Mantan Pengacara Pokemon Jelaskan Cara Kerja Nintendo dalam Menuntut Adanya Pelanggaran Hak Cipta

Mantan Pengacara Pokemon Nintendo

Mantan Pengacara Pokemon Nintendo – Nintendo merupakan perusahaan video game terbesar dan telah berjalan sangat lama. Mereka telah menciptakan banyak video game maupun platform gaming dengan keunikan dan juga ciri khas dari franchise yang mereka miliki, salah satunya adalah Pokemon.

Nintendo juga dikenal sangat ketat dalam melindungi produk mereka dari pihak luar yang mencoba menggunakan aset dari mereka tanpa izin sesuai dengan hukum yang berlaku, seperti sebuah fangame, mod, ataupun emulator. Banyak pihak tidak ingin mencari masalah dengan Nintendo dalam kasus seperti ini.

Begini Cara Kerja Nintendo Menuntut Pelanggaran Hak Cipta Menurut Mantan Pengacara Pokemon

Seperti apa cara kerja Nintendo dalam menuntut adanya pelanggaran hak cipta produk mereka?

Dalam sebuah interview Aftermath, Don McGowan selaku mantan Chief Legal Officer di The Pokemon Company berbagi informasi mengenai bagaimana cara kerja Nintendo dalam melakukan tuntutan terhadap adanya indikasi pelanggaran hak cipta oleh pihak luar.

McGowan menjelaskan bahwa pada saat dia masih menjabat di The Pokemon Company, perusahaan tersebut tidak aktif mencari beberapa project dari fans untuk bisa ditutup ataupun dihentikan pengembangan serta distribusinya. Kecuali mereka menemukan adanya indikasi hal-hal yang telah melewati batas.

Don McGowan, Mantan Pengacara Pokemon

Berikut ini pernyataan dari Don McGowan.

“Kamu tidak langsung mengirim surat penutupan secara langsung. Kamu menunggu dan melihat jika mereka mendapatkan dana dari sana seperti Kickstarter atau sejenisnya. Jika mereka berhasil mendapatkan dana, disitulah kamu akan terlibat. Tidak ada yang suka menggugat para penggemarnya.”

Don McGowan, Mantan Chief Legal Officer The Pokemon Company

Hanya akan Bergerak Jika Ada Pelanggaran

Don McGowan

Selain itu McGowan menjelaskan bahwa dia dan tim legalnya di The Pokemon Company biasanya akan bergerak mengurus project tertentu yang menggunakan hak ciptanya ketika digunakan dalam press.

Dalam sebuah kesempatan, dia juga menjelaskan bahwa dirinya juga mengajar dalam kelas Entertainment Law di sebuah Universitas yang ada di Washington. Mantan Pengacara Pokemon mengatakan kepada mahasiswanya bahwa hal paling buruk terjadi di bumi adalah ketika kamu menekan project dari fans karena dia sendiri tahu betul seperti apa mereka.

Pernah memberikan pendapatnya mengenai game Palworld

Dalam kesempatan lain, McGowan pernah memberikan pendapatnya mengenai kesuksesan game Palworld buatan Pocketpair. Banyak orang merasa game tersebut telah melanggar hak cipta dari game Pokemon milik Nintendo, tetapi McGowan sendiri punya pemikiran lain mengenai Palworld.

Sang mantan pengacara Pokemon mengatakan bahwa game ini seperti game rip-off biasa yang sudah pernah dia lihat selama ribuan kali ketika dia menjabat sebagai Chief Legal Officer di Pokemon. Namun dia kaget kalau game tersebut bisa sampai sejauh ini.

Itulah informasi mengenai mantan pengacara Pokemon memberikan penjelasan bagaimana Nintendo akan bergerak menuntut jika mereka menemukan adanya pelanggaran hak cipta atas produk miliknya. Bagaimana menurut kalian dengan hal ini?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Pokemon atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version