Malaysia Gratiskan Internet Selama Masa Lockdown Berlangsung


Seperti yang kita tahu jika saat ini Malaysia tengah melakukan pembatasan wilayah atau Lockdown. Hal ini dilakukan mengingat persebaran virus Corona di negara tersebut sangatlah pesat. Sehingga pilihan untuk menutup sementara negara tersebut diambil untuk memotong atau menghentikan persebaran virus Corona ini.

Untuk mendukung kebijakan ini, Perdana Menteri malaysia membuat sebuah kebijakan dibidang komunikasi. Dalam sebuah pidato, dirinya mengumumkan jika Malaysia akan menggratiskan kuota Internet selama masa Lockdown berlangsung.

“Untuk bidang telekomunikasi dan multimedia, sejumlah paket khusus dirancang melalui kerja sama dengan perusahaan penyedia jasa. Salah satunya penggratisan penggunaan data internet kepada setiap konsumen selama periode lockdown mulai 1 April,” kata PM Muhyiddin seperti dilansir dari laman New Strait Times.

Malaysia memberikan fasilitas ini setelah mereka sukses bekerjasama dengan para operator di negara itu. Kerjasama ini merupakan bagian dari paket stimulus ekonomi bertajuk Prihatin Rakyat. Untuk mendukung paket stimulus ini, khusus untuk menanggung paket data masyarakat, Malaysia secara khusus mengalokasikan dana sebesar Rp 2,2 Triliun.

Selain itu, ada rencana lain terkait fasilitas telekomunikasi. Salah satunya adalah pembangunan jaringan baru maupun peningkatan sarana penunjang. Hal ini dilakukan untuk memperluas jangkauan dan kapabilitas saluran internet. Untuk program ini, Malaysia secara khusus mengalokasikan dana hingga  Rp1,4 triliun.

Saat ini, kasus persebaran virus Corona menjadi yang tertinggi di Asia Tenggara. Menurut data dari Kementrian kesehatan Malaysia(KKM), per Selasa, 31 Maret 2020, saat ini sudah ada 2.766 kasus positif Corona. Dimana ada 43 pasien dilaporkan meninggal dan 537 pasien dinyatakan sembuh.

 


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki