Mantan Dev. GTA Ungkap Alasan Hadir-nya Easter Egg Bulan Legendaris

Gta Obbe Vermeij

Tidak bisa dipungkiri bahwa GTA—Grand Theft Auto III, Vice City dan Andreas menjadi tiga game yang begitu populer di era PlayStation 2. Walau game-game tersebut dirilis di tahun 2000-an, kenangannya tentu masih terbawa oleh mereka-mereka yang kini mungkin sudah menjalani kehidupan berumah tangga.

Salah satunya yang mungkin cukup memorable dari ketika game besutan Rockstar Games tersebut adalah kehadiran sebuah easter egg yang berhubungan dengan objek bulan dalam gamenya. Ya, jika pemain menembak bulan dengan senjata sniper, maka ukuran bulan tersebut akan terus berubah.

GTA III (via Rockstar Games)

Obbe Vermeij selaku mantan developer di Rockstar belakangan mengungkap alasan hadirnya easter egg menembak bulan tersebut dalam game. Lewat tulisan di blog yang ia buat (kini sudah dihapus namun berhasil diselamatkan oleh netizen), perbedaan pendapat di antara tim ternyata artist menjadi pemicu utamanya.

Ketika Vermeij menerima tekstur bulan dari tim artist saat mengembangkan GTA III, ia langsung meletakkannya di angkasa dengan ukuran yang ia rasa sesuai. Beberapa hari kemudian empat orang dari tim artist mendatanginya dan meminta Vermeij untuk mengubah ukuran bulan tersebut. Namun saat ditanya ingin lebih besar atau lebih kecil, para artist justru berdebat; ada yang ingin lebih besar agak lebih “sinematik” dan ada yang ingin lebih kecil agar lebih “realistik”.

Perdebatan tak kunjung berhenti, Vermeij menyarankan agar ukuran bulan tersebut dapat berubah dalam game. Dan karena saat itu ia sedang mengerjakan senjata sniper, Vermeij memutuskan untuk menembakkannya ke bulan sebagai cara untuk menggantikan ukurannya. Dan benar saja, tim artist tidak lagi mendatanginya untuk penyesuaian lanjutan.

Buat kamu yang asing dengan easter egg tersebut, berikut salah satu penampakannya (via channel YouTube Gaming Fun)

Saya sendiri cukup ingat ketika menemukan easter egg ini ketika memainkan GTA: Vice City di rental, yang mana saat itu juga membuat teman-teman satu rental terkejut dan langsung mencobanya sendiri saat memainkan gamenya.

Nah, bagaimana menurutmu brott tentang easter egg yang sudah berumur setidaknya 20 tahun lebih ini? Yuk, langsung aja share pendapatmu di kolom komentar ya!


Baca juga informasi menarik lainnya terkait GTA atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version