Mantan Developer Blizzard Klaim Dipecat Karena Buat Dialog yang Sindir Korporat Rakus

Mantan Developer Blizzard

Mantan Developer Blizzard – Resiko dari berkerja di sebuah studio besar ialah kamu sebagai developer game terkadang tidak dapat membuat konsep ide yang kamu mau apabila eksekutif tidak menyetujui.

Dengan produksi game yang mahal ditambah dengan biaya marketing yang tinggi, studio AAA terkadang lebih memilih opsi teraman ketimbang mencoba sesuatu yang tak terjamin di pasar.

Namun ketidaksetujuan ide dari developer tidak selalu berhubungan dengan uang dan potensi profit, terkadang ide mereka ditolak karena terkesan ofensif untuk mereka atau juga perusahaan. Ini yang terjadi pada saat Eric Covington, mantan developer dari Activision Blizzard.

Mantan Developer Blizzard Klaim Dipecat Perusahaan setelah Buat Dialog Karakter Goblin Korporat Rakus

Developer Blizzard Klaim Dipecat Perusahaan Setelah Buat Dialog Karakter Goblin Korporat Rakus

Lewat akun Twitter-nya, Covington mengklaim bahwa dirinya dipecat dari perusahaan setelah membuat dialog yang merupakan parodi dari pengusaha dan korporat yang rakus. Karakter yang dimaksud ialah treasure goblin yang tampil di World of Warcraft.

https://twitter.com/covingtown/status/1663998815458951168

Pada karakter tersebut, Covington selaku anggota penulis quest di game itu menuliskan sejumah dialog yang berkaitan dengan omongan para eksekutif bisnis seperti “Rekor kuartal baru untuk pendapatan kita” atau “Tak ada profit sharing” dan lain-lainnya.

World of Warcraft

Awalnya Covington tidak terlalu memikirkan hal tersebut melihat karakter treasure goblin memang digambarkan sebagai seseorang yang begitu rakus harta, uang, dan bahkan menjadi pengusaha di Venture Co. di dalam game.

Namun menurutnya, dia mendadak dipecat dari perusahaan meski telah berjasa 9 tahun bersama Blizzard dan terlibat dalam berbagai proyek mereka. Tak ada alasan jelas di balik pemecatannya tersebut, tetapi melihat dialog treasure goblin menjadi hal terakhir yang ia kerjakan, dia mencurigai ada seseorang yang terhina akan lelucon yang ia buat.

Telah Meminta Penjelasan dan Kesempatan untuk Menghilangkan Dialog yang Bermasalah

World of Warcraft

Covington jelaskan bahwa dia dengan senang hati dapat mengubah dialog-dialog yang dipermasalahkan tersebut, tetapi dia tak diberi kesempatan untuk lakukan demikian. Dia telah mengirim email ke perusahaan untuk membahas kembali soal masalah tersebut yang di mana dialog telah dimoderasi tanpa ada masalah, tetapi tak mendapat balasan yang diharapkan.

Yang menarik perhatiannya ialah dialog-dialog yang bermasalah tersebut masih tetap saja digunakan sebagai bahan marketing di media sosial World of Warcraft, mengundang tanda tanya besar untuk Covington.

https://twitter.com/covingtown/status/1663998873680093184

Activision belum berikan komentar atas curhatan Covington yang cukup viral di Twitter tersebut, Bahkan CEO Bobby Kotick menganggap bahwa kondisi di perusahaan baik-baik saja dan orang-orang yang memprotes dan menyebarkan berita buruk akan perusahaan itu hanyalah gerakan yang mencoba menghilangkan kestabilan perusahaan.

Sebagai catatan, treasure goblin sendiri sebenarnya lebih menjadi karakter di Diablo yang di mana mereka dapat ditemukan untuk mendapatkan sejumlah koin dan item. Tetapi karakter tersebut dibawa menjadi kameo di World of Warcraft sebelum menjadi karakter penuh di ekspansi terbaru – Dragonflight.


Baca pula informasi Gamebrott lainnya tentang Activision BlizzardWorld of Warcraft beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version