Imbas Larangan Ekspor Amerika, Harga RTX 4090 Jadi Naik Dua Kali Lipat

Larangan Ekspor Amerika

Larangan pengiriman chip semikonduktor dari Amerika Serikat ke Tiongkok berdampak signifikan pada harga kartu grafis di negara tersebut. Benar saja, harga RTX 4090 di Tiongkok kini naik dua kali lipatnya karena larangan ekspor dari Negeri Paman Sam tersebut. Loh kok gitu sih?

Karena Larangan Ekspor Amerika, Harga RTX 4090 Meroket

Kelangkaan melanda kartu grafis high-end

Kalau kalian selalu mengecek informasi terbaru di dunia tekno, tentunya kalian akan menyadari Amerika kini tengah menerapkan pembatasan ekspor, terutama untuk kartu grafis dengan performa tinggi semacam NVIDIA H800 dan RTX 4090.

Melansir informasi dari VideoCardz, larangan ekspor Amerika ini menyebabkan pergolakan yang nyata pada kartu grafis di bermacam platform e-commerce di Tiongkok, bahkan tidak sedikit yang menghapusnya dari daftar penjualan karena kelangkaan tersebut.

Harga kartu grafis yang makin tak masuk akal

Berdasarkan peraturan yang tertulis dalam dokumen U.S ECCN 3A090, bandwidth kartu grafis tidak boleh melebihi 600 GB/s, dan daya komputasi keseluruhan juga tidak boleh menembus kisaran 4.800 TOPS. Imbasnya, RTX 4090 yang memiliki kemampuan di atas yang tertulis, mau tidak mau tidak boleh diekspor.

Dokumen U.S ECCN 3A090

Di Tiongkok, harga RTX 4090 yang awalnya hanya 28 Jutaan Rupiah, kini telah menembus angka 50 Jutaan Rupiah lengkap dengan pengiriman aman sampai tujuan. Bahkan, beberapa bahkan melaporkan kenaikan harga kartu grafis ini bisa mencapai empat kali lipatnya, atau di kisaran 100 Jutaan Rupiah.

Banyak Negara Terkena Dampak Larangan Tersebut

Masih berdasarkan telusuran VideoCardz, ternyata tidak hanya Tiongkok saja yang terkena dampak dari larangan ekspor Amerika tersebut. Setidaknya, ada 48 negara lainnya yang terkena dampak dari larangan ekspor yang menyebabkan kenaikan harga RTX 4090 tersebut. Beruntung, Indonesia tidak termasuk di dalamnya.

Ada total 48 negara yang terkena dampaknya

Berkat larangan tersebut, kini gamer berlomba-lomba untuk memiliki RTX 4080 karena selain lebih murah, kemampuannya pun sudah termasuk mumpuni untuk menjalankan game dan aplikasi zaman now.

Gimana menurut kalian, brott? Apakah suatu saat nanti kita bakalan dihantui hal serupa?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version