Kumpulan Game Digimon Favorit Sepanjang Masa!


Follow Us

Digimon, siapa yang tak kenal dengan serial anime yang begitu mendarah daging bagi anak-anak 90-an ini. Popularitasnya bahkan membuat serial anime yang memperkenalkan kita kepada makhluk ‘digital’ seperti Agumon, Gabumon dan masih banyak yang lainnya diadaptasi menjadi judul video game yang cukup banyak bahkan sampai saat ini. Satu dari sekian judul video game Digimon pasti ada yang menjadi favorit atau mungkin selalu membekas di ingatan kalian ?

Nulis artikel dibayar

Baiklah, tak perlu berlama-lama lagi kali ini kita akan membahas deretan game Digimon favorit sepanjang masa, simak selengkapnya di bawah ini :

1. Digimon World (PS1, 1999)

Jika kamu dulu pernah memiliki konsol legendaris yang satu ini pasti harusnya tak asing dengan Digimon WorldGame Digimon yang rilis 10 tahun silam ini mengajak kalian merawat Digimon seperti halnya bermain Tamagotchi, sebuah gadget yang digunakan untuk bermain virtual pet alias memelihara hewan secara virtual namun perbedaannya dengan karakter Digimon. Kamu harus merawat Digimon seperti halnya merawat peliharaan dengan baik, mulai dari memberinya makan, melatihnya agara semakin kuat hingga memberikan perintah untuk bertarung. Tak berhenti disitu saja, kamu juga bisa membuat Digimon yang kamu pelihara berevolusi mulai dari wujud Rookie hingga Ultimate.


2. Digimon Rumble Arena (PS1, 2001)

Bukan hanya hadir sebagai game RPG saja, Digimon juga diadaptasi menjadi game fighting yang seru apalagi jika bermain bersama teman-teman saat kita masih bocil pada jamanya. Selain banyak karakter Digimon yang bisa kamu mainkan lengkap dengan kemampuan uniknya masing-masing, kamu juga bisa berevolusi hingga mengeluarkan jurus andalanya seperti Wargreymon dengan Gaia Force!. Jujur saja, game ini menjadi salah satu yang wajib dimainkan jika bermain bersama teman atau saudara yang hobinya juga sama bukan ?


3. Digimon World 3 (PS1, 2002)

Berbeda dengan Digimon World yang pertama, sekuel yang ke-3 nya ini cukup menarik dengan mengusung gameplay yang berbeda. Meskipun gameplay turn-based RPG diperkenalkan untuk pertama kalinya di Digimon World 2, namun di sekuel yang ke-3 nya ini menghadirkan dunia yang lebih luas ketimbang seri ke-2 nya yang cenderung terus-terusan berada di dungeon sehingga terasa sedikit membosankan. Di awal permainan kamu akan memilih 3 Digimon yang akan menemani perjalanan kalian di dunia digital. Selain dapat membuat Digimon yang kalian miliki berevolusi, kalian juga bisa melakukan fusion atau jogress melalui fitur DNA Digivolve. Hasilnya ? tentunya ada Omnimon, Imperialdramon hingga Ancient Greymon.

BACA JUGA  7 Senjata Call of Duty: Mobile Terbaik Untuk Push Rank Cepat

4. Digimon Rumble Arena 2 (PS2|Gamecube|Xbox, 2004)

Game adu jotos Digimon ini akhirnya hadir di konsol generasi selanjutnya dari Playstation yaitu Playstation 2. Dengan beberapa peningkatan secara visual, Digimon Rumble Arena 2 juga kedatangan tambahan karakter baru. Gameplay yang tak jauh berbeda membuat kamu tidak terlalu sulit untuk beradaptasi. Pastinya game ini tetap seru untuk dimainkan baik sendiri maupun bersama teman-teman, bahkan mendukung hingga 4 pemain sekaligus.


5. Digimon World 4 (PS2|Gamecube|Xbox, 2005)

Kembali hadir dengan sekuel ke-4 nya, game yang satu ini menghadirkan sesutu yang baru. Jika di seri-seri sebelumnya kita menemukan Digimon World dengan gameplay turn-based RPG atau bahkan seperti Tamagotchi seri pertamanya. Dalam Digimon World 4 masih mempertahankan elemen RPG namun dengan sentuhan action hack n’ slash. Kamu tak lagi bermain sebagai pemilik Digimon-nya lagi, kamu akan menjadi Digimon-nya langsung yang bisa dipersenjatai dengan berbagai jenis equipment. Meskipun konsepnya sedikit berbeda dari seri-seri sebelumnya, hal ini cukup wajar mengingat game ini mengadaptasi film animasi 3D yang berjudul Digimon Monster X-Evolution dimana semesta didalamnya secara keseluruhan berisi makhluk ‘digital-monster‘ tanpa adanya manusia sama sekali. Meskipun begitu kamu masih membuat karakter Digimon kalian berevolusio.

