7 Fakta Menarik Nokia N-Gage, HP Gaming Nostalgia Idaman Gamer di Tahun 2000an

Nokia N-Gage

Kalau kalian cukup sepuh, tentunya kalian akan kenal Nokia yang kerap jadi patokan handphone kala itu. Termasuk di antaranya Nokia N-Gage, HP berbasis Symbian dan bukan Android ini, yang dulu biasanya dimiliki oleh sultan.

Bermacam gim yang terkenal kala itu, sebut saja The Sims Bustin’ Out, Asphalt Series, Sonic N, dan titel lainnya, sukses membuat candu. Meski untuk generasi zaman now tak bisa mencobanya, tetapi N-Gage adalah serpihan memori terindah.

Untuk memunculkan rasa nostalgia tersebut, atau sekedar penasaran, inilah deretan fakta menarik Nokia N-Gage!

Fakta Menarik N-Gage yang Fenomenal pada Masanya

Tidak hanya sesimpel ‘HP Gaming’, tetapi fakta-fakta di bawah ini tentunya akan menarik untuk kita ketahui, brott!

7. Terinspirasi dari Konsol Nintendo Game Boy

Kalau kalian kebetulan lebih sepuh dari ekspektasi kami, tentunya kalian akan tahu apa itu konsol Nintendo Game Boy. Ya, konsol handheld perdana dari Nintendo rilisan tahun 1980an tersebut ternyata sukses inspirasi salah satu brand yang kala itu cukup aktif berinovasi.

HP Nokia N Gage tak hanya dapat mainkan gim teramat jadul semacam Snake dan lain-lainnya yang sebelumnya telah kami bahas di sini, tetapi gim yang bisa dikatakan cukup ‘advance’, dan bisa dikatakan ‘setara’ dari konsol Nintendo Game Boy itu sendiri.

6. Usung Model Cartridge untuk Mainkan Bermacam Gim

Inspirasi dari Nintendo Game Boy bahkan membuat Nokia sampai usung model cartridge untuk mainkan bermacam gim pada N Gage keluarannya. Ya, HP Gaming pada masanya ini sampai jual cartridge alias kaset dalam bentuk MMC yang berisikan satu titel.

Di luar banderol dari HP yang kala itu di kisaran sampai 2 Jutaan Rupiah, kita harus menebus satu kaset senilai 100 Ribuan Rupiah, dan hanya berisikan satu gim. Meski setahun setelahnya ada jasa suntik gim di kounter HP, tetapi tetap saja kebanyakan pemilik N-Gage kala itu lebih memilih untuk memiliki kaset fisiknya.

5. Bentuknya yang Unik Layaknya Gamepad

Keunikan lain dari HP N Gage lainnya ialah bentuknya yang benar-benar mirip dengan gamepad, atau bisa dikatakan cukup identik dengan Nintendo Game Boy Advance. Kendati demikian, keduanya memiliki fungsi yang berbeda, di mana Game Boy hanya untuk mainkan gim, dan N-Gage untuk komunikasi sembari bermain gim.

Model unik layaknya gamepad tersebut bukannya dibuat tanpa tujuan loh, brott. Hal tersebut telah dievaluasi oleh Nokia secara matang, karena fokus dari handphone ini ialah dapat memainkan gim secara on-the-go tanpa hilangkan kemudahan komunikasi yang pada tahun 2000an benar-benar sulit ditemukan.

4. Lini Gaming Perdana dari Nokia

Melanjutkan poin sebelumnya, Nokia N-Gage yang rilis pada tahun 2000an, atau tepatnya pada tahun 2003 tersebut ialah lini gaming perdana perusahaan asal Finlandia tersebut. Meski tidak ada embel-embel ‘gaming’ pada dusnya, tetapi tetap saja Nokia menujukan pasar dari handphone ini untuk gamers.

Percaya atau tidak, N Gage adalah satu-satunya handphone berbasis Symbian tanpa saingan yang murni dibuat untuk memainkan gim kala itu yang boleh jadi cikal bakal smartphone yang kita gunakan pada saat ini.

3. Miliki Dua Varian Berbeda

Suksesnya N Gage pada tahun 2003 silam berhasil menelurkan generasi penerusnya bernama N-Gage QD. Di mana handphone ini tetap bisa diajak gaming, tapi membawa model yang lebih baik.

Berpedoman pada GSMArena, hampir tidak ada beda spek secara masif di atas kertas. Tetapi, sewaktu penulis dan sepupu coba bandingkan keduanya, ternyata layar dari N-Gage QD justru lebih kecil dari versi terdahulu, bahkan karet di sudutnya justru lebih mudah terlepas alih-alih memberi proteksi.

2. Sempat Dijuluki ‘Taco Phone’

Fakta yang tak kalah menarik lainnya ialah HP Gaming dari Nokia tersebut sempat dijuluki ‘Taco Phone’. Hal tersebut tentunya berdasar karena untuk menelepon, kita harus gunakannya secara menyamping layaknya memegang taco, yaitu makanan khusus dari Mexico.

Cukup nyeleneh memang, tetapi bila kita melihat bentuk atau model dari handphone ini, rasanya cukup wajar, ditambah belum ada inovasi untuk desain lebih baik pada masanya.

1. Tak Bertahan Lama, dan Akhirnya Gagal

Meski menyasar para gamer (secara umum), tetapi eksistensi dari handphone ini tak bertahan lama, dan akhirnya gagal. Mulai dari awal perilisannya di tahun 2003, sampai akhirnya hilang tak berbekas di akhir tahun 2000an.

Belum jelas alasan di balik gagalnya handphone tersebut, tetapi tidak menutup kemungkinan minimnya peminat dikarenakan mayoritas gamer masih lebih memilih untuk membeli konsol dari Nintendo karena memiliki jumlah gim yang lebih banyak.

Bonus: Apakah akan Ada Nokia N-Gage Terbaru di Kemudian Hari?

Bila melihat tren smartphone saat ini, tentunya eksistensi dari Nokia N-Gage akan dapat lebih menjual bila dihidupkan kembali saat ini, dengan spesifikasi memadai tentunya. Semisal ditanamkannya chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1, yang tentunya selain lebih murah, dapat mainkan bermacam gim kekinian tanpa masalah.

Meski hal tersebut menutup potensi atau ‘keaslian’ dari N-Gage tersebut, tetapi ini adalah satu-satunya alternatif bila perusahaan asal Finlandia tersebut berniat untuk merebut pasar Smartphone Gaming, atau bahkan Nintendo Switch yang memiliki spek yang sama sekali tak boleh diremehkan.

Melihat tindak-tanduk Nokia, penulis merasa tidak akan ada Nokia N Gage terbaru di kemudian hari dikarenakan smartphone yang diluncurkan perusahaan tersebut akhir-akhir ini hanya membawa spek seadanya. Jadi, tak usah berharap terlalu banyak yah, brott!

Nah, itulah dia deretan fakta menarik terkait HP Gaming yang bisa dibilang nostalgia untuk gamer di tahun 2000an. Apakah kalian pernah memilikinya, atau mencobanya entah milik teman, saudara, sepupu, atau orang tua kalian? Yuk, tuliskan komentar dan kenangan kalian di bawah!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version