Mars Rover “Oppy” Sampaikan Pesan Terakhir yang Bikin Baper Sebelum Hilang Kontak dengan NASA

Mars Rover Oppy

Pada awalnya, Mars Rover dengan nama Opportunity atau lebih populer dipanggil “Oppy” diperkirakan hanya akan sanggup bertahan selama 3 bulan saat peluncurannya ke planet Mars pada tahun 2003 silam. Namun siapa yang menyangka bahwa sang robot yang bertugas menjelajahi dan mengivestigasi planet merah tersebut justru bisa bertahan sampai 15 tahun dengan kekuatan panel surya nya.

Namun naas, petualangan Oppy harus berakhir karena NASA kehilangan kontak dengannya pada bulan Juni tahun lalu. Jurnalis ilmiah bernama Jacob Margolis, menjelaskan bahwa saat itu Oppy sedang dilanda badai debu yang kemungkinan besar membuat alat komunikasi rusak, atau panel surya yang dimilikinya tertutup dan membuat Oppy tidak bisa mengisi ulang baterainya.

Dan satu hal yang sukses bikin banyak orang bersedih dan baper dari hilangnya kontak dengan Oppy adalah pesan terakhir yang disampaikan oleh Oppy kepada NASA. Jacob menyimpulkan pesan tersebut berbunyi “My battery is low, and it’s getting dark.” Atau yang berarti “Bateraiku tinggal sedikit, dan sekarang semakin gelap.”

Pesannya sendiri mungkin terkesan biasa saja, namun sentimental kita yang mengetahui bahwa robot kecil tersebut berada di planet Mars sendirian, seakan-akan menerjemahkan bahwa Oppy membutuhkan pertolongan. Namun karena keterbatasan teknologi kita dalam eksplorasi luar angkasa masih bisa dikatakan belum mumpuni untuk mengunjungi Mars dengan cepat, seolah-olah membuat kita hanya bisa pasrah dan berharap yang terbaik untuk robot tersebut.

Kamu mungkin bertanya-tanya mengapa baru dikabarkan baru-baru ini padahal sudah hilang kontak semenjak setengah tahun yang lalu. Hal tersebut dikarenakan NASA terus mencoba melakukan komunikasi dengan Oppy, dengan harapan musim dingin yang berangin kencang di Planet Mars di bulan November hingga Januari dapat membersihkan debu yang menutupi panel surya Oppy jika memang itu permasalahan utamanya.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Pada tanggal 13 Februari yang lalu, NASA mencoba mengirimkan perintah terakhir untuk Oppy melakukan reset, namun masih tidak ada jawaban. Dan kemudian pada 14 Februari, Oppy secara resmi sudah diberhentikan dari tugas mulianya.

Berbagai orang dari seluruh dunia turut menyuarakan kesedihannya melalui berbagai tulisan dan karya-karya gambar maupun video dengan tagar #ThanksOppy untuk mengenang kepergian Oppy. Beberapa diantaranya juga ada yang membuat petisi untuk membawa pulang Oppy, bahkan membuat tanggal 14 Februari sebagai hari untuk memperingati Oppy.

Namun agaknya kita juga perlu mengetahui pencapaian-pencapaian yang telah dilakukan Oppy bersama rekannya Spirit saat berpetualang di Mars.

Terima kasih Oppy!
Featured image by: Bruno Pixels


Baca juga informasi menarik dan artikel keren lainnya dari Andy Julianto.

Exit mobile version