Mediatek Jadi Vendor Chipset Terbesar Dunia di Q2 2021

Mediatek Chipset 1200x696

Counterpoint Research telah memposting analisis triwulanan pasar SoC smartphone, dan Mediatek menjadi pemenang dengan memimpin pasar penjualan chipset antara April hingga Juni 2021. Perusahaan memimpin penjualan dengan menjual 43% dari semua chipset di pasar. Bahkan jika Qualcomm dan Apple digabungkan sekalipun.

Perusahaan Taiwan memiliki pangsa pasar terbesar yang pernah ada, sebagian besar didorong oleh “portofolio 5G yang kompetitif di segmen menengah ke bawah dan tanpa kendala pasokan besar”, ungkap Dale Gai, Direktur Riset di Counterpoint.

Namun, dalam hal modem dan 5G khususnya, perusahaan San Diego tersebut masih memimpin dengan 55%, sementara Mediatek berada di urutan kedua dengan 30%.

Dominasi Qualcomm dalam pengiriman baseband smartphone berasal dari seri Apple iPhone 12. Ada juga permintaan besar untuk platform Snapdragon 8-seri dan 4-seri, dan pengiriman bisa lebih tinggi jika TSMC tidak memiliki masalah dengan kapasitas produksi.

Qualcomm juga berhasil mendiversifikasi produksi chip untuk akhir Q2 2021, yang pasti akan meningkatkan perkiraan dan penjualan.

Sedangkan, HiSilicon menjadi perusahaan chipset dengan market share paling kecil. Tentu saja ini tidak mengkagetkan, sebab Huawei tidak dapat memproduksi chip baru, sehingga hanya menjual akumulasi inventaris, dan hampir tidak ada yang tersisa.

Bahkan Huawei kini menggunakan chipset snapdragon 888 dengan batasan 4G pada smartphone Huawei P50 miliknya.


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

For tech news, tech review, and press release, please contact me at: author@gamebrott.com

Exit mobile version