Mario Kart Tour Catatkan Rekor 20 Juta Download dengan Profit Rendah

https blogs images.forbes.com davidthier files 2019 09 Capture 30

Rekor yang berhasil dibukukan dalam sehari.

Diadaptasi langsung dari kepopuleran franchise Mario Kart, Nintendo baru-baru ini telah resmi merilis versi mobile dari satu game yang biasa disebut sebagai cikal bakal dari kemunculan CTR tersebut. Lewat nama Mario Kart Tour, game ini pun belakangan menjadi buah bibir yang menarik di kalangan para pecinta game ponsel.

Dimana kemelesatan game ini juga kebetulan ikut ditandai dari jumlah total download yang berhasil Nintendo rengkuh. Dilansir melalui data yang berhasil dihimpun oleh pihak Sensor Tower, Mario Kart Tour sendiri kabarnya telah menjadi satu game mobile milik Nintendo yang mampu meraup secara total 20 juta download hanya dalam waktu 1 x 24 jam saja. Jumlah tersebut pun kabarnya merupakan sebuah rekor tertinggi yang bisa didapat oleh game-game mobile buatan Nintendo baik di platform iOS maupun Android.

Namun, sayangnya hal itu tidaklah berbanding lurus dengan jumlah profit yang bisa mereka dapat dari game Mario Kart Tour. Sebagai game Free to play yang sangat membutuhkan pemasukan dari layanan “in app purchases”, hasil omset yang didapatnya sendiri tergolong sangat mengecewakan.

Dibandingkan dengan game Fire Emblem Heroes yang mampu meraup keuntungan sebesar $4,3 juta dan Super Mario Run dengan catatan $4 juta-nya (semuanya dalam kurun waktu sehari), Mario Kart Tour hanya bisa meraih untung sebesar $1 juta saja. Pihak Sensor Tower memberikan analisa penting bila sistem layanan subskripsi $5 per bulan untuk menikmati sebagian konten game tersebut menjadi salah satu penyebab utama.

 

Meski diakui tergolong populer, layanan subskripsi Gold Pass yang dimiliki oleh Mario Kart Tour ini kebetulan juga dilengkapi oleh kehadiran sistem trial 2 minggu yang bisa dinikmati secara cuma-cuma sebelum baru akan dibebani biaya. Dari sana, Sensor Tower secara logis mengasumsikan bahwa banyak pemain yang tidak mau meneruskan layanan subskripsi tersebut dan lebih memilih untuk membatalkannya pada saat masa trial berakhir.

Credits to: Sensor Tower


Baca pula informasi lain terkait Mario Kart Tour, beserta dengan reviewnya yang sudah dikupas oleh salah seorang rekan kami. Lalu baca juga informasi-informasi menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.

Exit mobile version