Mantan Pengembang Bethesda – Bethesda merupakan studio yang menggunakan engine buatan sendiri yaitu Creation Engine. dalam pengembangan game mereka. Engine ini sendiri sudah digunakan sejak dulu pada tahun 2011 saat game Skyrim rilis.
Untuk game terbaru mereka Starfield, Bethesda memutuskan untuk melakukan upgrade ke Creation Engine 2. Sayangnya, banyak fans yang komplain terhadap beberapa permasalahan game. Dan salah satu mantan pengembang studio tersebut berpikir bahwa menggunakan Unreal Engine 5 akan lebih baik untuk Bethesda. Ada apa?
Mantan Pengembang Bethesda: Ganti ke Unreal Engine 5 Lebih Baik untuk Bethesda
Mantan pengembang Bethesda yaitu Nate Purkeypile membicarakan topik pergantian engine ini dalam interview dengan Kiwi Talkz. Menurutnya Bethesda lebih baik menggunakan Unreal Engine 5.
Untuk diketahui bersama, Creation Engine 2 merupakan Engine terbaru yang dikembangkan berdasarkan seri pertamanya yang juga dibuat berdasarkan Gamebryo Engine yang digunakan oleh Fallout 3 dan Oblivion.
Nate Purkeypile sendiri merupakan salah satu pengembang yang menerjakan Skyrim, Fallout, dan Starfield. Dan setelah menggunakan Unreal Engine 5 dan Creation Engine, dirinya menganggap bahwa akan lebih baik untuk Bethesda jika mengganti Engine ke UE5. Namun dirinya cukup skeptis jika hal ini bisa terjadi.
Menurutnya, cukup banyak waktu yang digunakan dalam pengembangan game hanya untuk sistem rendering dan sistem animasi berjalan dimana ini menghambat pengembangan game terkait.
Dan inilah yang membuat perlunya upgrade atau mengganti Creation Engine 2 yang saat ini digunakan Starfield. Memang, dengan selesainya Engine ini, tentunya akan lebih mudah bagi studio tersebut untuk menggunakannya dalam pengembangan game lain.
Namun, fans memberikan beberapa feedback terkait permasalahan dari Engine tersebut dan mengindikasikan bahwa masih ada ruang untuk peningkatan dimana ini bisa jadi membuat pengembangan menjadi lebih lambat.
Unreal Engine 5 Juga Punya Permasalahan
Meskipun begitu, beberapa gamer juga merasa Unreal Engine 5 juga memiliki permasalahannya sendiri. Engine tersebut memang berpotensi untuk menciptakan game dengan grafis hyper-realistic, namun tentunya tidak sempurna secara keseluruhan.
Beberapa judul yang mengalami kendalah adalah Silent Hill 2 Remake yang mengalami stuttering dan permasalahan performa karena menggunakan engine tersebut. Belum dijelaskan secara pasti apakah permasalahan ini terjadi karena permasalahan kode atau engine.
Dan studio dibalik Starfield ini menggunakan Creation Engine karena memiliki kebebasan dalam hal akses serta pengalaman bermain. Studio ini memiliki komunitas gamer PC yang sangat besar dibelakanganya berkat Mod yang dirangkul oleh sang studio.
Dan meksipun beberapa pihak menganggap Bethesda lebih baik berpindah ke Unreal Engine, sepertinya kemungkinan hal tersebut cukup kecil mengingat studio ini berhubungan erat dengan Mod dan Creation Engine mengakomodasi hal tersebut dengan baik.
Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Berita atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com