Masih Uji Coba, Pengguna Mulai Dapat Melamar Kerja Melalui TikTok Resumes

TIKTOK RESUME

Tresume 1

Dilansir dari TheVerge, TikTok tengah menguji sebuah fitur terbaru yang memungkinkan penggunanya untuk melamar pekerjaan. Pengujian tersebut masih terbatas kepada tiga perusahaan seperti Chipotle, Target, dan Shopify. TikTok rencananya mengembangkan fitur terbaru ini sebagai standar terbaru atau kemudahan ketika penggunanya akan melamar sebuah pekerjaan.

Berawal Dari #CareerTok

Fitur terbaru dari TikTok ini terinspirasi dari hashtag yang muncul secara otomatis di aplikasinya, yaitu #CareerTok. Beberapa perusahaan yang mendukung para mahasiswa dan pengguna yang lebih muda menjadi inspirasi bagi TikTok untuk membuat fitur TikTok Resumes.

Diperkirakan ada sekitar 30 perusahaan yang akan menggunakan fitur TikTok Resumes ini, dan pengujian fitur ini akan berlangsung hingga 31 Juli 2021.

Syarat yang dibutuhkan juga cukup mudah, pengguna harus membuat resume video, mempostingnya ke TikTok, lalu mengirimkannya kepada perusahaan melaui aplikasi. TikTok tidak merekomendasikan bagi para pelamarnya untuk menyertakan informasi pribadi seperti alamat email mereka dalam video yang dibagikan secara publik.

Beradaptasi Dengan Kebutuhan Generasi Z

Fitur terbaru TikTok Resumes ini memang masih dalam tahap pengujian sementara. Ke depannya, TikTok akan membuat perencanaan tentang pelatihan dan membuat sebuah lingkungan dimana Professional Content Creator dapat menambah pengaruhnya. Ini merupakan salah satu langkah awal bagi para perusahaan yang sedang mencari Generasi Z untuk menjadi Content Creator yang handal.

Beberapa perusahaan seperti Chipotle, Target, dan Shopify telah menggunakan platform ini untuk mencari karyawan untuk bekerja di toko dan gudang. Shopify bahkan sedang mencari Senior Data Engineer melalui fitur teranyar dari TikTok ini.

TikTok Resumes akan dibuka mulai 7 hingga 31 Juli 2021, dan terbatas di Amerika saja. Pengguna akan diberikan kebebasan untuk memilih durasi resume video yang diberikan sampai berdurasi 3 menit.

Gimana menurut kalian? Dengan kemudahan yang diberikan oleh TikTok dengan fitur terbarunya ini, tentu akan lebih memudahkan kalian ketika akan melamar pekerjaan, bukan?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version