Luncur Sebentar Lagi, Intel Core i5-12400F Sertakan Cooler Model Terbaru

Intel Alder Lake 12400f

Kehadiran prosesor kubu biru Intel Generasi Ke-12 dengan codename Alder Lake, ternyata membawa perubahan di sana-sini. Penambahan kekuatan memproses instruksi memang penting, namun harus dibarengi dengan penambahan sesuatu yang baru. Luncur sebentar lagi, Intel Core i5-12400F sertakan cooler model terbaru.

Model yang Mungkin Pernah Kita Lihat

Berdasarkan informasi tom’sHardware, Intel dikabarkan akan meluncurkan prosesor Alder Lake varian non-overclocked. Adalah Intel Core i5-12400F, yang baru-baru ini dikabarkan sudah meluncur terlebih dahulu di Peru. Melalui XanxoGaming, sebuah situs lokal dari Peru yang diberikan kehormatan untuk mendapatkan prosesor sampel dari Intel.

Sebelumnya, memang beredar desas-desus di mana raksasa Intel akan membekali cooler baru mereka untuk prosesor dengan codename Alder Lake tersebut. Kini XanxoGaming yang diberi kesempatan untuk lakukan unboxing prosesor anyar tersebut, akan memberikan info mendetil terkait hal ini.

Ternyata, desas-desus tersebut berhasil menjadi kenyataan. Alih-alih dibekali cooler Intel model terdahulu, i5-12400F ini resmi memakai cooler model teranyarnya bernama Laminar RM1.

Pada bagian aluminium fin pada cooler Laminar RM1, terdapat lampu LED berwarna biru yang tekankan warna khas Intel. Saat ini, masih belum jelas bagaimana cara menyalakan lampu LED biru pada cooler tersebut. Informasi detil mengenai cooler ini adalah bahwa fan ini ditenagai oleh 4 Pin (PWM).

Sekilas, model dari cooler ini tampak mirip dengan AMD Wraith Stealth dan Wraith Spire. Entah dikarenakan banyaknya tuntutan dari konsumen setia Intel untuk rubah model cooler, atau memang inisiatif dari raksasa biru itu sendiri.

Intel katakan bahwa cooler Laminar RM1 ini hanya disertakan dalam varian prosesor non-overclockable seperti pada i5-12400F. Sedangkan untuk prosesor varian overclockable macam i5-12600KF dan semua yang berakhiran (suffix) ‘K’ maupun ‘KF’, takkan dibekali cooler sama sekali.

Raksasa biru tekankan bahwa cooler ini memang ditujukan untuk mereka yang tak berencana membeli aftermarket cooler ke depannya.

Dan terkait waktu peluncuran prosesor anyar ini, estimasinya adalah bulan Januari mendatang.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version