Mark of the Ninja, Bersatu Dengan Kegelapan

9832

Mark of the Ninja adalah game yang di develop oleh Klei Entertainment yang sebelumnya pernah mengeluarkan game-game 2 dimensi lainnya yang populer seperti Don’t Starve, Don’t Starve Together, Shank, Shank 2 dan berbagai macam game lainnya. Mark of the Ninja merupakan game yang berfokus terhadap Stealth diiringi dengan protagonis kita yang merupakan seorang Ninja, dikirim untuk menyelesaikan misi-misi yang berbahaya. Game ini memiliki beberapa tema seperti kehormatan dan pengkhiantan, pengampunan dan pengabaian.

Di dalam game ini kita menjadi seorang ninja yang menguasai teknik dalam stealth. Kita dapat menerjang maju semua musuh yang kita jumpai, tetapi karena mekanik stealth  di dalam Mark of the Ninja jauh lebih efisien dibanding dengan menghantam semua yang ada tanpa pemikiran, tanpa disadari kita akan mengandalkan stealth. Kita diberi kebebasan dalam arti bebas memilih cara melewati rintangan. Apakah kamu tipe yang membunuh semua rintangan dengan darah dingin secara berdiam-diam? Apa anda tipe yang mengandalkan peralatan ninja yang anda miliki? atau apa anda lebih memilih melewati seluruh musuh dan rintangan tanpa membuat suara sedikitpun, mencapai tujuan tanpa disadari oleh siapapun? Semuanya adalah kebebasan yang diberikan oleh Mark of the Ninja untuk anda tentukan. Tentu saja anda juga dibiarkan bila ingin menerjang semuanya tanpa pikir panjang, tetapi game akan memberi anda penalti untuk hal-hal tertentu seperti skor anda dikurangi bila terlihat oleh musuh (tentu saja ini bisa diterima karena pada akhirnya ini adalah game stealth)

Misi-misi yang tersedia di dalam Mark of the Ninja beragam dan pastinya menarik. Dimulai dengan misi dimana kita perlu menyelamatkan pemimpin kita sendiri sampai ke misi yang memerintah kita untuk mengeleminasi orang-orang tertentu. Seiring jalannya game, level demi level akan dikelari dan seiring misi dan tantangan yang kita berhasil selesaikan kita diberi hadiah/reward tertentu. Kita diberi reward kostum yang memiliki efek tertentu bila kita menyelesaikan misi tertentu. Terdapat total 6 Kostum (dan 1 Kostum lainnya dari DLC) dimana setiap kostum memberi keuntungan dalam bidang tertentu. Salah satu kostum favorit saya sendiri adalah Path of Nightmares dimana kita dapat membuat guard/musuh masuk ke dalam keadaan Terrorized yang menyebabkan mereka menjadi panik, paranoid dan bisa saja menembak temannya sendiri. Kostum yang tersedia adalah (selalu dimulai dengan Path of) the Ninja, the Mark, Might, the Hunter, Silence, Nightmares dan dari DLC-nya, Path of Wisdom. Karena banyaknya efek dari satu kostum, saya akan memberikan Link dimana terdapat semua efek komplit dari segala kostum-kostum tersebut untuk yang tertarik lebih lanjut.

Tidak hanya kostum ninja yang tersedia, tetapi Mark of the Ninja dilengkapi juga oleh perlengkapan ninja. Dibedakan menjadi 2 yaitu perlengkapan distraksi dan perlengkapan penyerangan, kedua perlengkapan tersebut akan membantu bila saat di dalam game, kita terjebak di suatu bagian level. Entah halangannya adalah musuh yang terlalu banyak ataupun bisa juga karena lingkungan level yang menyulitkan, peralatan akan selalu membantu untuk melewati rintangan. Tidak hanya item, kita juga dapat memperoleh Techniques yang dapat kita gunakan dalam pertarungan.

Saya merekomendasikan game ini untuk player yang mencintai game stealth, player yang bisa bersabar, menunggu waktu yang tepat untuk mengakhiri hidup musuh satu per satu. Tipe game seperti ini tidak untuk semua orang karena pasti ada yang merasa tidak cocok dalam peranan seperti ninja yang membunuh secara diam-diam. Tetapi dengan grafik 2 dimensi yang mengagumkan, ditambah dengan mekanik game yang sangat pas untuk game stealth, entah itu memanjat dinding, membunuh target, ataupun melompat dari satu sisi ke sisi lain, semuanya terasa pas dalam Mark of the Ninja. Saya merekomendasikan game ini ke semuanya.

[vc_message message_box_style=”3d” message_box_color=”warning” icon_fontawesome=”fa fa-exclamation-triangle”]Artikel ini ditulis oleh contributor. Gamebrott tidak bertanggung jawab atas ketidaktepatan, pernyataan, kekeliruan isi informasi dari contributor.[/vc_message]

Exit mobile version