Mario Kart Tour Review – Hanya Untuk Uang!

123124124123

Siapa sih gamer yang tidak mengetahui tentang game yang satu ini. Ya, Mario Kart, Salah satu series game dari Nintendo yang cukup populer di semua kalangan. Seri yang awalnya dirilis di tahun 1992, terkait dengan mobil balap dengan karakter – karakter lucu dari serial Mario ini sering menjadi game yang dimainkan dikala senggang. Dan kini, game tersebut hadir di platform mobile dengan judul Mario Kart Tour.

Jadi, Apa itu Mario Kart Tour?


Basically, game yang satu ini sama seperti seri – seri game pendahulunya. Dimana pemain akan berbalap ria dengan pemain lain dalam sebuah track. Pemain bisa menggunakan berbagai karakter dalam seri mario seperti Toad, Princess Peach, Luigi, Mario, dan masih banyak lagi. Track yang dimilikinya pun beragam, dimana setiap track yang diberikan cukup unik dan memiliki tema yang beragam. Dimana Setiap 2 minggu sekali, Mario Kart Tour akan mengganti track yang dimilikinya dengan track lain sehingga para pemain nya tidak merasa kebosanan dengan track yang ada.

Game Mario Kart Tour ini sanggup memberikan pengalaman bermain game Mario Kart yang sangat populer ini di Mobile. Nintendo sanggup mengembangkan game yang sedemikian rupa samanya dari segi grafis, tracks dan pengalaman bermain kedalam game mobile yang satu ini. Dimana pemain akan berlomba antara satu sama lain, dalam sebuah track dengan 2 ronde. Pemain bisa menggunakan item dalam game untuk menghalau laju pemain lain untuk menjadi juara 1 dalam 1 race match. ada berbagai fitur yang hadir di game Mario Kart Tour ini, seperti hidden road yang bisa dimanfaatkan oleh para pemain. Boost, dan Jump boost saat melakukan gerakan tertentu di dalam game.

Control Sulit Pembuat perkara

Terlepas dari banyaknya fitur yang cukup mirip dengan game seri Mario Kart sebelumnya, Nintendo seharusnya benar – benar memaksimalkan game yang dibuatnya. Sebagai seorang gamer, saya sendiri tak pernah merasa sedemikian frustasinya hanya untuk mengubah arah setir dari Mario Kart Tour tersebut. Mario kart memiliki 4 bantuan control :

Nah, parahnya lagi kebanyakan dari bantuan control tersebut tidak terlalu berguna. Dengan Gyro Handling, jika device / HP yang kamu miliki tidak berada di tengah selama permainan, Karakter yang kamu gerakan akan bergerak entah kemana. Untuk Manual Drift, kadang kala screen yang kamu miliki tidak responsive sehingga secara otomatis gerakan tersebut tergagalkan secara otomatis, padahal kamu membutuhkan ultra mini turbos setelah melakukan gerakan tersebut. Dan smart steering yang sepertinya tidak membantu apa – apa.

Mungkin saja untuk memainkan game ini, pemainnya harus mendapatkan latihan dari Nintendo secara langsung melalui sekolah unggulan atau seiring berjalannya waktu pemain akan semakin mahir mengkontrol karakter dalam game Mario Kart Tour tersebut. Namun mengingat game ini adalah game Mobile yang dapat dinikmati kapanpun dan dimanapun, kontrol merupakan salah satu hal penting dan seharusnya Nintendo sadar akan hal tersebut.

Free2Play < Pay2Win

Game Mario Kart Tour ini memanglah sebuah game yang bisa dimainkan secara gratis oleh para pemainnya. Dimana pemain hanya perlu mendownload game tersebut di Appstore ataupun di Google play store, dan menjalankan game tersebut untuk memainkannya.

