Lelucon Menyinggung Penonton Cina, Sutradara Film Monster Hunter Minta Maaf

Monster Hunter Movie Posters 1582816705158 (1)

Minggu lalu, film adaptasi dari Monster Hunter menuai kontroversi di Cina pada awal peluncurannya. Pada salah satu adegan di film, kedua karakter tentara di game saling bercanda dengan lelucon yang tak disangka akan memancing emosi para audiens di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Lelucon sebenarnya hanya permainan ritma semata. Pada salah satu adegan di film, karakter yang dimainkan aktor Asian-Amerika Jin Au-Yeun bertanya “what kinda knees are these?”, setelah tiada respon selama beberapa detik, dia menjawab sendiri “Chi-knees” yang merupakan plesetan dari “Chinese”.

Film kemudian menuai kritik panas dari audiens Cina hanya karena adegan dialog yang berlangsung beberapa menit tersebut. Protes akan lelucon tersebut sempat menyebar ke Monster Hunter World jadi korban review-bomb di Steam yang dimana Valve langsung mengatasinya dengan mengecap semua review protes tersebut sebagai “off-topic”

Paul W.S. Anderson, sutradara dari film adaptasi ini, menyampaikan permohonan maafnya atas kesalahan tersebut dan umumkan bawha adegan tersebut telah diedit ulang dan lelucon sudah tidak ada lagi.

“Saya merasa sangat hancur melihat bahwa salah satu baris [dialog] di film kami, Monster Hunter, telah menyinggung audiens kami di Cina. Saya memohon maaf atas kegelisahan dan amarah yang disebabkan oleh baris tersebut. Monster Hunter dibuat menjadi film menyenangkan dan menghibur dan saya sangat malu telah menyebabkan hinaan yang tidak disengaja. Kami telah membuat baris tersebut dari film. Tidak pernah menjadi maksud kami untuk mengirimkan pesan diskriminasi dari tidak hormat kepada siapapun. Bahkan seharusnya film kami ialah tentang menyatukan sesama,” jelas Paul W.S. Anderson kepada Deadline.

Selain dari permohonan maaf dari sang sutradara, sang aktor Jin Au-Yeung yang mengucapkan lelucon tersebut di film juga telah merilis penjelasannya di Instagram. Ia menjelaskan bahwa tidak ada maksud buruk apapun yang muncul dari lelucon tersebut, namun pada akhirnya ia tetap memohon maaf bagi penonton yang merasa tersinggung.

Film Mpnster Hunter sempat ditarik dari bioskop Cina karena lelucon yang hanya berlangsung beberapa detik ini. Kini film mungkin akan kembali setelah perubahan diterapkan. Film dijadwalkan rilis selain di Cina pada Desember ini.

Exit mobile version