Makin Panas, Apple Ancam Epic Games Tak Bisa Bikin Game Pada Platform iOS

in ,
Fortnite Epic Games

Perseteruan antara Epic Games dan Apple kini makin memanas. Dalam sebuah pernyataan, Apple kini mengancam Epic Games untuk mencabut semua akses mereka pada platform iOS.

“Setelah meninjau lebih lanjut aktivitas yang berkaitan dengan keanggotaan Apple Developer Program Anda, kami telah mengidentifikasi beberapa pelanggaran yang Anda buat,” kata Apple dalam sebuah surat yang dikirim kepada Epic Games, dikutip Gamebrott dari MacRumors, Minggu (23/8/2020).

“Oleh karena itu, akun Apple Developer Program Anda akan diblokir jika pelanggaran tersebut tidak dapat diatasi dalam waktu 14 hari ke depan,” imbuh Apple

Apabila Apple memutus seluruh akses Epic Games ke app development tools. Maka Epic Games tidak bisa membuat atau mengembangkan game di platform iOS lagi.

Apple masih memberikan waktu selama 14 hari, atau selambat-lambatnya hingga 28 Agustus 2020. Apple memberikan ultimatum agar Epic Games kembali “tunduk” dengan aturan main yang terangkum dalam Apple Developer Program.

Namun, apabila Epic Games masih “nakal” dan tetap melanggar peraturan Apple. Maka seluruh aplikasi atau game dari Epic Games akan bernasib sama seperti Fortnite.

Apple juga akan memblokir semua akses Epic pada app development tools yang disediakan oleh Apple. Beberapa di antranya seperti software development kit (SDK), application programming interface (API), developer transition kit (DTK), dan masih banyak lagi.

Atas ancaman itu, Epic meresponya dengan meminta pengadilan untuk mencegah Apple melakukan hal tersebut. Karena, apabila hal ini terjadi, Epic mengklaim jika Perusahaan akan turut menggerus reputasi serta reputasi perusahaan secara keseluruhan.

Drama Apple VS Epic sendiri bermula ketika Epic menambahkan metode pembayaran terbaru dari Fortnite tanpa melalui Apps store maupun Google Playstore dengan iming-iming diskon sebesar 20 persen.

Akibatnya, Apple dan Google geram dan menghapus aplikasi Fortnite dari App Store dan Play Store. Sebab, segala transaksi di aplikasi yang terdaftar di kedua toko aplikasi tersebut harus dikelola langsung oleh perusahaan (dan dikenakan pajak 30 persen) dan Epic dianggap telah melanggar peraturan tersebut.

 

Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

For tech news, tech review, and press release, please contact me at: [email protected]
Rizki Arif Priyanto Nugroho

Written by Rizki Arif Priyanto Nugroho

Seseorang yang mencoba untuk mengamati tentang perkembangan teknologi dan pecinta ponsel pintar berbasis Android, for more information contact : [email protected]