Masalah Eksklusivitas, Game Terbaru dari Dev. Seri Ori Tak Lagi Diterbitkan oleh Xbox

Ori and the Will of the Wisps feature new

Setelah menerbitkan Ori and the Blind Forest dan Ori and the Will of the Wisps, Xbox nampaknya tidak akan melakukan hal yang sama untuk game terbaru garapan developer seri Ori yaitu Moon Studios. Game baru yang kini masih dalam tahap awal pengembangan itu, bukan lanjutan atau sekuel dari Ori and the Will of the Wisps melainkan game RPG baru yang diklaim bakal “mendobrak” batas dari apa yang ditawarkan oleh genre tersebut terhadap industri video game sejauh ini.

CEO Moon Studios – Thomas Mahler baru-baru ini secara terbuka menjelaskan pilihannya untuk tidak lagi bekerja sama dengan Xbox atau dalam kasus ini, Xbox Game Studios, terkait penerbitan game baru mereka. Mahler menjelaskan bahwa ia dan timnya memutuskan untuk bekerja sama dengan Private Division (publisher dari game seperti Hades dan Outer Worlds), sebagian besar karena alasan eksklusivitas.

Masalah Eksklusivitas, Game Terbaru dari Dev. Seri Ori Tak Lagi Diterbitkan oleh Xbox 2

Ia mengatakan bahwa ketika Moon Studios bekerja sama dengan Microsoft atau Xbox, ia dan timnya tidak bisa mengabulkan permintaan pemain yang menginginkan seri Ori untuk dirilis di platform lain seperti PlayStation dan Nintendo Switch. Meski pada akhirnya kedua game Ori juga diluncurkan untuk Switch, Mahler menjelaskan bahwa proses itu tidak lah murah dan bisa terjadi karena keduanya dianggap punya kemungkinan kecil untuk menimbulkan “keributan” diantara dua kubu konsol.

Sementara menyedihkan bagi Xbox karena kehilangan salah satu developer indie andalan mereka, Moon Studios akhirnya punya kesempatan untuk memperluas pasar mereka ke lebih banyak platform. Game terbaru Moon Studios sendiri telah dikembangkan sejak Juli tahun lalu – tak lama setelah perilisan Ori and the Will of the Wisps pada awal tahun lalu – dan akan memiliki gaya visual 3D dan seperti yang disebutkan sebelumnya, bakal menginovasi genre RPG yang diusungnya.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Moon Studios atau artikel lainnya dari Arif Gunawan. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version