Masalah “Drifting” di Joy-Con Switch Kini Mulai Diperkarakan ke Meja Hijau

in ,

Meski tergolong sebagai konsol yang unik karena kefleksibelannya ketika dimainkan, Nintendo Switch tetap punya semacam kekurangan yang sangat begitu ditakuti oleh para penggunanya. Seiring berjalannya waktu pemakaian, terkadang analog stick di joy-con Switchmu secara otomatis dapat menginput suatu perintah yang tak diduga, sehingga membuat apa yang ada di layarmu seolah bergerak sendiri. Bagi kamu yang belum tahu, gejala ini biasa disebut sebagai “drifting“.

Meski permasalahan tersebut kadang bisa diatasi dengan proses kalibrasi ataupun membersihkan debu di sekitaran analog lewat penggunaan contact cleaner, banyak yang menilai bahwa itu hanyalah solusi yang sementara. Karena pada skenario terburuknya, kamu bisa saja diwajibkan untuk membongkar dan mengganti ulang analog yang tertancap di wadah Joy-Conmu tersebut dengan yang baru.

Semenjak 2 tahun rilisnya konsol Switch, permasalahan ini pun akhirnya mulai diangkat kembali di tahun 2019. Namun, kini betul-betul dibawa ke dalam ranah yang lebih serius. Diberitakan pertama kali oleh media Go Nintendo, sebuah kantor hukum Chimicles, Schwartz Kriner & Donaldson-Smith (biasa disingkat CSK&D) di Amerika baru saja mewakili para gamer Switch untuk langsung menggugat pihak Nintendo Amerika terkait masalah drifting ini ke meja hijau. Mereka baru saja telah resmi merilis berkas-berkas tuntutan hukum yang akan langsung diserahkan kepada pihak pengadilan negeri Washington Barat.

Secara umum, CSK&D menganggap bahwa produk Joy-Con yang Nintendo distribusikan tersebut memiliki standar kualitas yang tergolong tidak layak pakai yang berakibat pada munculnya gejala “drifting”. Tuntutan lengkapnya sendiri bisa kamu lihat melalui link berikut beserta pula dengan hasil rangkumannya melalui website resmi CSK&D.

Pihak Nintendo Amerika sejauh ini masih belum memberi respon apapun tentang gugatan tersebut, apalagi memberikan solusi yang pasti perihal masalah drifting. Namun karena apa yang Nintendo hadapi kali ini sudah masuk ke dalam ranah hukum, seruan gugatan di atas nampaknya akan membuat mereka mulai mau untuk memberi perhatian.

Sumber: Go Nintendo


Baca pula informasi lain terkait Nintendo beserta dengan kabar-kabar menarik seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.

Ido Limando

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: [email protected]