Left Alive Perkenalkan Cerita, Tokoh, dan Wanzer; “Penerus” Front Mission?

in , ,
Bagaimana cerita gamenya?

Dikenalkan dengan berbagai nama besar yang pernah menggarap Armored Core maupun Metal Gear, IP terbaru Square-Enix Left Alive disebut akan menjadi “penerus” game robot yang pernah mereka buat sebelumnya, Front Mission. Namun sayang, hanya sedikit informasi yang bisa didapatkan sejak trailer keduanya diumumkan. Kabar baiknya, perusahaan yang terkenal dengan game JRPGnya tersebut akhirnya beberkan segelintir kisah dan karakternya.


Melalui majalah Famitsu Jepang, Square-Enix jabarkan kisah Left Alive yang bersetting di daerah laut hitam pada tahun 2127. Dikisahkan bahwa Garmoniya Republic (kami tulis sesuai kanjinya) mendadak mendeklarasikan perang melawan Lutenia Republic dengan menjajah salah satu kotanya Novaslava. Mendapatkan serangan dadakan tersebut, pasukan Lutenia mulai terpojok dan berada pada penghujung kekalahannya. Namun dari serangan tersebut muncullah beberapa orang yang beranggapan bahwa perjuangan mereka belum berakhir. Dari sinilah ceritamu dimulai.

Kamu akan berperan menjadi salah satu dari tiga tokoh utama yang diperkenalkan dalam game ini. Layaknya game action pada umumnya, kamu akan mengendalikan tentara dan Wanzer untuk melawan musuh-musuhmu. Kemampuanmu untuk bisa mengendalikan robot bernama Wanzer (Wander Panzer) tersebut tentu akan mengingatkanmu pada game robot Square-Enix lain, Front Mission yang menyebutnya dengan istilah yang sama. Keperluanmu seperti peluru dan yang lain akan miliki jumlah terbatas, jadi kamu akan perlu untuk menghematnya sebisa mungkin.

Pertempuranmu bisa kamu lakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan stealth lalu menghindari musuh-musuhmu, atau langsung menyerangnya. Namun perlu diingat, setiap stage akan dipenuhi musuh yang siap melumpuhkanmu.

Selain bertempur, kamu juga akan bisa mengumpulkan item untuk crafting beberapa gadget yang akan membantumu dalam pertempuran. Misalnya saja membuat trap atau sonar yang akan memberitahumu letak musuhmu.

Di tengah pertempuran, kamu akan bisa menjalankan sub-quest baik otomatis maupun manual dengan berbicara kepada NPC. Semua pilihan quest diserahkan kepadamu, apakah kamu akan menolong warga sipil atau membiarkannya begitu saja a.k.a skip sub-quest.

World

Front-Mission World

Seperti yang telah kamu baca sendiri sebelumnya, game ini miliki Wanzer sebagai robot yang bisa kamu kendalikan, yang tentunya mengingatkanmu pada dunia Front Mission. Pada kenyataannya dunianya memang satu dunia dengan game robot Square-Enix yang sempat terkenal tersebut. Ia bersetting di pertengahan Front Mission 5 dan Front Mission Evolved.

Wanzer – Wander Panzer

Sama seperti seri Front Mission, game ini miliki Wanzer atau Wander Panzer yang menjadi momok berbahaya bagimu. Ia merupakan robot bersenjatakan rifle dan senjata berat lain yang sangat berbahaya jika dihadapi tanpa menggunakan teknologi yang sama. Kamu hanyalah seorang tentara yang tak miliki apapun termasuk Wanzer. Yang bisa kamu lakukan untuk mengalahkannya adalah mencurinya dari musuh dan menggunakannya untuk menghancurkan Wanzer musuhmu. Beberapa Wanzer dari seri Front Mission juga akan muncul di sini.

Left Alive

Nama Left Alive diambil dari kisah drama seorang tentara Lutenia dengan segala keterbatasannya (peluru dan yang lain) untuk bertahan hidup di medan perang. Game ini akan memiliki satu ending, namun dalam prosesnya, semua konsekuensi untuk menuju ending tersebut akan tergantung dari keputusan yang kamu pilih.

Characters

1. Mikhail Alexandrovich Shuvalov

Seorang pilot wanzer dari squadron pertahanan Lutenia yang miliki kemampuan tinggi, namun sering melanggar aturan yang diberikan. Ia dikenal sebagai biang masalah di divisinya. Penyerangan pasukan Garmonia terhadap kota Novaslava buat ia dan pasukannya yang kala itu mempertahankannya, harus terpukul mundur dan menyisakannya seorang diri setelah berhasil menyelamatkan diri dari wanzernya yang nyaris hancur.

2. Origa Sergevna Kalinina

Polisi perempuan kota Novaslava yang merupakan mantan pilot wanzer Garmoniya Republic. Konflik berdarah pasukan liberasi di Novaslava buat Origa kehilangan anak perempuan satu-satunya, dan menjadi awal mula ia keluar dari pasukan tersebut untuk berkarir sebagai polisi di Novaslava setelah ia menjadi warganya. Ia merupakan polisi yang luar biasa hebat yang sering menjalankan misinya sendirian, meskipun dinilai bahwa keputusannya cukup berbahaya. Saat ini ia sedang mengejar kasus jual-beli manusia yang terjadi di Novaslava.

3. Leonid Vodrovich Ostellman

Mantan tentara bayaran yang menjadi anggota eksekutif dari sebuah grup liberasi bernama NGFP. Ia merupakan salah satu anggota yang berperan penting dalam menyatukan grupnya. Sayangnya, ia kemudian difitnah menjadi pembunuh saat pemimpin NGFP terbunuh dan akan dijatuhi hukuman mati. Merasa tidak bersalah Leonid memalsukan kematiannya dan kabur dari pertempuran yang sedang berkecamuk kala itu. Setelah insiden tersebut, ia menjadi kehilangan arah dan tak mengerti tujuan hidupnya.

Left Alive akan dirilis tanggal 28 Februari 2019 mendatang di PC dan PlayStation 4 di Jepang. Saat ini kamu bisa memesan salah satu dari dua edisi, dari standard hingga Ultimate Edition berisi artbook, concept art, BGM, soundtrack, dan figurine asli dari Wanzer baru bernama Valk akan bisa kamu dapatkan jika kamu membeli edisi yang dibanderol seharga 27,000 yen atau sekitar 3.5 juta rupiah tersebut. Belum ada informasi kapan versi Inggrisnya akan dirilis.

Written by Ayyadana Akbar

Sr. Writer and Video Editor.
Mostly will cover PC/Console Japanese game, RPG, and shooter games.
Contact him at [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.