Mantan Dev. Valve Sebut Left 4 Dead 2 Dibuat Karena Game Pertama Dinilai “Rusak”

Mantan Dev Valve Sebut Left 4 Dead 2 Dibuat Karena Game Pertama Dinilai "Rusak"

Left 4 Dead bisa dikatakan menjadi salah satu game ber-genre zombie co-op yang begitu populer. Game garpaan developer Valve tersebut hingga saat ini masih begitu diminati dan aktif dimainkan komunitasnya meski developer tak lagi secara resmi memberikan update konten.

Banyak game terinspirasi dan bahkan mencoba mereplika pengalaman yang ditawarkan oleh Left 4 Dead, tetapi banyak di antaranya gagal untuk mencapai resepsi dan relevansi seperti yang game keluaran tahun 2009 ini dapatkan.

Mantan Dev Valve Sebut Left 4 Dead 2 Dibuat Karena Game Pertama Dinilai “Rusak”

Mantan Dev Valve Sebut Left 4 Dead 2 Dibuat Karena Game Pertama Dinilai “Rusak”

Nyaris 15 tahun sejak perilisan game pertama, Chet Faliszek selaku penulis utama dari game ini belakangan bagikan beberapa hal yang terjadi di balik layar produksi game tersebut. Salah satu yang paling menarik perhatian ialah alasan di balik pembuatan sekuel yang secara sekilas tak terlihat berbeda sama sekali dari game pertama mau itu dari segi visual maupun juga skala produksi game.

Menurut Chet, game kedua langsung dikerjakan oleh Valve karena game pertama dinilai begitu “rusak”. Banyak masalah teknis yang sering terjadi mulai dari game memuat dua atau tiga level sekaligus di background, model pemain yang hilang begitu saja, dan berbagai masalah teknis lain.

Banyaknya komplikasi pada segi teknis membuat semua developer di Valve dan juga Turtle Rock Studios enggan menyentuh game tersebut usai rilis. Implementasi mod support bahkan dinilai mustahil saat itu.

Oleh karena alasan tersebut, Valve langsung memperbarui Source Engine sekaligus membangun Left 4 Dead 2 dan proyek-proyek game lainnya secara bersamaan. Perbaruan engine ini mengatasi banyak masalah yang terjadi di game pertama meskipun banyak di antaranya tidak begitu disadari oleh pemain.

Saking lebih baiknya sekuel ini, konten dari game pertama pada akhirnya dibawa ke game kedua, memberikan kecil alasan untuk developer dan juga gamer menyentuh kembali game pertama.

Masih Terus Aktif Dimainkan Hingga Saat Ini

Left 4 Dead

Left 4 Dead 2 dirilis pada tahun 2009, satu tahun setelah game pertama dan juga telah berusia nyaris 14 tahun sekarang ini. Meskipun sudah satu dekade lebih dan juga tidak lagi mendapat update baru dari Valve, game ini masih terus aktif dimainkan komunitas Steam.

Dikutip dari data Steam Charts, Left 4 Dead 2 masih dimainkan oleh lebih dari 20 ribu pemain setiap harinya dan sering mencapai angka 70 ribu ke atas. Bermodalkan konten dari modder yang terus bertambah setiap harinya, game ini terus berjaya di deretan game co-op terbaru yang rilis selama beberapa tahun terakhir.

Bahkan Back 4 Blood, game yang dicap sebagai suksesor dari L4D dan digarap oleh studio yang sama gagal untuk mencapai kesuksesan game ini. Absennya dukungan mod menjadi salah satu alasan besar cepatnya lenyap relevansi game tersebut.


Baca pula informasi Gamebrott lainnya tentang Game Terbaik beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version