Lebih Fokus ke Pengembangan Game, Pendapatan CD Projekt Alami Penurunan Drastis

in

Untungnya, masih tetap dalam “garis” yang aman

Jika kalian sudah menyaksikan trailer gameplay berdurasi 48 menit yang telah CD Projekt Red tunjukan dari game Cyberpunk 2077, kita semua bisa melihat keseriusan yang ingin dibawa CD Projekt dalam mengembangkan game ini. Namun, dibalik hasil presentasi game teranyar mereka yang terbukti berhasil memukau jutaan pasang mata, misteri selanjutnya yang harus dipecahkan adalah mengenai kapan, kapan game Cyberpunk 2077 bisa kamu mainkan langsung di platform-platform kesayanganmu ?

Terlepas dari apapun perkiraan yang telah mengemuka, tahun 2019 jelas tidak akan menjadi tahun yang santai bagi CD Projekt. Dilansir dari laporan finansial yang baru-baru ini mereka beberkan, terdapat cukup banyak penurunan omset yang harus mereka terima di tahun 2018 kemarin. Tidak main-main, jumlah presentasenya pun hampir mencapai separuh dari yang sudah CD Projekt raih di tahun 2017 lalu.

Dari jumlah keuntungan bersih sekitar 200,27 juta PLN (mata uang Polandia) atau sekitar 52,5 juta USD di tahun 2017, turun dengan cukup anjlok ke angka 109.334 juta PLN atau 28,6 juta USD pada tahun 2018. Hasil finansial tersebut untungnya masih tetap digolongkan sehat menurut standar minimum yang sudah ditetapkan CD Projekt.

Meski memang hasil penjualan produk juga ikut menurun, Pitor Nielubowic selaku Chief Financial Officer CD Projekt mengungkapkan bahwa banyaknya pengeluaran untuk keperluan marketing, publishing, hingga biaya di sektor pengembangan adalah faktor-faktor penting yang membuat mereka kesulitan meraup banyak profit. Di tahun 2018, telah dikabarkan bahwa CD Projekt mengalokasikan 70% pengeluaran di sektor pengembangan proyek.

Lewat bagan yang terpisah, CD Projekt juga menjelaskan bahwa di tahun lalu mereka telah mengeluarkan uang sebesar 242,8 juta PLN (63.7 juta USD) untuk membiayai dana pengembangan proyek game. Selain pastinya untuk menyelesaikan pengerjaan Cyberpunk 2077, mereka kabarnya juga mendapat tambahan tugas proyek lain dalam menggarap suatu game RPG AAA baru yang ditargetkan siap rilis pada tahun 2021 nanti.

Apa yang telah dilakukan oleh CD Projekt ini jelas merupakan suatu bentuk langkah investasi ambisius mereka di kancah industri video game. Dengan banyaknya materi yang harus mereka korbankan demi membuat Cyberpunk 2077 dan game AAA misteriusnya bisa segera rampung, tentu cukup menarik untuk melihat seperti apakah hasil kerja keras yang akan segera CD Projekt bawa kepada kita semua.

Sumber: CD Projekt (via Tweaktown)


Baca pula informasi lain terkait CD Projekt, beserta dengan kabar-kabar menarik seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.

Ido Limando

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: [email protected]

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.