Mantan Penulis Half Life Ceritakan Apa yang Terjadi di Half Life 2: Episode 3

in ,

Marc Laidlaw merupakan tokoh penting dalam pengembangan game Half Life. Pria ini adalah level designer sekaligus penulis cerita dari FPS revolusioner ini. Dia meninggalkan Valve pada Januari 2016 kemarin dan setelah kepergiannya itu dia pernah menyebutkan jika Half Life 2 Episode 3 ataupun Half Life 3 mungkin takkan pernah terjadi.

Pada hari ulang tahun Valve yang ke-21, pria ini rilis sebuah blog post yang dia beri judul “Epistle 3” yang ditulis oleh “Gertie Fremont”. Orang tentunya langsung berpikir ini adalah bocoran kelanjutan dari Half Life 2 Episode 2 yang berakhir dengan cliffhanger hanya saja dengan semua nama karakternya diplesetkan yang kemungkinan besar untuk hindari masalah dengan Valve.

Apakah ini benar-benar plot dari Episode 3 atau tidak tentunya masih dipertanyakan. Tapi hanya ini yang fans dapatkan untuk sekarang. Website tersebut dipenuhi pengunjung sampai-sampai down beberapa kali.

Ada beberapa orang yang berhasil mengkopi dan mengganti nama-nama karakter di cerita tersebut ke nama asli karakter Half Life di github dan pastebin. Bagi kamu yang ingin membaca lengkap ceritanya, mungkin disana menjadi opsi terbaik. Tapi bagi kamu yang malas membaca panjang-panjang mungkin ingin membaca ringkasannya dibawah ini.

Ringkasan dari apa yang dibuat Marc Laidlaw:

Setelah kematian Eli Vance di akhir Episode 2, kamu (Gordon) dan Alyx mengubur jasadnya kemudian melanjutkan perjalanan menaiki helikopter menuju antartika yang merupakan tempat keberadaan Borealis, kapal riset milik Aperture Science yang disebut-sebut miliki teknologi super rahasia. Helikopter yang kamu naiki tiba-tiba ditembak hancur dan kamu serta Alyx kini sadar jika Borealis dijaga ketat oleh pasukan Combine. Borealis kini diperlihatkan sebagai semacam portal yang mengatur waktu dan dimensi.

Pada akhirnya Alyx dan Dr. Mossman (yang kamu selamatkan dari penjara Combine) saling beradu pendapat untuk apa yang akan dilakukan dengan Borealis. Alyx ini tepati permintaan ayahnya untuk menghancurkan kapal tersebut, sedangkan Dr. Mossman ingin menyimpan dan memberikannya untuk pasukan Resistance. Alyx tembak mati Dr. Mossman dan melanjutkan misi bunuh dirinya untuk menghancurkan Borealis serta Combine dengan cara mengendarainya menuju “Invasion Nexus” yang bagaikan Jantung dari pasukan Combine.

Sebelum penyerangan selesai, G-Man hadir dan selamatkan Alyx, meninggalkan kamu sendirian untuk lanjutkan misi bunuh diri tersebut. Sebelum Borealis menabrak, Vortigaunts selamatkan kamu dan menjatuhkanmu ke tempat yang entah tahun berapa dan apakah perang dengan Combine telah berakhir atau tidak. Tamat.

Yup, lagi-lagi penutup cerita yang cliffhanger. Apakah ini akhir atau masih ada lanjutan lewat Half Life 3 kita takkan pernah tahu, dan kita bahkan tak tahu apakah ini benar-benar cerita asli dari Episode 3 atau bukan.

Masih banyak pertanyaan yang belum terjawabkan seperti siapa itu Gman, kenapa dia menyelamatkan Alyx, apakah Combine sudah kalah, dan kenapa Gordon masih tak mau bicara? Tapi dibalik semua pertanyaan tersebut, setidaknya kita dapat sedikit gambaran akan apa yang terjadi setelah ending cliffhanger di Episode 2.

Source: Kotaku

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.