Like a Dragon: Ishin Lebih dari Sekadar Remake ala Kiwami

Like A Dragon Kiwami

Penggemar game Yakuza besutan Ryu Ga Gotoku Studio mungkin tidak asing dengan istilah Kiwami yang mereka gunakan pada game Yakuza Kiwami atau Yakuza Kiwami 2. Namun bagi kamu yang asing dengan istilah tersebut, Kiwami mudahnya sama-sama bisa dipahami sebagai remake.

Jika diterjemahkan secara literal, Kiwami berarti ekstrim, dimana bisa dibilang mewakili perombakan besar-besaran secara teknis maupun visual. Dan kini, predikat Kiwami tersebut hadir kembali untuk salah satu game lama mereka, yakni Yakuza Ishin (2014). Hal tersebut tentu menjawab keinginan para fans internasional karena game originalnya sendiri sepenuhnya hanya tersedia dalam bahasa Jepang.

Memang judul barunya— Like a Dragon: Ishin tidak menyertakan nama Kiwami, namun pada judul versi Jepang-nya sendiri tetap menyematkan predikat tersebut; “Ryu ga Gotoku Restoration! Kiwami”.

Menarik-nya, dari trailer-trailer yang sudah bermunculan, remake kali ini agaknya lebih spesial jika dibandingkan dengan Kiwami sebelumnya. Salah satu yang cukup menonjol adalah, ragam karakter dari semesta Yakuza dibawa kembali untuk meramaikan dunia dalam Ishin.

Melalui story trailer di atas, kamu yang pernah memainkan game-game Yakuza sebelumnya mungkin tidak asing dengan beberapa wajah dari Yakuza pertama (Daisaku Kuze, Hiroki Awano, Keiji Shibusawa dan lain-lain) hingga Yakuza: Like a Dragon (Tianyou Zhou, Akira Mabuchi, Joon-gi Han dan lain-lain).

Lebih lanjut, penggemar game Yakuza juga pastinya menantikan wanita-wanita cantik dari dunia AV Jepang yang diundang untuk membuat gamenya lebih memanjakan mata. Untuk remake Ishin kali ini mereka membawa Yuna Ogura, Kana Momogi dan Yui Hatano, dimana ketiga wanita menawan ini nampaknya akan menemani pemain dalam beberapa mini-game, seperti karaoke misalnya.

Perlu diketahui juga bahwa sang developer sendiri telah mengkonfirmasi akan meninggalkan penggunaan nama Yakuza, dan seterusnya menjadi Like a Dragon. Mungkin untuk menandakan bahwa game gelut brutal ikonik mereka ini akan hadir lebih bervariasi.

Like a Dragon: Ishin rencananya akan dirilis pada 22 Februari 2023 untuk platform PC, PS5, PS4, Series X|S dan Xbox One.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Like a Dragon: Ishin atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version