Medali Olimpiade Tokyo 2020 Terbuat Dari 6 Juta Ponsel Bekas

5d39121c56f71

Sebentar lagi Olimpiade terbesar didunia akan segera digelar, kali ini Jepang akan menjadi tuan rumah dari hajatan olahraga terbesar didunia ini.

Olimpiade dan paralympic 2020, adalah sebuah ajang olahraga terbesar didunia dimana nantinya para peserta dari seluruh dunia yang mewakili negara masing-masing akan bertarung dan memperebutkan medali, dimana semakin banyak medali yang didapatkan maka ranking mereka akan semakin naik.

Pada perhelatan olahraga terbesar ini, jepang selaku tuan rumah membuat sebuah gebrakan yang cukup unik, dimana pada perhelatan ini tiap medali yang akan diperebutkan oleh tiap negara akan terbuat dari limbah limbah elektronik seperti, ponsel, laptop atau perangkat elektronik lainya.

Dikatakan, Jepang mengolah sampah-sampah elektronik  tersebut hingga sebanyak 78.000 ton, diantaranya bahkan perusahaan provider ponsel asal Jepang yaitu NTT Docomo menyumbang hingga 6,2 juta ponsel bekas. Pada pengolahan limbah-limbah tersebut, didapatkan sebanyak 32 2 kg, perak 3.500 kg, dan perunggu 2.200 kg.

Dengan jumlah ini, nantinya akan dibuat sebanyak 5000 medali yang akan dihadiahkan kepada para pemenang dari Olimpiade dan Paralympic Tokyo 2020.

Dalam mengumpulkan sampah elektronic tersebut, Jepang membutuhkan waktu sebanyak 2 tahun yaitu sejak April 2017  hingga Maret 2019, warga juga membantu dalam menyumbang sampah-sampah elektronik tersebut dengan cara menyumbangkan barang-barang elektronik mereka yang sudah usang.

 

Sumber : The verge


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

Exit mobile version