BACA JUGA  7 Alasan Kenapa Game Debate Wajib Kamu Pakai Sebelum Download Game

6. Digimon World Data Squad (PS2, 2006)

Kembali mengusung genre turn-based RPG, game Digimon yang satu ini mengadaptasi serial anime-nya yang berjudul Digimon Data Squad. Visual yang ditawarkan pun cukup menarik dengan mengusung gaya cell-shaded ala anime. Kamu akan bertemu dengan beberaka karakter yang ada di serial anime-nya seperti Marcus Damon, Thomas H. Norstein, Yoshino “Yoshi” Fujhieda bersama dengan partner Digiomon-nya masing-masing, seperti Agumon, Gaomon dan juga Lalamon. Salah satu fitur menarik lainnya adalah Digimon Data Squad mengadaptasi sistem yang disebut sebagai dramatic/innovative RPG dimana setiap treatment atau perlakuan pemain dengan Digimon masing-masing akan memberikan dampak saat berevolusi.


7. Digimon Adventure (PSP, 2013)

Ini dia, game yang menjadi favorit mimin dari sekian game Digimon yang telah kita bahas diatas. Jika kamu dulu sering menonton serial anime Digimon di akhir pekan pasti tak asing dengan tokoh bernama Taichi dan partner Digimon-nya Agumon. Melalui game Digimon yang satu ini kamu akan diajak bernostalgia mengikuti cerita dari serial anime-nya dulu. Gameplay-nya juga tidak begitu asing dengan sistem turn-based RPG yang biasa kamu temui di seri-seri game Digimon World sebelumnya.


Bonus :

Digimon Battle Online (MMORPG|PC, 2003)

Mungkin banyak yang mengira kebanyakan game Digimon hanya rilis di konsol saja. Namun ada beberapa judul game Digimon yang juga rilis di platform lain seperti PCDigimon Battle Online merupakan game pertama Digimon yang rilis di PC sebagai game free to play online RPG. Pertama kali rilis pada tahun 2002 silam di Korea Selatan, game ini kemudian mendapatkan versi Inggrisnya yang rilis pada tahun 2010 di Amerika. Gameplay-nya juga masih mempertahankan mekanisme turn-based RPG ala Digimon World. Sayangnya jika kamu saat ini ingin mencoba game tersebut sudah tidak tersedia lagi mengingat tidak ada lagi publisher yang mengelola game yang satu ini.

BACA JUGA  7 Game Trading Card Game Baru yang Rilis Ditahun 2019

Digimon Master Online (MMORPG|PC, 2009)

Maraknya game MMORPG di PC sepertinya juga mendorong developer maupun publisher untuk ikut serta meramaikan tanpa terkecuali Bandai Namco dengan menghadirkan Digimon Master Online. Mengusung mekanisme klasik ala game MMORPG kebanyakan dibungkus dengan karakter serta tema ala Digimon. Tentunya kamu bisa melakukan evolusi dari Digimon yang kamu miliki ke wujud Rookie hingga Ultimate sekalipun. Tertarik untuk mencobanya ? tenang saja, Digimon Master Online free to play alias gratis dimainkan bahkan hingga saat ini.


Digimon World Remake (Unreal Engine|PC)

Menjadi game legendaris yang digandrungi banyak emainnya game yang satu ini ternyata mengundang fans untuk membuat remake-nya dengan engine kekinian seperti Unreal Engine 4. Dikembangkan oleh fans. dengan nama chanel Digicore di YouTubeDigimon World dengan Unreal Engine 4 ini tampil dengan visual yang begitu segar mengikuti perkembangan saat ini. Bahkan proyek yang masih digarapnya ini baru saja mendapatkan update terakhirnya dua minggu yang lalu. Kita masih belum tahu apakah proyek fans ini akan bertahan lama atau tidak mengingat ada raksasa yang cukup lama berkecimpung di industri game memegang IP dari game yang satu ini, yaitu Bandai Namco.


Demikian kumpulan game Digimon fantastis sepanjang masa yang mungkin salah satu diantaranya pernah kamu mainkan. Kalo favorit kamu yang mana brott ? jika masih belum ada di atas bisa komen di bawah ini.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item