Motherboard Khusus Intel Ini Bisa Terinfeksi Malware CosmicStrand

Malware Cosmicstrand

Dari dulu sampai sekarang, kehadiran dari motherboard ialah untuk naungi prosesor yang merupakan inti dari sebuah personal computer. Goda daya tahan bertahun-tahun, namun tampaknya hal tersebut takkan bertahan lama, karena kami dapati Malware CosmicStrand yang incar motherboard lawas.

Malware CosmicStrand Serbu Motherboard Khusus Intel

Informasi terkait Malware CosmicStrand ini dilaporkan oleh Kaspersky, perusahaan cybersecurity yang terpercaya. Melalui laporan yang bisa kalian baca di sini, malware tersebut incar motherboard besutan Asus dan Gigabyte.

Untuk kerusakannya sendiri bisa dibilang cukup fatal, karena Malware CosmicStrand mampu lumpuhkan komputer milik korban dengan cukup mudah. Kaspersky katakan bahwa saat ini hanya motherboard dengan chipset Intel yang terkena malware tersebut.

Berdasarkan laporan di atas, wujud dari malware ini berupa UEFI Firmware Rootkit yang bolehkannya rasuki celah terdalam dari sebuah komputer. Untuk deteksinya pun termasuk sulit, berikut dengan penanganannya.

Sudah Ada Sedari Dulu

Setelah ditelisik lebih dalam, ternyata Malware CosmicStrand ini sudah ada sedari dulu. Lompat ke lima tahun silam, di mana seorang author asal China berhasil temukannya secara tak terduga.

Di bawah ini adalah grafik di mana malware tersebut menyerang:

Kendati demikian, malware ini ternyata hanya serbu motherboard Intel lawas dengan chipset H81 yang termasuk uzur. UEFI Firmware Rootkit tersebut bersemayam pada firmware dua manufaktur, Asus dan Gigabyte, buatnya berbahaya.

Per 29 Juli 2022, korban berasal dari China, Vietnam, Iran, dan Russia. Bahkan ada yang katakan bahwa Malware CosmicStrand berasal dari China, di mana korban didominasi oleh individu.

Meski sudah ada sedari dulu, namun malware ini masih belum ditemukan obatnya, buatnya beresiko. Kaspersky pun tegaskan bahwa sebaiknya hindari motherboard dari dua brand tersebut demi kebaikan bersama.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version