Masuknya Esports di SEA Games 2019, Diharapkan Mampu Merubah Pandangan Masyarakat Tentang Video Game

P1130518

Pagelaran SEA Games 2019 cabang eSports resmi dibuka pada 5 Desember 2019 yang lalu. Diikuti oleh 9 negara yang akan memperbutkan juara dalam pertandingan game Dota 2, Mobile Legends, Arena of Valor, Hearthstone, StarCraft II dan Tekken 7, para penggiat ataupun peminat rana eSports mungkin bertanya-tanya bagaimana perkembangan industri ini kedepannya dalam skala Asia Tenggara.

Melalui sebuah panel dengan beberapa pihak yang berperan dalam masuknya cabang eSports ke dalam pagelaran olahraga bergengsi di Asia Tenggara ini, menjelaskan bahwa SEA Games 2019 diharapkan menjadi batu loncatan bagi rana eSports lokal untuk semakin berkembang di masing-masing negara.

Dalam panel tersebut, mereka menyatakan bahwa masuknya eSports di SEA Games  2019 ini diharapkan dapat merubah pandangan masyarakat tentang video game secara umum. Tidak bisa dipungkiri bahwa video game seringkali jadi kambing hitam atas permasalahan-permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat. Dan SEA Games yang notabene miliki exposure yang cukup luas di masyarakat, tentunya dapat memperlihatkan bahwa video game tidak selamanya negatif namun juga bisa jadi cabang olahraga resmi.

Lebih lanjut, mereka juga menyatakan bahwa mereka tidak akan berikan pencegahan terhadap industri video game ataupun eSports yang berkembang dengan cepat, namun mereka akan terus memberikan pembelajaran dan sosialisasi terhadap masyarakat. Secara khusus, mereka juga minta kepada orang tua yang mungkin punya pandangan buruk kepada video game, untuk memberikan masukan kepada pihak-pihak terkait, ketimbang selalu menyalahkan tanpa menyarankan solusi.

SEA Games 2019 cabang eSports rencananya akan berlangsung sampai tanggal 10 Desember mendatang, kamu bisa cek jadwal pertandingannya pada halaman ini, atau ikuti perkembangannya lewat Facebook Gamebrott jika ingin menyaksikan dan mendukung tim Indonesia saat bermain.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait game eSports atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto.

Exit mobile version