Lebih dari Setengah Populasi Gamer Mobile Dunia Didominasi oleh Region Asia

Mobile Gaming

Kemajuan teknologi tentunya turut mendorong majunya industri hiburan seperti video game misalnya. Ketika ukuran konsol cenderung semakin besar dari generasi ke generasi untuk menghadirkan game dengan sistem yang lebih kompleks, teknologi juga memajukan ponsel seluler menjadi ponsel pintar yang kini mendukung pengalaman bermain video game yang lebih konvensional dalam genggaman penggunanya.

Walau video game pada platform mobile sendiri terbilang masuk dalam segmentasi kasual, sebuah laporan penelitian yang dilakukan oleh DFC ternyata menunjukkan data bahwa 44% gamer dunia datang dari platform mobile. PC masih mendominasi dengan jumlah pemain mencapai 48% dan 8% sisanya datang dari pemain konsol, namun data tersebut juga mengklaim bahwa platform mobile miliki pertumbuhan konsumen paling cepat jika dibandingkan dengan platform lainnya.

Yang menariknya, data dari DFC ini juga menunjukkan bahwa lebih dari setengah populasi gamer mobile tersebut ternyata datang dari region Asia dengan jumlah 53%, diikuti dengan region Eropa yang mencapai 17%, Amerika Latin 11%, Timur Tengah 7% dan Amerika Utara 4%.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Tidak terlalu mengejutkan memang melihat bahwa negara-negara Asia lah yang mendominasi lebih dari setengah populasi gamer mobile dunia. Di Indonesia sendiri kita bisa melihat bahwa game mobile seperti PUBG, Mobile Legends, Free Fire dan game-game serupa lainnya masih sangat digandrungi oleh masyarakat. Kemudian game ber-gacha sendiri juga cukup populer, terutama di China yang populasi penduduknya sendiri mencapai sekitar 1,4 miliar penduduk.

Arknights

Terlepas dari itu semua, data ini tentu menunjukkan bahwa industri video game sendiri telah berkembang pesat dalam satu dekade terakhir. Sudah ada sekitar 3,1 miliar orang dari berbagai belahan dunia yang sudah mencicipi video game, dimana jumlah tersebut tentunya hampir setengah dari populasi masyarakat bumi. Dan tidak bisa dipungkiri bahwa platform mobile menjadi yang terdepan dalam hadirkan akses mudah bagi masyarakat yang awam terhadap video game.


Baca juga informasi menarik atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version