Sudah Tidak Dipegang Garena, League of Legends Server SEA akan Diurus Langsung oleh Riot

League of Legends Server SEA

League of Legends Server SEALeague of Legends (LOL)  merupakan game moba yang sangat popular di dunia. Walaupun telah berhasil mengkokohkan posisi mereka dalam jajaran pasar moba dunia, terdapat satu regional yang sulit untuk di penetrasi oleh game keluaran Riot Games ini, yaitu Asia Tenggara.

Di region ini, League of Legends dipasarkan oleh publisher asal Singapura yaitu Garena sejak tahun 2010. Dibawah Garena, game ini berhasil menjadi pemain utama di 3 negara, yaitu Vietnam, Taiwan dan Hongkong. Sayangnya selama 12 tahun tersebut pasar LOL di Asia Tenggara bisa dibilang jalan ditempat.

Perbedaan konten seperti event dan harga skin yang tidak memiliki standar harga yang sama dengan server lainnya disinyalir menjadi salah satu faktor yang menghambat perkembangan game ini. Banyak pemain yang telah lama mengkritik Garena selaku publisher karena kebijakan tersebut, bahkan mereka berharap agar Riot dapat mengambil alih pemasaran game ini di SEA. Beruntungnya, walaupun terlambat, doa para pemain ini akan segera terkabulkan.

Setelah sukses dengan perilisan Wild Rift dan Valorant, Riot dengan sigap meneruskan momentum ini untuk memperkokoh kehadiran mereka di Asia Tenggara. Terbukti gebrakan besar kembali mereka ciptakan dengan mengumukan akan mengambil alih pemasaran League of Legends dan Team Fight Tactics (TFT) dari Garena setelah 12 tahun menjalin kerjasama dengan publisher asal Singapura tersebut. kebijakan ini merupakan usaha lanjutan dari developer asal Amerika Serikat ini untuk terus meningkatkan present mereka di regonal  Asia Tenggara.

Riot Games Ambil Alih League of Legends Server SEA dan TFT dari Garena

Riot Games Ambil Alih Lol dan Tft Dari Garena

Meneruskan kesuksesan perilisan Wild Rift dan Valorant, Riot Games mengumumkan akan mengambil alih pemasaran League of Legends dan Team Fight Tactics dari Garena setelah 12 tahun menjalin kerjasama dengan publisher asal Singapura tersebut. Pengambil alihan ini akan mulai dilaksakan secara penuh pada bulan Janurai 2023 mendatang. Proses ambil alih game tersebut di Asia Tenggara ini akan memastikan bahwa pemain akan mendapatkan pengalaman yang sama dengan region lainnya dari berbagai aspek. Selain server, Riot juga akan ambil alih pengelolaan liga Esport di regional tersebut.

Mengikuti aturan yang berlaku di negara tersebut, khusus untuk negara Vietnam dan Taiwan, VNGGames (Vietnam) dan Taiwan Mobile ditunjuk sebagai publisher kedua game tersebut .

Menurut Alex Kraynov selaku Managing Director Riot Games untuk regional Asia Pasifik, transisi ini merupakan bagian dari rencana ekspansi Riot di regoinal Asia Pasifik. Saat ini Riot tengah membangun kantor lokal di Filipina, Indonesia, Malaysia dan Thailand dengan tujuan memperkuat kehadiran mereka di pasar Asia Tenggara.

Kami terus melanjutkan fokus kami sebagai perusahaan yang berpusat pada pemain kami di seluruh dunia, kami berharap dapat terus memberikan pengalaman yang baik dan bermakna kepada para pemain  kami. Kami juga berharap dapat melihat pemain kami mendapatkan keuntungan dari penggabungan ekosistem Riot ini

Alex Kraynov

langkah ini diharapkan dapat memberikan pelayanan, infrastruktur, dukungan terhadap komunitas dan proses lokalisasi yang lebih baik di Asia Tenggara dengan tujuan utama untuk memberikan pengalaman bermain yang terbaik.

Proses Migrasi akun dan keuntungannya

Migrasi akun League of Legends dan Team Fight Tactics

Sebagai bagian dari transisi ini, Riot akan meluncurkan server baru untuk kedua game ini untuk Asia Tenggara per Januari 2023 bersamaan dengan penutupan server Garena. Dengan kata lain mulai tahun depan pemain memerlukan akun Riot untuk dapat mengakses game tersebut.

Guna mengkompensasi pemain lama, Riot dan Garena memfasilitasi proses migrasi akun. Proses migrasi akan dimulai  pada 18 November 2022 ini. Adapun data yang dapat di transfer ke akun baru adalah sebagai berikut:

Informasi terkait mekanisme migrasi akun bisa kalian lihat di sini. Kedepannya pemain dapat mengakses kedua game tersebut melalui aplikasi Riot Client. Untuk pemain yang telah memiliki akun Riot yang digunakan untuk game lain seperti Valorant dan Wildrift dapat mentransfer data akun lamanya ke akun tersebut. Sedangkan untuk pemain yang telah memiliki akun Riot untuk memainkan League of Legends dan Team Fight Tactics di region lain bisa melakukan migrasi server ke Asia Tenggara dengan akun yang sama.

Nantinya pemain yang telah melakukan migrasin akun akan mendapatkan hadiah in-game. Semakin cepat pemain melakukan migrasi, semakin banyak hadiah yang akan di dapatkan. Nantinya juga akan hadir event khusus di regional Asia Tenggara menyambut perilisan server baru ini.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Riot Games atau artikel lainnya dari Friliando. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version