Lenovo Resmi Luncurkan Laptop Layar Lipat Pertama di Dunia, ThinkPad X1 Fold

in ,
5e13fa0000afc

Lenovo, pabrikan laptop asal Taiwan baru saja merilis laptop layar lipat pertamanya, yaitu Lenovo X1 Fold. Laptop ini resmi diluncurkan setelah diperkenalkan pada Januari 2020 lalu.

Lenovo mengklaim jika ThinkPad X1 Fold merupakan laptop pertama di dunia dengan teknologi layar yang dapat dilipat.

Secara spesifikasi, ThinkPad X1 Fold juga tak kalah mumpuni. Laptop ini membawa layar touchscreen berjenis OLED dengan luas 13,3 inch. Laptop ini memiliki resolusi layar 2.048 x 1.536 piksel dan aspect ratio 4:3 ketika dibentangkan.

Selain itu, layar ThinkPad X1 Fold memiliki cakupan color space DCI-P3 sebesar 95 persen dan tingkat kecerahan (brightness) hingga 300 nits.

Sama seperti ponsel layar lipat pada umumnya, ketika layarnya dibentangkan, laptop ini terlihat menyerupai sebuah perangkat tablet dengan ukuran yang lebih besar.

Berbeda ketika layarnya dibentangkan, ketika layarnya ditekuk, ThinkPad X1 Fold dapat berfungsi seperti laptop umum. Karena akan muncul keyboard virtual pada lipatan layar di sisi bawah. Lenovo ThinkPad X1 Fold dibekali dengan sistem operasi Windows 10 dan mendukung konektivitas 5G.

5f74110f5ac52

“Ketika mulai melipatnya, akan ada menu pop-up switch mode yang memungkinkan pengguna membuka dua aplikasi bersandingan. Atau bisa membuka satu layar penuh (portrait), kamu bisa scroll pada bagian lekukan lipatan tanpa ada garis hitam pembatas,” jelas Carly Okerfelt, Worldwide Category Leader Lenovo, dalam event virtual, Selasa (29/9/2020

Untuk chipset, Lenovo ThinkPad X1 Fold ditenagai oleh prosesor Intel Core i5-L16G7 (5 inti CPU, 5 threads) dengan kecepatan clock mencapai 1,4 GHz (base) dan 3,0 GHz (boost), dipadu dengan RAM (LPDDR4X 4.267 Mhz) 8 GB dan SSD hingga 1 TB.

Walau begitu, laptop ini memiliki bobot yang ringan, yaitu 999 gram saja. Lenovo mengklaim baterai laptop ini bisa bertahan selama 8,5 jam serta mendukung fast charging 65 Watt.

Untuk harga, ThinkPad X1 Pro sendiri dilepas seharga mulai dari USD 2.499 atau kisaran Rp 37 juta. Laptop ini sudah dapat di order dengan sistem PO pada sejumlah negara. Saat ini belum ada informasi resmi terkait masuknya laptop ini ke Indonesia.

 

Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

For tech news, tech review, and press release, please contact me at: [email protected]

Rizki Arif Priyanto Nugroho

Written by Rizki Arif Priyanto Nugroho

Seseorang yang mencoba untuk mengamati tentang perkembangan teknologi dan pecinta ponsel pintar berbasis Android, for more information contact : [email protected]