Namun! Nintendo ternyata menyembunyikan berbagai aspek Pay2Win dalam game Free2Play tersebut. Seperti yang diketahui Setiap karakter akan memiliki kemampuannya masing – masing, misalkan saja Dry Bones yang memiliki kemampuan Tripple Green Shell untuk menembakan 3 green shell secara beruntun, dan Bowser yang memiliki Bowser Shell untuk menembakan green shell besar yang akan mengalahkan musuh di depanmu. Namun untuk mendapatkan karakter tersebut, pemain harus melakukan “Gacha” terlebih dari Karakter dengan kemampuan yang hebat akan lebih susah untuk ditemukan.

Parahnya lagi, tak hanya itu aspek Pay2Win yang diberikan oleh Nintendo. Selain karakter, tracks dalam Mario Kart Tour juga dijadikan aspek Pay2Win. Dimana, setiap tracks ternyata memiliki karakter unggulan yang ditentukan oleh Nintendo sendiri. Ya, anda tidak salah baca bukan setiap karakter, namun setiap tracks. Jadi, jika dalam satu tracks pemain dapat menggunakan Toad untuk mendapatkan 2 item dalam 1 item box, pemain bisa menggunakan Bowser untuk mendapatkan 3 item dalam 1 item box. Nintendo juga memberikan kustomisasi Mobile, dan Glider dengan skill yang akan sangat membantu dalam memainkan game. Benar – benar cukup menarik bukan.

Mode Baru = Subskripsi Baru = Duit Lagi!

Dalam Mario Kart Tour, pemain bisa memilih 4 mode, mulai dari 50cc, 100cc, 150cc, dan terakhir 200cc. Dimana untuk bahasa awamnya adalah mode permainan easy, normal, hard, dan very hard. Dan dalam game tersebut, pemain harus menyelesaikan mode awal untuk mengunlock mode selanjutnya. Kecuali mode 150cc dimana pemain harus melewati lvl 3 terlebih dahulu untuk mengunlocknya.

Namun tak begitu untuk mode terakhirnya 200cc, dimana pemain yang ingin mencoba mode hard tersebut. Harus mengikuti subskripsi yang diberikan oleh Nintendo sebesar $4.99 atau sekitar Rp. 90.000,-. Tentu tak adil bukan, setelah pemain harus menggunakan uangnya dalam fitur gacha yang tak jelas dari game tersebut, kemudian pemain harus lagi menghabiskan segepok uang jajan yang dimilikinya untuk mengunlock fitur tersebut disertai dengan iming – iming hadiah yang akan diberikan bersamaan dengan subskripsi tersebut.

Kesimpulan

Secara garis besar, memang gameplay dari Mario Kart Tour ini sanggup membuat para pemainnya bernostalgia dengan game – game seri lawasnya. Namun agak mengecewakan jika Nintendo menggunakan sistem pay2win kedalam seri yang dianggung – agungkan oleh fansnya tersebut. Ditambah lagi dengan kontrol yang sedemikian susahnya dalam game tersebut memberitahu bahwa Nintendo seharusnya lebih menghabiskan banyak waktu dalam mengembangkan game Mario Kart Tour ini.

Memang saja game – game mobile dibuat untuk mendapatkan uang, dan Nintendo memang memberikan game Mario Kart Tour ini secara gratis untuk para fansnya. Tapi apakah fitur pay2win dalam game tersebut benar – benar perlu ditekankan dalam game tersebut. Dan sebenarnya pun pemain sendiri juga akan menghabiskan uangnya untuk benda – benda seperti skin dan item kosmetik lainnya seperti aksesoris jika game yang dimainkannya benar – benar bagus.

Sangat disayangkan jika karena game Mario Kart tour ini, pemain jadi sedikit skeptis dengan game – game Mobile yang akan dikembangkan oleh Nintendo untuk kedepannya. Nah, bagaimana dengan pengalaman kalian sendiri dalam memainkan game Mario Kart Tour yang baru dirilis di pasaran? Apakah pengalaman yang kalian miliki sama atau bahkan kalian memiliki pengalaman baik memainkan game tersebut?

Simak terus artikel menarik lain dari penulis kita Jay, dan review game lain di Gamebrott!

Contact : jason@gamebrott.com

Exit mobile version