Lebih dari Ratusan Akun PSN Tidak Bisa Diakses, Sony Bantah Mereka Terkena Serangan Hacker

in ,

Bila kemarin kami mengabarkan soal kasus Playstation 4 Pro yang meleleh ketika digunakan, dimana kasus itu sendiri tidak mengalami perkembangan karena tidak ada pengguna lain yang mengalami kasus serupa. Maka kasus yang satu ini bukan hanya menimpa 1 atau 2 orang, bahkan hal ini menimpa lebih dari 100 pengguna Playstation Network atau PSN di seluruh dunia.

gdewfrefd

Dikabarkan oleh kantor berita BBC bahwa semenjak beberapa hari yang lalu bahwa banyak dari para pengguna PSN yang melaporkan lewat twitter resmi customer service dari Playstation di  bahwa akun mereka terkunci dan mereka tidak bisa masuk ke dalam akunnya sendiri. Beberapa pengguna yang telah berhasil Login pun mendapati bahwa wallet yang mereka miliki menghilang. Memang tidak semua pengguna mengalami masalah ini, namun tetap saja pengguna yang terkena tidak sedikit dan mengalami dalam waktu yang hampir bersamaan.

Di lain pihak, Sony membantah bahwa mereka telah terkena serangan hacker dan mengatakan bahwa kemungkinan penyebab hal tersebut adalah karena mereka (Sony) secara rutin memonitor aktifitas-aktifitas tidak biasa di para pengguna mereka, dan bila ada aktifitas aneh yang terdeteksi maka mereka akan me-reset ulang password akun tersebut unutk menjaga pengguna dan informasi akun mereka.

Sony juga menyarankan agar para penggunanya untuk tetap mengawasi akun mereka dari aktifitas yang tidak biasa dan menghindari memasukkan nama dan password PSN mereka ke situs promosi unofficial yang kemungkinan besar merupakan situs phishing.

Pada update terbaru para pengguna melaporkan bahwa mereka akhirnya mendapat notifikasi bahwa ID mereka telah berhasil diganti meskipun mereka tidak menggantinya. Sedangkan tautan yang disertakan di dalam email yang seharusnya digunakan untuk mengembalikan akun mereka tidak dapat diakses. Permasalahan inipun masih terjadi hingga sekarang dan kamu bisa mengeceknya dengan mencari tweet yang menuju @AskPlayStation dan akun serupa lainnya.

Hingga sekarang belum ada kabar bahwa informasi akun-akun yang tidak bisa diakses tersebut disebarkan, sehingga kemungkinan bahwa tindakan ini adalah ulah para hacker yang mencari kemungkinan masih kecil. Meskipun masih ada kemungkinan bahwa pelakunya hanya melakukannya untuk bersenang-senang. Sony pun masih belum bisa mengkonfirmasi di region mana sajakah permasalahan ini terjadi yang pasti mayoritas pengguna yang terkena ada di wilayah Inggris dan Amerika Serikat. Untuk kamu sendiri para pengguna Playstation 4, adakah yang terkena permasalahan ini?

sumber: BBC

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at galihka@gamebrott.com