Mark Zuckerberg Kritik Perubahan Apple App Store, Sebut Terlalu Menyulitkan

Mark Zuckerberg Kritik

Apple tengah terikat tangan soal kebijakan baru Uni Eropa yang mewajibkan platform mobile apapun membuka akses sideloading maupun pembayaran alternatif. Sejak dicanangkan 2022 lalu, kini tenggat Apple tinggal hitungan minggu untuk menghadirkan implementasi tersebut.

Dan benar saja, update iOS 17.4 bulan Maret nanti, Apple akan mengenalkan perubahan untuk mendukung kebijakan DMA dari Uni Eropa. Meskipun terdengar seperti berita baik, ternyata Apple tetap ketat dalam urusan pemberian izin kepada developer untuk dapat akses sideloading.

Mark Zuckerberg Kritik Perubahan di Apple App Store

Mark Zuckerberg kritisi kebijakan baru Apple

Berbagai developer merasakan kalau kebijakan baru Apple ini tidak sebagus yang kita kira. Seperti yang diucapkan oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg dalam acara earning call baru-baru ini. Mark membuka suara tentang kebijakan terbaru Apple App Store yang dinilai memberatkan developer.

CEO Meta tersebut berkata kalau cara yang diberikan Apple untuk membolehkan akses sideloading aplikasi di App Store terlalu ribet dan menyulitkan. Sehingga Mark bahkan mengungkapkan kalau dia tidak akan kaget jika tidak ada developer yang mau ikut nimbrung dalam fitur sideloading ini.

Mark juga ungkap kalau hal semacam ini sangat bertolak belakang dengan tujuan asli kebijakan Uni Eropa tersebut. Dimana awalnya ditujukan agar pengguna bisa dengan mudah memilih dari mana mereka ingin memasang aplikasi mereka dan juga membayar dari platform pihak ketiga sesuka hati.

Apple Terkesan Enggan dan Terpaksa

Apple terkesan terpaksa implementasi sideloading di iPhone

Lewat iOS 17.4 beta 1, terlihat kalau ada perubahan besar yang terjadi di sistem operasi Apple tersebut. Untuk awal ini sideloading dan metode pembayaran alternatif hanya tersedia untuk iPhone, namun tidak menutup kemungkinan kedepannya akan terjadi juga untuk seluruh ekosistem Apple.

Tak hanya Meta, berbagai outlet lain juga mengkritik kebijakan Apple yang baru ini. Mulai dari Spotify hingga Epic Games, semuanya mengatakan kalau Apple terkesan enggan membuka akses sideloading dengan cara memberatkan developer.

Bagaimana menurut kalian? Apakah kalian setuju akan adanya sideloading di perangkat Apple? Atau lebih nyaman ekosistem tertutup seperti yang sudah ada selama ini?


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version