Kurang Ide? Hero Assassin Mobile Legends Moonton Ling Memiliki “Banyak” kemiripan dengan Hero Onmyoji Arena!

asdas

Memang sudah bukan menjadi rahasia umum, bahwa kebanyakan hero – hero dalam game MOBA sekarang ini sangat mirip dengan hero – hero lainnya. Ambil saja contohnya hero tanker yang menjadi favorite setiap developer MOBA yang memiliki kemampuan untuk menarik musuhnya, Franco di Mobile legends, Pudge di Dota, dan Grack di AoV. Masing – masing dari hero tersebut memiliki sedikit kemiripan dalam segi skillnya masing – masing. Walaupun begitu, umumnya skill lain yang dimiliki dari hero tersebut cukup berbeda, sehingga masing – masing masih memiliki keunikannya sendiri.

Namun, apa jadinya jika hero – hero tersebut memiliki kemiripan yang cukup “Banyak”? Nah, itulah yang terjadi untuk salah satu hero Mobile legends Ling, dengan salah satu hero Onmyoji arena Mannendake. Berikut penjelasannya.


Ling

Ling sendiri merupakan salah satu hero assassin terbaru di Mobile Legends. Dimana Ling dirilis di advance server pada tanggal 23 Agustus 2019 lalu. Skill yang dimilikinya pun cukup unik dan menarik, dimana Ling memiliki kemampuan  skill 1 untuk memanjat tembok yang ada di Mobile legends sehingga ia menjadi salah satu hero yang memiliki mobilitas paling tinggi di Mobile legends.

Hero yang satu ini pun tak menggunakan mana namun sebuah energi yang setiap detiknya akan di regenerasikan sehingga ia dapat menggunakan skillnya untuk berlari di atas tembok. Skill 2nya memiliki 2 form, 1 saat ia berada di tembok, range yang dimilikinya akan meningkat dan ia akan memiliki damage lebih, dan form 2 saat ia berada di tanah, dimana ia akan melakukan charge kepada musuh dan memukul musuh yang berada di dekatnya, memberikan basic attack damage yang dimilikinya. Ia juga memiliki skill ultimate untuk menyerang, serta immune damage dari musuh selama animasi skill tersebut berlangsung, sehingga ia menjadi salah satu hero assassin yang cukup parah.


Mannendake

Mannendake sendiri merupakan salah satu hero/shikigami Ninja yang telah dirilis di Onmyoji arena. Dimana pemain dapat memainkan hero/shikigami tersebut di Onmyoji arena. Dimana Ultimate yang dimiliki oleh Mannendake memiliki kemampuan untuk memanjat tembok, sehingga mobilitas yang dimilikinya pun cukup tinggi.

Skill 1nya merupakan skill damage yang dapat digunakan untuk memberikan damage tinggi pada musuhnya. Sedangkan skill 2 dari Mannendake merupakan skill charge, dimana Mannendake dapat menggunakan skill tersebut untuk menyerang musuh – musuhnya. Jika mengenai musuh, cooldown yang dimilikinya pun akan turun menjadi 1 detik sehingga Mannendake dapat menggunakan skill tersebut secara terus menerus.

untuk skill Mannendake sendiri, skill manjat tersebut merupakan skill ultimatenya. Cooldown dari skill Mannendake pun cukup tinggi, dan ia tidak boleh diserang atau menyerang musuh untuk menggunakan skill tersebut selama 5 detik. Skill memanjat Mannendake pun juga terbatas dalam berpindah – pindah tembok tersebut, dimana pada saat ia menggunakan skillnya tersebut, ia akan mendapatkan sekitar 4 charge yang bisa digunakan untuk berpindah tembok, dan tiap charge memiliki cooldown sekitar 3 detik, dan saat menaiki tembok tersebut, Mannendake akan mendapatkan shield yang cukup banyak juga. Ia juga akan immune crowd control effect pada saat memanjat.


Ling X Mannendake, Plagiat atau Inovasi


Sebelumnya Mannendake merupakan salah satu hero awal yang dirilis di Onmyoji arena sejak tanggal rilisnya di tahun 2018. Ling yang memiliki kemiripan dengan hero Onmyoji arena tersebut dirilis pada tanggal 23 Agustus 2019 lalu di Advance server. sehingga tak mengherankan jika kebanyakan pemain merasa bahwa Moonton menjiplak karakter tersebut. Karena skill yang dimiliki Mannendake pada saat itu sangatlah unik dan sangat berkesan untuk para pemainnya pada saat itu.

Efek dari kedua skill hero tersebut pun sangatlah mirip, walaupun memiliki sedikit perbedaan. Dimulai dari efek menghilang / tidak bisa ditarget pada saat kedua karakter berada diatas tembok. Pada saat ditembok, Ling tidak dapat di target oleh musuh, dan Mannendake pun memiliki efek yang sama. Keduanya juga bisa ditarget oleh skill shot / skill area oleh musuh.  Bedanya disini adalah, Ling dapat menghilang kembali pada saat berpindah tembok sedangkan Mannendake disini akan terus kelihatan dan dapat ditarget.

Skill 2 yang dimiliki oleh Ling merupakan short dash yang menjadi trush, Dimana skill ini merupakan skill gabungan dari kedua skill aktifnya Mannendake. Dimana salah satu Skill Mannendake dapat digunakan untuk melakukan charge ke musuh dan memberikan short dash sedikit, dan kemudia ia dapat menggunakan skill 1nya untuk memberikan damage thrust yang cukup mirip dengan skill 2nya Ling.  Untuk versi dive attack dari skill 2 Ling sendiri, merupakan bagian dari ultimate si Mannendake, dimana pemain dapat memberikan damage lebih dengan menggunakan skill.

Yang cukup berbeda dari kedua hero tersebut merupakan passive dari Mannendake yang merupakan Armor Penetration skill yang dapat digunakan untuk mengIgnore armor musuh yang diserang serta Ultimate dari Ling yang memiliki kemampuan untuk terbang dan memberikan damage lebih kepada musuh.


Melihat persamaan dari kedua karakter (Hero dan Shikigami) diatas, tentunya membuat pemain semakin bertanya – tanya. Apakah Ling merupakan jiplakan / plagiat dari mannendake. Dalam KBBI plagiat merupakan kata nominal yang berarti pengambilan karangan atau pendapat orang lain dan menjadikan seolah-olah karangan atau pendapatnya itu buatan sendiri. Sebagai contoh menerbitkan karya tulis orang lain atas nama dirinya sendiri, jiplakan. Namun, melihat bahwa Ling masih memiliki “sedikit” perbedaan antara keduanya. Hero yang satu ini masih belum bisa dibilang sebagai plagiat. Terlepas dari adanya kemiripan dari kedua skill tersebut, Ling bukanlah hero yang diambil 100% berdasarkan shikigami Mannendake sehingga bisa dibilang Ling merupakan Inovasi dari karakter Mannendake,

Dimana moonton mengembangkan karakter serta skill yang ada dari game lain, dan mengembangkannya menjadi hero miliknya sendiri. Walaupun begitu, Apakah kamu setuju dengan hasil yang diberikan oleh Moonton? atau, apakah kamu adalah tipikal orang yang bersikap acuh terhadap hal tersebut?

Baca lagi artikel terkait Mobile Legend lainnya dan artikel dari penulis kita Jay.
Follow Facebook Fanpages Gamebrott Mobile Legends untuk Memes, Video, dan Artikel lainnya.

Exit mobile version