10 Tips Memilih Monitor Gaming yang Harus Kalian Ketahui, Biar Gak Nyesel!

Tips Memilih Monitor Gaming

Tips Memilih Monitor Gaming – Ketika kita berencana untuk membuat setup idaman, kita tidak hanya harus jeli memilih komponen komputer saja, namun harus jeli pula memilih monitor yang cocok dengan kebutuhan utama kita, yaitu gaming.

Tentu, ada banyak sekali faktor yang menentukan cocok atau tidaknya monitor gaming tersebut dengan kebutuhan kita atau tidak. Salah satunya adalah ukuran layar. Meski remeh, ternyata ukuran layar mampu menentukan tingkat kenyamanan kita dalam menatap layar dalam jangka waktu lama.

Jadi, ketimbang kalian kebingungan atau galau saat memilih monitor yang tepat, mungkin artikel ini boleh jadi tambahan referensi.

Cara Memilih Monitor Gaming

Menurut pengamatan kami, inilah tips memilih monitor PC terbaik yang tentunya sesuai kebutuhan kalian!

10. Ukuran

Langkah pertama untuk menentukan tingkat kenyamanan saat memakai komputer adalah memperhatikan ukuran monitor yang sesuai keinginan. Biasanya, untuk standar zaman now, ukuran monitor terkecil yang masih banyak dipakai adalah monitor ukuran 22”. Kalian bisa saja memilih yang lebih kecil, namun biasanya akan mempengaruhi kenyamanan.

9. Resolusi

Selain ukuran, hal lain yang harus kalian perhatikan adalah resolusi. Untuk standar ukuran zaman now, resolusi ideal adalah FHD alias resolusi 1920×1080 yang lebih dikenal di kalangan gamer dengan 1080P. Alasan mengapa minimal harus FHD adalah demi memberikan gambar yang lebih detil.

8. Refresh Rate

Untuk gamer, memastikan sebuah monitor memiliki refresh rate incaran tentunya bolehkan kalian sesuaikannya dengan game yang kalian mainkan. Biasanya, para gamer akan full senyum saat memakai monitor minimal dengan refresh rate 144-165Hz. Kemenangan akan lebih mudah diraih dengan bantuan hardware.

7. Jenis Panel

Demi meningkatkan win rate kalian saat memainkan game favorit, kalian harus menyesuaikan jenis panel monitor incaran. Biasanya IPS untuk mereka yang mengincar warna, TN untuk refresh rate masif, dan VA untuk rasio kontras yang lebih baik. Jadi, sesuaikan jenis panel mana yang sekiranya menarik untuk temani aktivitas gaming.

6. Konektivitas

Setelah memastikan keempat hal di atas, tips memilih monitor gaming terbaik lainnya adalah memastikan konektivitas yang utamanya akan kalian gunakan, dan wajib untuk kalian sesuaikan dengan komputer yang kalian gunakan. Misalkan HDMI 2.0 hanya mampu menampilkan 1080P 240Hz, atau setara 1440P 144Hz.

5. Kejernihan

Di antara tips memilih monitor PC yang mungkin terlewat adalah kejernihan. Padahal, kejernihan adalah salah satu faktor yang menentukan kenyamanan saat kalian di depan monitor dalam waktu lama, khususnya saat memainkan game. Di antara tips monitor gaming yang harus diantisipasi adalah fitur anti-glare untuk mengurangi silau.

4. Ergonomi

Terlepas kalian adalah gamer atau jagoan produktivitas, faktor ergonomi adalah salah satu faktor yang rasanya tidak bisa diabaikan untuk dapat memberikan kenyamanan. Ketimbang monitor yang hanya memiliki satu sudut pandang, tentunya gamer akan lebih tertarik untuk memiliki monitor yang bisa diatur sudut pandang untuk menambah kenyamanan.

3. Konsumsi Daya

Di antara para gamer mungkin ada saja yang masih concern dengan konsumsi daya dari sebuah monitor. Demikian pula cara memilih monitor gaming, yang mana kita harus memperhatikan konsumsi daya monitor yang kita gunakan.

2. Merk

Tentu saja faktor merk memiliki peranan penting dalam menentukan jadi atau tidaknya seorang gamer membeli monitor. Biasanya, alasan gamer membeli monitor dari brand kenamaan adalah kualitas yang tak usah diragukan, sampai meningkatkan derajat dari gamer itu sendiri karena memakai merk tersebut ketika memainkan game.

1. Harga

Walau kesembilan faktor atau tips di atas memiliki pertimbangannya sendiri, namun tetap saja, isi dompet tidak bisa bohong. Alhasil, kembali kita harus menyesuaikan monitor terbaik sesuai isi kantong yang kita miliki, atau kembali menabung untuk membeli monitor yang lebih baik dan tentunya sesuai preferensi.

Akhir Kata

Nah, itulah dia deretan tips untuk memilih monitor yang harus kalian ketahui. Apapun kebutuhannya, khususnya gaming, kalian harus memastikannya untuk sesuai dengan kebutuhan, karena bila tidak, akan percuma rasanya memiliki fitur yang tak terpakai sama sekali.

Cara memilih monitor pada artikel ini bisa kalian terapkan untuk mencari rekomendasi monitor untuk temani hari-hari. Jadi, kalian tak usah kebingungan mencari referensi monitor untuk kebutuhan terkait.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version