Larian Studios Ungkap AI Ada Potensi, tapi Tidak Ingin ChatGPT Menulis Dialog Ceritanya

Larian Studios AI ChatGPT

Larian Studios AI ChatGPTTeknologi AI menjadi pusat perhatian banyak orang dalam beberapa tahun terakhir, terlebih di industri video game. Banyak perusahaan game mulai melirik teknologi ini dan menggunakannya dalam pekerjaan.

Sementara itu Larian Studios ungkap AI memang ada potensi besar dalam membantu pekerjaan, namun mereka tidak ingin teknologi tersebut bertugas menulis dialog cerita gamenya. Kenapa?

Alasan Larian Studios Ungkap AI Ada Potensi tapi Tidak sebagai Penulis Dialog Cerita

Seperti apa alasan dari Larian Studios?

Informasi ini berasal dari interview IGN bersama dengan Swen Vincke selaku Founder dan juga CEO Larian Studios di acara GDC 2024. Ada banyak informasi menarik dari interview tersebut, termasuk pendapatnya mengenai teknologi AI dan penggunaannya dalam industri video game.

Swen Vincke mengatakan bahwa AT memang ada potensi membantu pekerjaan banyak orang dan menyelesaikannya lebih cepat. Itu karena dari sudut pandang mereka sendiri, para staf yang bekerja di Larian memiliki banyak sekali pekerjaan dan memerlukan bantuan dalam bentuk apapun, termasuk dari teknologi AI itu sendiri.

Meskipun dia mengatakan hal positif terhadap teknologi AI di industri video game, Swen Vincke menjelaskan pengecualian dalam penggunaannya. Menurutnya, dia tidak akan pernah menggantikan para staf kreatif melakukan pekerjaan mereka dan bisa membayar mereka untuk membuat dialog cerita.

Pendapat Swen Vincke Mengenai AI

Swen Vincke

Berikut ini pernyataan dari Swen Vincke terkait pendapatnya mengenai teknologi AI.

Pendapat saya terhadap AI sangat jelas, alat ini digunakan untuk membantu kami menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Kami memiliki banyak sekali pekerjaan dan sangat senang apabila bisa mendapatkan bantuan dari bentuk apapun.

Tetapi aku tidak akan pernah berpikir menggantikan staf kreatif melakukan pekerjaan mereka dan saya bisa menaruh uang di mulut saya.

Swen Vincke, Founder dan CEO Larian Studios
Larian Studios

Selain itu, Vincke juga percaya kalau secara umum AI bisa ditingkatkan lagi. Hanya saja tidak seperti yang dilakukan oleh perusahaan Ubisoft dimana mereka menyerahkan bagian desain naratif dan penulis cerita kepada AI.

Swen Vincke juga memberikan pendapatnya bahwa dia lebih baik merekrut Writer baru dan tidak menggunakan ChatGPT untuk membuat dialog dalam cerita. Berikut ini pernyataannya.

Kami merekrut Writer, jadi kami tidak membutuhkan ChatGPT menulis dialognya. Tetapi, kalau boleh jujur, aku melihat beberapa penggunaan Generative AI. Aku tidak membeli NPC yang dibuat secara full secara Generated.

Aku membeli lebih banyak sesuatu yang dibuat dan kemudian kamu memiliki AI untuk melakukan peningkatan. Dan itu seharusnya diselesaikan dengan cara yang tidak terlihat, jadi kalian tidak tahu itu telah diubah.

Swen Vincke

Itulah informasi mengenai pendapat Swen Vincke selaku Founder dan CEO Larian Studios mengenai potensi AI tetapi tidak ingin teknologi tersebut mengerjakan dialog cerita gamenya. Bagaimana menurut kalian dengan pendapat dari Swen Vincke?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Larian Studios atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version