Laporkan Bug Fallout 76, Pelapor Justru Dibanned Permanen Oleh Bethesda

in ,

Game dengan fitur bug memang telah menjadi pamor tersendiri yang kerap diberikan dari para fans kepada Bethesda. Karena tak sedikit dari kita yang memang sering menemui bug pada judul-judul game lama milik Bethesda. Namun meski sudah menyandang predikat seperti ini, nampaknya para fans mulai geram dengan hadirnya game Fallout 76 yang dirasa memiliki banyak “masalah”. Ditambah lagi tak sedikit dari mereka yang justru diberikan “Ban Hammer” ketika melaporkan bug yang terjadi didalam game mereka.

Seorang Pelapor Justru Dibanned

Kasus ini bermula dari sebuah bug yang ramai muncul di komunitas, dimana bug tersebut dapat membuat player mampu mengekploitasi sebuah toko untuk menerima pembayaran bottle caps dan bukannya scrips yang sangat sulit didapatkan. Sehingga mulai banyak player yang terlihat membawa senjata legendaris yang normalnya harus didapatkan dengan sistem gacha.

Melihat hal ini, seorang data miners sekaligus otak dibalik lahirnya aplikasi peta interaktif 76, mulai melakukan eksperimen untuk menguji kebenaran bug ini. Data miners ini memang cukup terkenal kerap aktif didalam komunitas Fallout 76 dan tak jarang menjadi salah satu pihak yang membantu Bethesda memperbaiki bug-bug bermasalah dari game Fallout 76.

Setelah melakukan beberapa percobaan dan berhasil menemukan bukti keberhasilan bug ini, sang data miner berencana untuk melaporkannya langsung kepada Community Manager Bethesda. Namun karena mengetahui bahwa salah satu orang didalam komunitasnya sudah melaporkan hal tersebut, dirinya kemudian mengurungkan niatnya. Hingga keesokan hari dirinya menemui bahwa akun Falloout 76 miliknya sudah dijatuhi banned permanen.

Dirundung kekesalan serta banyaknya masalah yang tak kunjung tuntas akhirnya pemilik website Map76.com menutup websitenya dan memutuskan untuk mundur dari komunitas Fallout76.

Pembelaan Bethesda dan Kisruh Internal

Mananggapi isu yang beredar, Bethesda nampaknya berusaha untuk meredakan amukan komunitas dengan memberikan pernyataan melalui Community Manager mereka. Dimana pihak Bethesda menjelaskan bahwa Bethesda tak akan menghukum pelaku yang mengeksploitasi bug ini, apabila setelah melaporkan sang pelapor tak lagi mengeksploitasi bug tersebut. Namun hal tersebut namapaknya cukup berbeda dengan apa yang terjadi pada TKP, karena MAP76 memang cukup kerap berkontribusi dalam forum Fallout76 dan bahkan didalam tim data miners Map76 juga ada Community Manager dari Bethesda itu sendiri. Sehingga sedikit tidak masuk akal apabila orang yang sudah paham terhadap protokol forum Fallout 76 dan memiliki salah seorang dari internal Bethesda melanggar hal tersebut. Melanjutkan statement dari Community Manager Bethesda, para player juga didorong untuk melaporkan bug yang mereka temukan ke Customer Service mereka.

Masalah lain yang muncul adalah perihal sistem subscribtion Fallout 76 yaitu Fallout 1st Membership yang tak sesuai dengan yang dijanjikan. Dari penjelasan sang data miners, dirinya sempat mengalami cekcok dengan pihak Costumer Service Bethesda. Dimana Bethesda sempat enggan memberikan Re-Fund untuk sistem berlangganan Fallout 1st membership mereka, meski masalah yang ada didalam sistem berlangganan tersebut merupakan hal yang sistematis dan dialami semua pelanggan.

Meski begitu perwakilan dari Bethesda akhirnya memberikan pengecualian refund untuk membership milik sang data miners. Menutup hal ini sang data miner juga menjelaskan bahwa update yang dihadirkan Bethesda kerap tak menyelesaikan masalah, justru menambah bug baru.

Jika kalian suka dan ingin mendapatkan berita-berita terupdate mengenai Game terbaru kalian bisa membacanya disini.

Kusuma Aji

Written by Kusuma Aji

Gamebrott most notorious and toxic person