Map Metal Gear Survive Sekedar Copy Paste dari Metal Gear Solid V?

3110841 mgv gc 04

Metal Gear Survive sudah menjadi game yang dibenci gamer baru-baru ini walau masih jauh dari tanggal rilis karena tema “zombie” yang disuntikkan untuk game ini terlihat tak sesuai untuk seri Metal Gear. Kojima sendiri menganggap game tersebut melenceng dari tema utama seri Metal Gear dan zombie tak seharusnya ada di game tersebut.

Baru-baru ini juga Konami merilis video gameplay 15 menit dari game tersebut lewat acara Tokyo Game Show yang sudah ditumpuki banyak dislike dari para fans Metal Gear di Youtube. Banyak orang sudah menyadari bahwa game tersebut terlihat mirip dengan The Phantom Pain dari segi visual. Namun setelah diselidiki kembali oleh salah satu Youtuber bernama rensehin, dia menyadari bahwa map yang dipertunjukkan di Survive terlihat sangat mirip dengan map Afghanistan di Metal Gear Solid V : The Phantom Pain, Berikut videonya.

https://www.youtube.com/watch?v=O2I8mFyGbFo

rensehin memperlihatkan dirinya bermain di salah satu bagian pada Afghanistan di The Phantom Pain, dan membandingkannya dengan yang ada di demonstrasi gameplay Metal Gear Survive yang ditunjukkan Konami beberapa hari yang lalu. Pada video tersebut terbukti bahwa area tersebut hanya diubah sedikit seperti ditambahnya pagar tambahan atau beberapa furniture lain. Namun secara struktur map sendiri, sangat terlihat jelas bahwa Konami hanya meng-“copy paste” Afghanistan di The Phantom Pain dan mengubahnya sedikit agar terlihat “beda”.

Apakah hal ini disengaja karena Survive mengambil latar di “alternate universe“? atau Konami hanya terlalu malas untuk mendesain wilayah baru?

Harus diingat lagi jika Metal Gear Survive tidak dijanjikan sebagai “AAA game” dan harganya juga tidak senilai $60. Akan tetapi, hal tersebut tak berarti mereka punya alasan untuk sekedar “copy paste” game lama dan menjualnya kembali.

Hal yang sama pernah terjadi pada seri spin-off dari Far Cry buatan Ubisoft, Far Cry Primal. Game yang berlatar dizaman purba tersebut pernah diklaim telah “copy paste” map dari Far Cry 4 dan hanya mengubah sedikit agar terlihat “beda”.

Metal Gear Survive akan rilis tahun depan untuk PC, Playstation 4 dan Xbox One.

Source: Gamesradar

Exit mobile version