Launcher Epic Games Store Diketahui Bisa Sangat Cepat Menguras Baterai Laptop?

in , , ,
H7us39fz6qcpasgx2t9rgn

Epic Games Store merupakan toko game digital milik Tim Sweeney yang didirikan pada tahun 2018. Mereka juga bisa dibilang punya cara tersendiri untuk mengajak para pemain datang ke tokonya, yakni dengan membagikan game gratis dari beberapa developer indie dan ternama. Di luar hal itu, ada kalanya launcher milik Epic Games juga sempat mengalami adanya kendala. Seperti baru-baru ini, launcher mereka dikabarkan dapat menyedot baterai dengan sangat cepat.

Kabar tersebut datang dari PCWorld.com oleh senior editor mereka bernama Mark Hachman yang tengah menguji coba pada laptop 2-in-1 milik Microsoft yang menggunakan processor dari Intel Tiger Lake. Beliau menemukan kejanggalan itu ketika ia sedang menguji ketahanan baterai pada laptop 2-in-1 dari Microsoft. Tak lama kemudian, Mark menemukan suatu hasil yang tidak konsisten. Karena setelah ia menguji untuk ke-3 kalinya, laptopnya memberikan hasil yang berbeda dengan uji pertama dan kedua.

5ebdebd95a0b5

Setelah sempat mencoba berulang kali hingga terpaksa sampai mereset laptop 2-in-1 nya untuk mendapatkan hasil seperti uji pertama dan kedua, mereka menemukan sebuah kejanggalan setelah mengunduh dan menyembunyikan Epic Games Store di taskbar.

Mulanya mereka sedikit terkejut karena satu aplikasi dapat berdampak sangat besar terhadap pemakaian baterai di laptop. Tak lama berselang, mereka langsung menguji coba laptop 2-in-1 laptop tersebut dengan cara membandingkan berapa persen yang akan dikonsumsi ketika launcher Epic Games diluncurkan dan dimatikan.

Hasilnya pun sangat berbeda dengan ketika ia tak menggunakan launcher milik Epic. Namun ketika Epic Games Store dijalankan, Mark klaim bahwa aplikasi tersebut mampu menyedot 20 persen baterai dalam kurun waktu selama dua jam lamanya.

Epic Games Store Battery Life Tests Surface Laptop 3 Ryzen 100879655 Orig
Sumber: PCWorld
Epic Games Store Battery Life Tests Add Surface Laptop 7 100879656 Orig
Sumber: PCWorld

Penasaran akan masifnya daya yang disedot, beliau juga langsung menguji pada laptop yang berbasis AMD Ryzen dan hasilnya pun tidak jauh berbeda dengan laptop milik Microsoft yang menggunakan processor Intel Tiger lake.

Karena daya yang diperlukan cukup besar, tim dari Mark Hachman langsung berinisiatif untuk menginformasikan hal tersebut menuju Epic Games. Salah satu perwakilan dari Epic Games lantas menjawab bahwa mereka sedang berupaya untuk meningkatkan kinerja dan mengurangi penggunaan daya launcher-nya.

Dengan munculnya permasalahan seperti di atas, semoga Epic Games dapat segera memberikan patch untuk memperbaiki dan mengoptimalkan launcher-nya. Sehingga para gamer laptop tak perlu lagi khawatir melihat baterai laptop mereka tersedot dengan sangat cepat.


Baca lebih lanjut tentang game Epic Games, dan juga ikuti berita-berita lainnya seputar Video Game bersama saya, Daffa Dhiya. For press release and further collaboration, Contact me at [email protected]

Daffa Dhiya

Written by Daffa Dhiya

Seorang Manusia yang lahir di bulan Desember, saat kecil sering memainkan game - game konsol, dan kini berpindah menuju PC dan mempunyai kesenangan terhadap Racing games, dan Adventure, Interactive games.