Layaknya kita semua, developer game juga memainkan game orang lain. Tak hanya sekedar untuk bersantai, tetapi tak jarang juga untuk mencari inspirasi baru untuk proyek yang mereka kerjakan. Pendapat mereka akan game tersebut sering mereka bagikan lewat sosial media, karena pada akhirnya mereka juga seorang gamer yang ingin berbagi opininya akan yang baru saja mereka mainkan.
Bruce Straley merupakan game director dari game-game teranyar Naughty Dog yaitu The Last of Us dan juga Uncharted 2 hingga Uncharted 4: A Thief’s End. Pada tahun 2017 silam, dirinya memutuskan untuk keluar dari Naughty Dog untuk mengambil istirahat sejenak dari industri game.
Lewat diskusinya bersama Matthew Gallant, salah satu desainer yang masih berada di Naughty Dog, Straley berikan pendapatnya terhadap game terkini Rockstar – Red Dead Redemption 2.
The game killed me when I tried to flank in that mission – like so many RDR2 story missions. They need me to do what the story requires & continually remove my choices. The env was open & I had the skills, but they punished me for thinking for myself instead of rewarding me. ??
— Bruce Straley (@bruce_straley) January 14, 2019
Baginya, dibalik presentasi open-world luar biasa yang ditawarkan, Straley merasa apabila game terkesan kurang “bebas” ketika di bagian misi cerita. Dia merasa pemain terlalu dipaksa mengikuti apa yang diperintahkan game dan tidak membiarkan mereka beraksi kreatif sedikit dalam menyelesaikan misi tersebut. Dia merasa apabila Rockstar harus terus membiarkan pemain bereksperimen dengan seluruh aspek dan mekanik game bahkan jika itu adalah misi yang scripted.
Not giving you shit btw Matthew! Just reminding myself what I think the priority should be. I want to continue thinking of how to honor the mechanics & opportunities we’ve afforded the player – not wedging them into sequences I feel would be epic because of some story outcome.
— Bruce Straley (@bruce_straley) January 14, 2019
Tak hanya Straley yang merasakan ini, banyak pemain lain dan bahkan penggemar Rockstar yang merasa kecewa dengan desain misi yang terlalu dibatasi. Game mungkin tawarkan open-world yang memberikan pemain bebas untuk melakukan aksinya, sayangnya hal tersebut tidak diimplementasi pada struktur misi cerita game sendiri. Hal ini tidak merusak game sama sekali tetapi diharapkan dapat dipertimbangkan untuk game Rockstar Selanjutnya.
Baca berita lainnya tentang Red Dead Redemption 2 dan artikel lainnya dari penulis ini