Cara Main Game PS2 di Laptop Kentang dengan Mudah dan Tanpa Lag

in , , ,
PCsx2 Laptop Kentang

Di era tahun 2000-an, konsol PS2 dikenal membawa segudang pengalaman yang begitu berharga untuk para penikmatnya. Namun seiring dengan perkembangan usia dan zaman, tidak semua orang nampak masih kuat mempertahankan konsol PS2 mereka untuk bisa tetap dimainkan hingga kini. Baik itu karena terlanjur dijual ataupun memang sudah rusak.

Kami sekarang telah resmi hadir di platform Tiktok! Follow akun Tiktok kami di @gamebrott.com untuk menjumpai berbagai informasi serta konten-konten video menarik kami lainnya.

Bila kamu adalah orang yang saat ini merasakan keadaan tersebut, janganlah merasa menyerah bila kamu memang ingin bersikeras kembali menikmati keseruan bermain game PS2. Dengan modal laptop kentang dan settingan emulator yang optimal, kamu tetap bisa kok kembali mewujudkan hasrat nostalgia dengan cara yang telah kami bagikan berikut.

 

Download PCSX2 di Laptop

Pertama-tama, silahkan unduh program PCSX2 melalui laptopmu. Cara untuk download-nya pun mudah. Kamu hanya perlu mengunjungi https://pcsx2.net/ lalu cari tombol “Download Get PCSX2 here” dan pilih OS yang kamu gunakan. Jika sudah memilih OS, langkah selanjutnya adalah men-download PCSX2.

Proses download ini tidak akan memakan banyak waktu. Karena ukuran file-nya hanya sebesar 6,9 MB saja. Jika sudah ter-download, kamu sendiri bisa langsung meng-install software tersebut.

 

Proses Install dan Setup PCSX2 di Laptop

Masuk ke tahap selanjutnya, langsung saja upayakan untuk menginstall PCSX2. Pada saat kamu membuka hasil program yang di-download, nantinya akan ada pilihan “normal installation” dan “portable installation”. Sangat disarankan untuk memilih settingan normal installation dan lanjut saja terus hingga nantinya kamu menemukan configuration seperti yang ada pada gambar berikutnya.

Pada bagian configuration ini, kamu dapat mengklik PAD dan memilihpilih controller yang ingin digunakan untuk bermain, entah itu keyboard ataupun joystick. Jika sudah, klik “next” untuk menuju halaman configuration BIOS.

Kamu sendiri memang tidak bisa langsung memainkan game PS2 di laptop karena PCSX2 selalu membutuhkan BIOS untuk memulainya. Maka, silahkan download BIOS PCSX2 berikut di sini.

Lalu, Silahkan langsung pindahkan file-file BIOS ke dalam folder instalasi seperti yang ada pada gambar di atas.

Setelahnya, kamu bisa kembali ke halaman configuration BIOS dan mengklik “refresh list”. Nantinya, PCSX2 akan otomatis mendeteksi BIOS yang telah ditaruh dalam folder tersebut. Jika sudah ter-load, kamu bisa langsung pilih BIOS USA saja dan mengklik “OK”.

Cara Memainkan game PS2 di Laptop Menggunakan PCSX2

Setelah berhasil melewati tahapan configuration BIOS, nantinya kamu akan dihadapkan dengan tampilan PCSX2 seperti yang ada di atas. Di sini, kamu bisa langsung memilih game-game yang hendak dimainkan.

Namun sebelum bisa memainkan game PS2 di laptop, kamu harus terlebih dulu menngunduh file ISO dari gamenya.

Setelah file iso ter-download, kamu bisa langsung menuju CDVC -> Browse, lalu pilih ISO yang sudah di-download tadi.

Setelah itu, pergi ke “System” dan pilih “Boot/Reboot CDVD (full)”. Nantinya, PCSX2 akan me-load game kamu dan sekarang kamu sudah bisa mulai bermain.

Optimalkan Pengalaman bermain game PS2 di Laptop dengan Menggunakan PCSX2

Agar sesi permainan jadi lebih lancar tanpa lagi, kamu perlu menyediakan waktu untuk melakukan sedikitnya perombakan setting di dalam PCSX2. Perlu diketahui juga, pengoptimalan ini juga bergantung kepada spesifikasi laptop milikmu. Kamu bisa mengklik ke tab “Config” dan pilih “Emulation Setting”.

Pada halaman GS Window, pilih rasio layar yang ingin digunakan. Apabila tidak ingin terganggu dengan tampilan software lainnya, kamu bisa mengambil opsi rasio layar 16:9 dengan saja secara window size sesuai dengan kapabilitas laptop milikmu. Jika sudah selesai ditentukan, hanya tinggal klik “apply” saja.

Langkah selanjutnya, kamu bisa kembali menekan tab “Config” lalu arahkan cursor ke Video (GS) dan klik “Plugin Setting”. Di sini, kamu bisa mengatur daya kemampuan maksimal dari laptop yang dipunya.

Bila kamu tidak mempunyai Direct3D11, kamu bisa menggunakan Direct3D9 (Hardware) atau DirectD10 (Hardware) demi memaksimalkan performa dari game yang dimainkan.

Keuntungan Main PS2 di Laptop

Meski caranya agak terkesan rumit untuk pemula, banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika bermain game-game PS2 di laptop. Seperti bisa bermain di mana saja, hingga aksesbilitasnya tidak perlu menggunakan TV untuk bermain. Selain itu, tampilan grafis apabila menggunakan emulator seperti PCSX2 akan lebih maksimal. Apalagi jika kamu memiliki spesifikasi high-end. Namun, pastikan bahwa kamu memiliki gamepad agar pengalaman bermainmu menjadi lebih maksimal.

Demikianlah cara terbaik bermain game PS2 di laptop untuk kamu yang mungkin rindu dengan konsol kelahiran 2000 ini. Semoga cara tersebut bisa cukup bermanfaat!


Artikel ini diterbitkan pertama kali di Duniagames.co.id dengan judul “Beginilah Cara Main PS2 di Laptop Kentang dengan Mudah, Bonus Pengaturan Anti-Lag!”  yang ditulis oleh Syahdan.

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: [email protected]