Lead Designer Skyrim Ungkap Semua Ide Harus Disetujui Todd Howard Dulu

Bruce Nesmith Lead Designer Skyrim

Bruce Nesmith Lead Designer Skyrim Todd Howard telah menjadi wajah utama Bethesda sejak The Elder Scrolls IV: Oblivion. Tak hanya dikenal akan karismanya di depan publik dan juga cara efektifnya memasarkan game, Todd juga dikenal sebagai “pembohong” di mata gamer lewat beberapa janji yang terlalu dilebih-lebihkan atau tidak muncul sama sekali di versi rilis.

Meskipun demikian, Todd Howard tetap disenangi oleh gamer karena game-game yang dirilis pada akhirnya tetaplah adiktif untuk dimainkan berjam-jam. Dan kesuksesannya sejak Oblivion membuatnya dipercaya sebagai direktur hampir semua proyek game Bethesda.

Lead Designer Skyrim Ungkap Bagaimana Proses Ide Harus Disetujui oleh Todd Howard Dulu

Lead Designer game Skyrim mengungkap bagaimana prosedur ide dibuat saat pengembangan

Namun tampaknya kepercayaan kepada Todd Howard ini tidak selalunya berdampak positif untuk developer lain di studio tersebut. Bruce Nesmith selaku Lead Designer game The Elder Scrolls V: Skyrim yang kini telah hengkang dari Bethesda curhatkan kepada MinnMax bahwa kepercayaan perusahaan kepada Todd membuat struktur organisasi yang tidak seimbang.

Menurutnya, semua keputusan dan ide baru harus mendapat persetujuan dari Howard terlebih dahulu. Apapun yang bukan formula klasik Bethesda tidak akan diteruskan ke produksi apabila Todd tidak menyukainya.

Bruce Nesmith

“Semua keputusan bergantung pada Todd. Dia akan membenci, benci, benci saya untuk mengatakan ini karena dia tidak percaya kalau ini benar, sayangnya inilah yang terjadi. Jika kamu ingin miliki sesuatu yang berbeda, lain dari ‘yang biasa Bethesda lakukan’ pada aspek tertentu atau kamu ingin mengajukan sesuatu, itu harus menghadapinya dulu.”

Bruce Nesmith

Bruce akui bahwa Todd sendiri terlihat tidak ingin menjadi pembatas para developer lain. Dia tak ingin menjadi orang yang harus dikonsultasi ketika ingin lakukan sesuatu, namun kenyataannya ialah perusahaan begitu mempercayainya dalam membuat keputusan.

Budaya ini menjadi faktor utama mengapa deretan game Bethesda terlihat begitu sama mulai dari The Elder Scrolls hingga Starfield. Formula ini mungkin efektif dulu, tetapi gamer mulai menemukan repetisi yang monoton.

Alasan Howard Dipercayai Menurut Sang Mantan Developer Bethesda

Todd Howard

Pada satu sisi, Bruce begitu mengerti mengapa Todd Howard begitu dipercayai oleh perusahaan. Menurutnya Todd memiliki kemampuan unik di mana ia mampu menaruh dirinya dalam posisi mayoritas gamer mulai dari yang hardcore hingga casual.

Baginya ia mampu membuat game dengan perspektifnya sebagai “joe average player” yang alhasil membuatnya mampu memunculkan ide-ide apa saja yang bakal membuat sebuah game dapat terus menarik perhatian pemainnya dalam waktu lama.

Sayangnya superpower ini menjadi bottleneck untuk perusahaan tersebut. Dipadukan dengan skala perusahaan yang semakin besar, deretan proyek dikerjakan sekaligus, 6 studio dibangun, tak hanya formula sukses lama mulai melonggar tetapi Todd sendiri semakin sulit untuk ditemui.

Dulu studio akan fokus pada satu proyek dan Todd Howard akan selalu ada untuk membantu. Kini hal yang sama sulit dicapai ketika ia harus pindah sana sini dan kerjakan beberapa produksi game sekaligus.

“Kamu tidak dapat berinteraksi dengan Todd sesering dulu lagi. Ketika kamu jalankan 6 studio berbeda dan punya belasan proyek – meski biasanya dijalankan satu persatu dari yang terbesar, kamu tahu, dia itu hanya satu manusia, dia tidak punya kesempatan bertemu sesering dulu lagi.”

Bruce Nesmith

Baca pula informasi Gamebrott lainnya tentang Skyrim beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version