”

Itulah 7 ending rahasia di game Stanley Parable. Sebenarnya, game ini tidak memiliki Ending yang pasti dan tidak ada satupun yang tahu apakah game tersebut memiliki sebuah Real Ending. Karena esensi dari Stanley Parable sendiri adalah segala pilihan ada di tanganmu.

Jadi, favoritmu yang mana, Brott?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game PC atau artikel lainnya dari Sofie Diana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version